alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
JANGAN SALAH, INI BEDANYA 4WD dan AWD
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be007a596bde6e0468b4568/jangan-salah-ini-bedanya-4wd-dan-awd

JANGAN SALAH, INI BEDANYA 4WD dan AWD

JANGAN SALAH, INI BEDANYA 4WD dan AWD


JANGAN SALAH, INI BEDANYA 4WD dan AWD

Rata-rata mobil pada umumnya memiliki sistem penggerak 4x2 dengan perbedaan di sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive) atau penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive). Tapi, buat mobil berkebutuhan khusus ada juga sistem 4WD (Four Wheel Drive) dan juga All Wheel Drive (AWD).

4WD dan AWD adalah sistem penggerak yang menggerakan keempat roda. Banyak yang menganggap keduanya adalah sama, padahal sangat berbeda. Simak penjelasannya.
 
Sistem penggerak 4WD atau 4×4 mengusung sistem penggerak pada keempat roda, diatur oleh diferensial tengah atau transfer case untuk membagi traksi pada roda depan dan belakang. Ini dimaksudkan agar ban mendapat traksi penuh pada segala jenis medan jalan.

JANGAN SALAH, INI BEDANYA 4WD dan AWD

Mobil yang mengusung sistem 4WD bisa memilih untuk menggunakan sistem penggerak 4×4 atau 4×2, tergantung keperluan dan kondisi jalan. Bila di jalan raya normal, cukup menggunakan 4x2, tapi apabila masuk ke medan off-road bisa berpindah ke sistem 4x4.

Contih mobil yang mengusung sistem penggerak 4WD yakni; Jeep Cherokee, Toyota Land Cruiser/Hilux, Range Rover, Nissan Navara, Mitsubishi Pajero dan lainnya.

JANGAN SALAH, INI BEDANYA 4WD dan AWD

AWD
Pada dasarnya AWD memiliki cara kerja yang mirip dengan sistem penggerak 4WD, hanya saja sistem penggerak AWD selalu menggunakan sistem 4×4-nya dan tidak bisa berubah menggunakan sistem 4×2.

Dengan kata lain mobil yang mengusung sistem penggerak tersebut akan selalu bergerak empat roda saat mobil mulai berjalan. Sistem ini marak digunakan pada kendaraan jenis medium SUV, sportcar dan supercar.

Contoh jelasnya terdapat pada hampir semua Subaru kecuali BRZ, Nissan Skyline GTR R35, VW Golf GTI, Lamborghini Huracan/ Aventador, dan lain-lain.
Urutan Terlama
Mantab gan, sekarang sedan high end juga udah and, ex Lexus ls 460 hybrid, yg tipe terakhir juga, Lexus LS 500. Tapi jangan harap ngarep mobil awd kalo masi mikir beli bbm. Haha
Mobil ginian boros bensin sih, kalo buat orang proyek asik juga sih, bisa berguna buat kerjaan juga.
Quote:


Itu yg selalu jadi problem gan emoticon-Big Grin
Boros nya emg ga nahan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di