alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Menteri Sofyan: Manfaatkan Sertifikat Tanah dengan Bijaksana
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdfee8998e31b760b8b4571/menteri-sofyan-manfaatkan-sertifikat-tanah-dengan-bijaksana

Menteri Sofyan: Manfaatkan Sertifikat Tanah dengan Bijaksana

Menteri Sofyan: Manfaatkan Sertifikat Tanah dengan Bijaksana

JPP, TANGERANG - Terbitnya sertifikat tanah membawa berbagai manfaat bagi masyarakat. Tanah yang telah terdaftar akan mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi dan dapat digunakan untuk mendapatkan akses modal dari perbankan. Namun, menjaminkan serifikat tanah ini juga bisa menjadi bumerang bagi masyarakat apabila tidak didahului dengan perhitungan matang.

"Sertifikat tanah yang diterima masyarakat harus dimanfaatkan dengan arif. Apabila dijaminkan di bank, harus dikalkulasi dengan baik agar hak atas tanahnya tidak hilang," pesan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Djalil pada acara Penyerahan Sertifikat Untuk Rakyat di Kota Tangerang, Banten, (4/11/2018).

Selain membuka akses terhadap permodalan dari perbankan, tanah yang bersertifikat merupakan warisan yang sangat berharga bagi anak cucu karena telah memiliki kepastian hukum hak atas tanah.

Dalam rangka memberikan penyuluhan pemanfaatan sertifikat tersebut, pada setiap penyerahan sertifikat kepada masyarakat, Kementerian ATR/BPN melaksanakan kegiatan Pembinaan, Fasilitasi, dan Kerja sama Akses Reform Bagi Masyarakat Penerima Sertifikat Hak Atas Tanah, dengan menghadirkan narasumber dinas terkait usaha kecil menengah, pihak perbankan, serta kisah sukses masyarakat yang telah memanfaatkan sertifikat menjadi akses modal.

Pada kesempatan kali ini, narasumber yang dihadirkan adalah Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Sayuti, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangerang Agus Sugiono, Pemimpin Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia Kota Tanggerang Eka Ahmad Djatnika, serta dua pelaku usaha Iko Damayanti dan Karna.

"Kami hadirkan para narasumber ini untuk memberikan gambaran bagaimana sertifikat dapat dimanfaatkan dengan baik kepada masyarakat penerima sertifikat hari ini,” ungkap Direktur Pemberdayaan Hak Atas Tanah Masyarakat Kementerian ATR/BPN Ratmono

Iko Damayanti, warga Kunciran, adalah salah satu contoh penerima sertifikat yang sukses menggunakan sertifikat untuk mengembangkan usahanya. Pengusaha yang dikenal dengan sebutan Ratu Eceng ini menyatakan bahwa usahanya dulu merupakan usaha berskala rumah tangga.

"Usaha saya ini dulu saya kerjakan sendiri, namun dengan bantuan modal dari bank sekarang saya sudah punya beberapa karyawan. Dengan sertifikat yang saya terima ini, pastinya nilai pinjaman dari bank akan meningkat dan saya akan mempunyai modal untuk memperluas tempat usaha saya," pungkasnya. (atr)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/infrastru...ngan-bijaksana

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Menteri Sofyan: Manfaatkan Sertifikat Tanah dengan Bijaksana Spirit Reforma Agraria dari Desa Mangkit, Berbeda dari Biasanya

- Menteri Sofyan: Manfaatkan Sertifikat Tanah dengan Bijaksana Ikut Tes CPNS, Atlet Berprestasi Tetap Boleh Jadi Olahragawan

- Menteri Sofyan: Manfaatkan Sertifikat Tanah dengan Bijaksana Tingkatkan SDM Konstruksi, Kementerian PUPR Percepat Program Sertifikasi



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di