alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Menteri Sofyan Ingatkan Jajaran AT/BPN Jaga Kinerja yang Sudah Baik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd9fd6582b2ea5358b4574/menteri-sofyan-ingatkan-jajaran-at-bpn-jaga-kinerja-yang-sudah-baik

Menteri Sofyan Ingatkan Jajaran AT/BPN Jaga Kinerja yang Sudah Baik

Menteri Sofyan Ingatkan Jajaran AT/BPN Jaga Kinerja yang Sudah Baik

JPP, SEMARANG - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) memiliki hashtag atau tagar yang biasa digunakan dalam media sosial yakni #ATRBPNkinilebihbaik. Hal ini bukan hanya sekedar tagar saja, karena masyarakat banyak yang mengapresiasi kinerja Kementerian ATR/BPN.

"Banyak kepala daerah yang mengapresiasi kerja kita. Begitu juga masyarakat yang menerima sertifikat tanah, mereka puas dengan kinerja kita," ujar Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil saat memberikan pengarahan kepada Kepala Kantor Pertanahan se-Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta serta jajaran Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Jumat (2/11/2018).

Kendati demikian, Menteri Sofyan terus mengingatkan agar semua jajaran Kementerian ATR/BPN menciptakan nilai tambah dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

"Kunci majunya suatu bangsa adalah dengan menciptakan added value. Untuk itu, kita perlu menciptakan nilai tambah kepada masyarakat," pesan Menteri Sofyan.

Lebih lanjut Menteri Sofyan mengatakan bahwa saat ini Kementerian ATR/BPN terus melakukan pendaftaran tanah masyarakat. Oleh karena itu, ia mengatakan sertifikat tanah dapat membuka akses masyarakat, terutama ekonomi lemah, ke lembaga finansial resmi.

"Kalau masyarakat meminjam ke bank tentunya dengan bunga yang pasti. Ini berbeda jika masyarakat meminjam ke rentenir. Pernah saya bertanya kepada seseorang, berapa bunga yang harus dibayarkan kepada rentenir? 48 Pak, jawab orang itu. Maksudnya? Ketika kita pinjam dapat 4 persen, namun pas bayar 8 persen. Ini bunganya tinggi sekali," kata Menteri Sofyan.

"Namun, kita juga perlu mengingatkan mereka apabila memperoleh pinjaman nanti, jangan digunakan untuk hal-hal yang konsumtif. Harus yang bermanfaat," pesannya.

Menteri Sofyan mengatakan Kementerian ATR/BPN memiliki target bahwa tahun 2025 nanti seluruh tanah sudah terdaftar. Karena itu, perlu pemikiran out of the box dalam merealisasikan target tersebut.

"Banyak yang menghubungi saya, para Kepala Kantor utamanya, bahwa mereka punya ide-ide dan terobosan baru. Saya sangat mengapresiasi hal tersebut serta senang mendengarnya. Namun, banyak yang terkendala peraturan," kata Menteri Sofyan.

Terkait itu, menurutnya banyak pegawai serta pejabat di Kementerian ATR/BPN melihat peraturan itu seperti kitab suci, yakni sakral. "Padahal, peraturan sangat memungkinkan untuk diubah," imbuhnya.

Selain itu, permasalahan sengketa tanah juga menjadi perhatian Menteri Sofyan. Ia pun berpesan agar setiap jajaran Kementeriannya mengedepankan mediasi dalam penyelesaian sengketa pertanahan.

"Kita harus menyelesaikan sengketa dengan hati yang jujur dan niat yg baik," pungkas Menteri Sofyan. (atr)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...ang-sudah-baik

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Menteri Sofyan Ingatkan Jajaran AT/BPN Jaga Kinerja yang Sudah Baik OOC 2018, Hasilkan 287 Komitnen Senilai US$10 Miliar

- Menteri Sofyan Ingatkan Jajaran AT/BPN Jaga Kinerja yang Sudah Baik Menteri KKP: Revitalisasi Laut Harus Dilakukan

- Menteri Sofyan Ingatkan Jajaran AT/BPN Jaga Kinerja yang Sudah Baik Kunjungi Sigi, Menteri Rini Pastikan 550 Huntara telah Dibangun BUMN



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di