alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ganja Legal Pertama di AS buat Obat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdfbbe614088dea298b4567/ganja-legal-pertama-di-as-buat-obat

Ganja Legal Pertama di AS buat Obat

Ganja Legal Pertama di AS buat Obat

Ganja seperti yang kita tahu kan illegal nih gan di Indonesia, tapi kok bisa legal ya di AS? Sebelum kita bahas kenapa dan bagaimananya. Kita bahas dulu nih ganja tuh sebenernya apa?

Ganja adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, tapi kita lebih kenal sebagai tumbuhan psikotropika karena adanya kandungan zat tetrahidrokanabinol yang membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Tanaman ganja juga biasanya suka digunakan untuk bahan pembuat rokok mariyuana (dilansir dari Wikipedia).

Nah, setelah penantian panjang, ganja legal pertama akhirnya tersedia di Amerika Serikat (AS) sebagai obat. Badan pengawasan obat dan makanan AS (FDA) telah menyetujui peredaran obat ganja atau yang disebut dengan Epidiolex. Tapi, untuk mendapatkan obat tersebut juga gak bisa sembarangan gan, harus sesuai dengan resep dari dokter di 50 negara bagian AS.

Bagi anak-anak yang berusia dua tahun atau lebih yang menderita sindrom epilepsi atau kejang boleh menggunakan obat tersebut. Sudah teruji klinis bahwa Epidiolex mampu mengurangi kejang 25-28 persen lebih besar dibandingkan dengan obat plasebo.

Persetujuan peredaran Epidiolex berawal dari rekomendasi oleh komite penasihat FDA pada April lalu. Dua bulan kemudian, obat ganja ini disetujui oleh FDA. Pada September, Departemen Kehakiman dan Administrasi Penegakan Narkoba AS mengklasifikasikan obat ini sebagai zat Schedule V, yang berarti dapat digunakan dengan resep dokter.

"Studi klinis yang memadai dan terkontrol baik mendukung persetujuan Epidiolex. Jadi, pemberi resep bisa memberikan obat ini dengan yakin untuk pasien yang memiliki sindrom epilepsi yang kompleks dan serius," kata Komisioner FDA Scott Gottlieb.
Gottlieb menyatakan, FDA berkomitmen untuk terus mendukung penelitian ilmiah dan penggunaan obat berbasis ganja untuk penggunaan medis. Berkat terobosan ini, diprediksi nantinya bakal lebih banyak obat berbasis ganja yang bisa dipakai untuk kegunaan medis.

Saat ini beberapa negara tengah ramai-ramai untuk melegalkan penggunaan ganja sebagai kebutuhan medis. Kanada adalah negara terakhir yang membuat kebijakan tersebut. Di Asia sudah ada Malaysia dan Thailand yang berencana akan segera melegalkan ganja medis tersebut.

Gimana menurut agan-agan? Apakah di Indonesia juga harus segera melegalkan ganja untuk kebutuhan medis?
 
Sumber: cnnindonesia.com
 
Diubah oleh DarkTrivium


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di