alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Presiden Jokowi minta industri sawit genjot ekspor dengan proses hilirisasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd8da25a516373588b457c/presiden-jokowi-minta-industri-sawit-genjot-ekspor-dengan-proses-hilirisasi

Presiden Jokowi minta industri sawit genjot ekspor dengan proses hilirisasi

Presiden Jokowi minta industri sawit genjot ekspor dengan proses hilirisasi
Pemerintah Menjaga Sawit Sebagai Salah Satu Pendorong Pertumbuhan Ekonomi

Presiden Joko Widodo meminta para pelaku usaha kelapa sawit agar lebih aktif mencari pasar baru ekspor minyak sawit dan hilirisasi industri untuk mendukung ekspor. Inovasi dan langkah proaktif pelaku usaha diperlukan seiring dengan upaya pemerintah mendukung industri kelapa sawit di Tanah Air.

Jokowi mengaku bangga karena Indonesia adalah produsen terbesar minyak kelapa sawit di dunia. Artinya, dengan produksi kelapa sawit yang mencapai 42 juta ton/tahun, Indonesia adalah produsen terbesar bahan yang dipakai banyak orang di dunia dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Atas dasar itu, Jokowi menilai pentingnya dilakukan moratorium perizinan baru untuk tanaman kelapa sawit. Hal ini dilakukan, agar produktivitas naik lebih dahulu. Terkait dengan peremajaan ini, Presiden mengatakan, pemerintah memberikan subsidi. Ia menekankan, agar prosedur pencairan subsidi replanting disederhanakan.

Pemerintah terus berupaya memasifkan dan mendorong perjanjian perdagangan dengan berbagai negara, di mana minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) menjadi prioritas dalam perjanjian tersebut.

Kebijakan tersebut ditempuh mengingat industri sawit dan produk turunannya masih menjadi salah satu industri andalan yang punya peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Akhir 2018 aktivitas ekspor tersebut ditargetkan mampu meningkat hingga mencapai 7% dengan income mencapai USD2,9 juta. Untuk mendorong agar produktivitas dan pendapatan industri sawit tahun depan, pemerintah dan industri akan melakukan sedikitnya tiga strategi.

Pertama, mengembangkan iklim yang semakin kompetitif antara negara dan industri dalam produktivitas dan harga kelapa sawit. Kedua, adanya upaya bersama untuk mengembangkan pangsa pasar baru dan fasilitas infrastruktur yang lebih baik. Ketiga, melakukan kampanye positif terhadap industri kelapa sawit secara masif.

Spoiler for Sumber Berita:


Ojo Males-malesan yo,
ntar di gebuk presiden,
kerja kerja kerja,
emoticon-Salamanemoticon-Salamanemoticon-Salaman
program bagus ini
peremajaan sawit bukan perluasan lahan sawit
Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di