alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Pesan Kiai Ma'ruf: Banyak Makiyyun Bertebaran, Kita Sebarkan Cinta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdffda4dbd770a7228b4572/pesan-kiai-maruf-banyak-makiyyun-bertebaran-kita-sebarkan-cinta

Pesan Kiai Ma'ruf: Banyak Makiyyun Bertebaran, Kita Sebarkan Cinta

Pesan Kiai Ma'ruf: Banyak Makiyyun Bertebaran, Kita Sebarkan Cinta
Memasuki masa kampanye Pemilu seperti ini suhu politik semakin memanas. Perang urat syaraf dan upaya menjatuhkan lawan politik menjadi pemandangan yang lumrah.

Namun sayangnya masih banyak yang menggunakan kata-kata makian dan kebencian dalam berpolitik. Hal ini yang disayangkan oleh sejumlah pihak, termasuk cawapres KH. Ma'ruf Amin.

Dalam acara mudzakarah alim ulama di Hotel Mercure, Jakarta Utara, Minggu (4/11) lalu, Mantan Rais 'Aam PBNU itu menyayangkan saat ini banyak ahli 'makiyyun' alias ahli memaki-maki. Bahkan, Masjid pun dipakai ahli makkiyun sebagai tempat memaki.

Saat ini harus diakui memang banyak yang berkampanye dengan memaki. Bahkan itu diikuti dengan cara memaksa, intimidasi, dan ancaman.

Kiai Ma'ruf sendiri meminta pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan semua tim kampanye supaya berkampanye dengan adu program. Beliau menginginkan tidak ada pihak yang saling menjelek-jelekkan atau mengolok-ngolok lantaran perbedaan pilihan.

Menurut pengamatan kita, saat ini memang banyak perilaku pihak-pihak yang melampaui batas seperti yang diungkapkan oleh KH. Ma'ruf Amin tersebut. Banyak yang menggunakan fasilitas agama bukan untuk menyebarkan kebaikan, sebaliknya justru untuk menebar kebencian, salah satunya melalui maki-makian.

Bila ada pihak yang berperilaku seperti itu, maka kita tak perlu mengikutinya. Kita harus tetap mengajak orang dengan santun dan penuh cinta. Akhlak dan kasih sayang harus tetap diutamakan.

Dan, satu pesan penting dari ulama sepuh di atas, agar kita tetap menjaga keutuhan Indonesia di atas seluruh kepentingan, termasuk kontestasi politik. Ini yang harus lebih diutamakan.
gegara main politik semua jadi terpecahbelah saling menghina, bersihkan MUI dari pelaku2 duniawi ya
ini kasusnya sama kaya ahok dulu
dan anehnya gak ada yang mau saling memaafkan malah dipanas-panaskan

pikiran kok SEMPIT amat?
emoticon-sudahkuduga

gak cuma orang gede sih sebenarnya (orang biasa)
cuma dihina/diolok2 dikit aja udah main lapor dan ANEHNYA bisa sampai masuk penjara
Diubah oleh ph34r


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di