alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
'Mimpi' Capres Prabowo Setop Impor dan Faktanya
2.86 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdff04012e257f9338b4581/mimpi-capres-prabowo-setop-impor-dan-faktanya

'Mimpi' Capres Prabowo Setop Impor dan Faktanya

'Mimpi' Capres Prabowo Setop Impor dan Faktanya


Calon Presiden Prabowo Subianto berjanji tidak akan impor jika terpilih sebagai orang nomor satu dalam pemilihan presiden. Dahnil Anzar Simanjuntak, Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandiaga Uno mengatakan janji setop impor terkait komoditas, sepertiberas, jagung, dan garam.

Namun, bagaimana sebetulnya fakta di lapangan? Berikut ini CNNIndonesia.com rangkum persoalan beras, jagung, dan garam di Tanah Air.

Beras

Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melansir luas lahan sawah terus menyusut. Tahun ini menyusut 650 ribu hektare (ha), yaitu dari 7,75 juta ha menjadi 7,1 juta ha.

Dengan perkiraan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut produksi beras tahun ini hanya 32,4 juta ton. Sementara, konsumsinya hanya sekitar 29,57 juta. Itu berarti, ada surplus beras 2,85 juta ton.

Kendati kemungkinannya surplus, pemerintah tetap memutuskan untuk impor. Hal ini ia klaim demi menjaga pasokan. Terlebih lagi, pada Maret 2018, pasokan beras di Bulog hanya 500 ribu ton.

"Kalau tidak impor, tewas kita," ujarnya belum lama.

Dengan kondisi seperti di atas, kenyataannya harga beras medium di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) berada di kisaran Rp9.200 per kilogram (kg). Padahal, normalnya harga beras medium ada di rentang Rp8.600 - Rp8.700 per kg.

Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo mengungkapkan beras premium membanjiri pasar induk. Jumlahnya bahkan mendominasi sebanyak 70-80 persen dari total pasokan beras di PIBC.

"Sedangkan, konsumsi masyarakat banyak di beras medium. Jadi, memang kita perlu diguyur beras medium," jelasnya.

Jagung

Kementerian Pertanian bersikeras bahwa produksi jagung nasional sepanjang tahun ini akan surplus. Berdasarkan data BPS, ia memperkirakan produksi jagung sampai akhir tahun mencapai 30,4 juta. Sementara, konsumsinya cuma 18 juta ton.

Namun, dengan surplus mencapai 12,4 juta ton, mengutip data BPS yang disampaikan Sekretaris Jenderal Kementan Syukur Iwantoro, ekspor jagung mencapai 380 ribu ton hingga Juli 2018.

"Balance trade(neraca dagang) surplus. Kita ekspor 380 ribu ton, impor 100 ribu ton," ungkap dia.

Klaim surplus Kementan, jauh berbeda dengan kenyataan yang dirasakan oleh Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar).

Menurut Parjuni, usahanya tercekik harga jagung yang mahal dan kelangkaan pasokan. "Kalau kita ngomong surplus, otomatis harganya turun. Ini lucu, surplus tapi harganya tinggi," imbuh dia.

Garam

Tahun lalu, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) menyebut bahwa RI telah mengimpor garam sejak 1990. Impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan garam industri dan kelangkaan stok akibat dampak dari anomali cuaca.

Di samping itu, garam produksi petambak tak dapat diserap industri karena tidak memenuhi kriteria kadar Natrium Chlorida (NaCl) sebesar 97 persen.

Pada tahun ini, pemerintah memutuskan mengimpor 3,7 juta ton garam. Garam ini akan dimanfaatkan oleh 100 ribu perusahaan yang bergerak di bidang sektor petrokimia, kaca, lensa, serta makanan dan minuman.

mendingan mulai dari sendiri ajah wo kalo nggak mau impor... mobil dijual, kuda dijual, hp dijual pake deh froduk lokalemoticon-Traveller
Diubah oleh cukur.rambu
Halaman 1 dari 2
emoticon-Wagelaseh
kedelai gan. itu tempe kedelainya masih impor semua itu. emoticon-Ngacir Tubrukan
Heran....
Optimis no impor masih salah
Pesimis indo bubar masih salah
Maunya gimana sih...mau optimis ato pesimis kok sama2 salah....kwontol
Kalo mimpi si jokhontlol tentang stop utang n import bijimane tu emoticon-Cool
Dasar nyinyir......
Balasan post trirestya
Quote:

D mulai dr diri sendiri yg teriak itu prabowo tapi isi hambawang full import
Sama kayak elit2 politik teriak2 bela orang miskin tapi hidup ny penuh kemewahan..
Sadar y..
Faktanya kalo stop impor hub sama negara lain bisa rusak, endingnya kek korut mau? terisolir
Quote:
Ngasih makan ratusan juta perut itu nggak gampang.
Ditambah ratusan juta keingininan, kemauan dan hawa nafsu.
Optimis no impor prabowo itu sah sah saja, tapi ingat, realistis.

Gimana wo caranya meningkatkan produksi pertanian di saat banyak orang ogah jadi petani?

Gimana caranya mengundang investor untuk membuat perusahan yang dapat membuka lowongan pekerjaan, tanpa infrastruktur?

Lu jadi presiden wo, Hutang dan Impor masih akan terjadi, bahkan sampe lu pensiun jadi presiden.

Hutang dan impor oke oke saja, asalkan semua stabilitas ekonomi terkendali, dan negara mampu dan bisa mengelolanya.

Btw Udah minta maaf blm bos?
Quote:


Prosesor komputer aja masih impor.

Obat-obatan aja masih impor.

Pesawat aja masih impor.

Alutsista aja masih impor.

Memang Indonesia bisa bikin sendiri?

Tuh KRL di Jakarta hibah dari negara Jepang, KRL bekas di Jepang dikasihkan ke Indonesia, direkondisi sama orang Indonesia biar keliatan kayak baru lagi. Orang Jepang mah naiknya KRL yang baru. Indonesia nggak mudeng caranya bikin KRL, kalau cuma rekondisi bisa.
Balasan post trirestya
optimis boleh..tp harus realistis..wowo di kritik karena mengkhayal
Janji stop impor itu cuma 'lip service' lah...

Mana mungkin Indonesia stop impor. Kalo sektor pertanian gak nyampe target produksi, emangnya rakyat mau disuruh makan rumput ?

ente strap on aja mesti nitip ke didit minta yg bikinan paris, gegayaan mw stop impor 'Mimpi' Capres Prabowo Setop Impor dan Faktanya
Fix... Importis kagak bakalan milih prabohong
2 kemungkinan


1. Bodoh
2. Pembohong
Sementara Mukidi sibuk pencitraan sana-sini ngibulin rakyat, Bapak Prabowo ini malah justru membuat gebrakan program Indonesia tanpa impor yg hasilnya akan membuat perekonomian Indonesia semakin meroket.

Sudah dipastikan Indonesia makin berjaya di tangan Bapak Prabowo Subianto.
Mimpi boleh, tapi realistis
Nasbung teriak2 dollar naik buat beli apa??????????
si wowok mau bikin sendiri di blk rumahnya emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di