alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Taufik Kurniawan dan kursi panas pimpinan DPR
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdff9f1dc06bd884c8b4585/taufik-kurniawan-dan-kursi-panas-pimpinan-dpr

Taufik Kurniawan dan kursi panas pimpinan DPR

Taufik Kurniawan dan kursi panas pimpinan DPR
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (tengah) dikawal petugas menggunakan rompi orange usai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (2/11/2018).
Setelah menjadi tersangka dan menjalani masa tahanan di KPK, Taufik Kurniawan akan menanggalkan sejumlah posisi penting, yaitu Wakil Ketua DPR, Wakil Ketua Umum DPP PAN, dan Wakil Ketua Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Parta Amanat Nasional telah menonaktifkan Taufik sebagai Wakil Ketua Umum PAN. Taufik pun sudah menyatakan mundur sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional, Prabowo-Sandiaga.

Di DPR, spekulasi pengganti Taufik memunculkan sejumlah nama seperti Hanafi Rais, anggota komisi I bidang bidang pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, dan intelijen.

"Jadi posisi Mas Taufik untuk penggantinya sudah ada satu nama. Jadi di internal kami sudah mufakat untuk pengganti Mas Taufik tinggal dikirim ke pimpinan DPR," ujar Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto dilansir Kompas.com, Senin (5/10/2018).

Yandri mengatakan, DPP belum mengirimkan usulan nama tersebut ke pimpinan DPR sebab saat ini lembaga legislatif itu tengah memasuki masa reses. Yandri tidak menyebutkan satu nama yang diusulkan menjadi pengganti Taufik Kurniawan.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno. PAN, kata Eddy, tidak akan berspekulasi mengenai nama pengganti Taufik sebagai Wakil Ketua DPR, termasuk munculnya nama Hanafi Rais. Menurut Eddy keputusan akan diambil secara kolektif di tingkat DPP PAN.

Eddy mengatakan sosok pengganti Taufik di DPR adalah seorang yang memiliki senioritas dan rekam jejak yang baik di lembaga legislatif serta komitmen kepada partai serta koalisi.

"PAN harus menjalankan proses internal untuk menentukan pengganti Taufik dan hasil rincinya akan disampaikan kepada publik setelah prosesnya selesai," ujar melalui Antaranews.

Eddy mengatakan PAN akan mereposisi kadernya dari jabatan publik ketika terkena kasus hukum --menjadi tersangka dan ditahan. Ia menjelaskan bahwa proses reposisi tersebut menunggu Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan kembali ke Indonesia karena saat ini masih di luar negeri.

Komisi Pemberantasan Korupsi menahan Taufik Kurniawan, dalam kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah pada Jumat (2/11/2018). Terseretnya Taufik berawal dari fakta yang muncul dalam rangkaian persidangan Bupati Kebumen nonaktif M Yahya Fuad.

Yahya Fuad telah divonis 4 tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 4 bulan kurungan pada Senin (22/10/2018). Yahya juga mendapatkan vonis pidana tambahan berupa pencabutan hak politik selama 3 tahun setelah menjalani masa tahanan.

Taufik diduga menerima hadiah Rp3,65 miliar dari Yahya Fuad sebagai fee lima persen pengurusan anggaran DAK Kebumen yang merupakan daerah pemilihan Taufik Kurniawan.

Dapil Taufik adalah Jawa Tengah Vll yang terdiri dari Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga. Dua kepala daerah kabupaten tersebut, yaitu Bupati Kebumen Yahya Fuad dan Bupati Purbalingga Tasdi juga menjadi tersangka kasus korupsi di KPK.

Saat pengesahan APBN Perubahan Tahun 2015, Kabupaten Kebumen mendapat alokasi DAK tambahan Rp93,37 miliar yang direncanakan digunakan untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kebumen.

Kursi panas pimpinan DPR

Pimpinan DPR seperti kursi panas yang dapat menjerat penghuninya dalam kasus koruspi. Taufik adalah pimpinan kedua DPR yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Setahun sebelumnya, KPK menetapkan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Taufik diduga menggunakan posisinya sebagai penyelenggara negara dalam menerima suap dan menggunakan pengaruhnya dalam posisi sebagai pimpinan DPR.

Taufik merupakan Wakil Ketua DPR bidang ekonomi keuangan yang membawahi ruang lingkup tugas Komisi XI dan Badan Anggaran DPR.

Berbeda dengan Taufik, saat melakukan tindak pidana, Setya Novanto belum menjabat sebagai pimpinan DPR. Namun, dalam putusan majelis hakim, Novanto terbukti menggunakan pengaruhnya sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar.

Sebagai bukti, kata hakim, Novanto berhasil meloloskan anggaran e-KTP sebesar Rp2 triliun pada 2011. Padahal, dalam tahun sebelumnya, permintaan anggaran tidak disetujui DPR.

Selain menggunakan pengaruh pimpinan DPR, Taufik dan Novanto dinilai sama-sama mengintervensi proses pengambilan kebijakan anggaran sebagai salah satu fungsi anggota legislatif.

KPK menduga Taufik mengintervensi proses pembahasan anggaran di Komisi XI selaku komisi keuangan dan Badan Anggaran DPR. Taufik diduga berkomunikasi dengan pihak terkait di bawahnya untuk memuluskan permintaan Bupati Kebumen Yahya Fuad.

Dalam kasus e-KTP, Setya Novanto menyatakan kesiapannya sejak awal untuk mendukung terlaksananya proyek e-KTP dan memastikan usulan anggaran Rp5,9 triliun disetujui DPR.

Novanto meminta agar fee sebesar 5 persen bagi anggota DPR lebih dulu diberikan oleh para pengusaha yang ikut dalam proyek. Jika permintaan tidak dipenuhi, Setya Novanto tidak akan mau membantu pengurusan anggaran.

Akhirnya, dalam kesepakatan, para pengusaha yang tergabung dalam konsorsium sepakat memberikan 5 persen kepada Setya Novanto dan anggota DPR lain. Dalam persidangan, Novanto mengakui ada pimpinan Badan Anggaran DPR yang ikut menerima uang.
Taufik Kurniawan dan kursi panas pimpinan DPR


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...s-pimpinan-dpr

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Taufik Kurniawan dan kursi panas pimpinan DPR Kinerja ekspor impor kuartal III 2018 masih berat

- Taufik Kurniawan dan kursi panas pimpinan DPR Perusahaan di balik miliaran dolar bisnis vaksin dunia

- Taufik Kurniawan dan kursi panas pimpinan DPR Retorika Prabowo membangunkan kembali politik identitas



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di