alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengusaha bayar upah di bawah UMP terancam penjara 4 tahun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd7c27c0d77087658b4567/pengusaha-bayar-upah-di-bawah-ump-terancam-penjara-4-tahun

Pengusaha bayar upah di bawah UMP terancam penjara 4 tahun

Pengusaha bayar upah di bawah UMP terancam penjara 4 tahun

Merdeka.com - Direktur Pengupahan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Adriani menyatakan, para pengusaha wajib untuk membayar upah para pekerjanya minimal sebesar Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ditetapkan oleh kepada daerah masing-masing. Diketahui, pada hari ini UMP 2019 naik 8 persen.


"Jadi UMP ditetapkan hari ini, 1 November dan berlaku untuk upah minimum 1 Januari 2019 sampai Desember 2019. Jadi mulai 1 Januari semua perusahaan harus membayar upah pekerja buruh sesuai upah minimum yang ditetapkan ini," ujar dia di Kantor Kemenaker, Jakarta, Kamis (1/11).

Jika setelah berlaku masih ada pengusaha yang belum membayarkan upah pekerjanya minimal sebesar UMP, maka pengusaha tersebut bisa kenakan sanksi hingga hukuman pidana 4 tahun penjara.
"Kalau perusahaan melanggar tentu ada sanksinya. Nah itu sanksinya berat karena sanksinya pidana. Karena perusahaan tidak boleh membayar upah lebih rendah dari upah minimum yang sudah ditetapkan. Sanksinya pidana ya penjara satu sampai 4 tahun," kata dia.

Hal yang sama juga berlaku bagi pengusaha yang perusahaannya berada di daerah yang telah mampu menetapkan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK). Pengusaha tersebut juga wajib untuk mengikuti ketentuan dari UMK tersebut.
"(Kalau membayar upah di bawah UMK) Kena sanksi, sama seperti UMP. Karena begitu ditetapkan itu menjadi wajib. Tapi tidak semua kabupaten kota. Karena hanya daerah yang perusahaannya mampu saja," tandas dia.

sumur

emoticon-Shakehand2 nah gitu dong pengusaha wajib naikin gaji karyawan, atau cabut dari nkri
hmmmmm....
yg bener2 gag mampu bayar terus gimana??ada keringanan atau langsung di bui?
yakin?!
Pake robot aja,(kalo ada) biar ga makan hati
Bullshit emoticon-Big Grin
hampir 80% pabrik kecil dibawah ump

kalau diikuti, bisa pada tutup tuh.


kata buruh : mending dibawah UMP daripada engga bayaran sama sekali
Makin lama, gaji 20 juta pun gak ada artinya di Jakarta, karena inflasi terus2an digeber sama kaum buruh dan digerus dollar. Rasain luh.. emoticon-Leh Uga Gaji lu pada tahun ini, 3 tahun lagi kegerus nilainya sampai 18%. Percuma lu pada nabung duit gajian capek2, bbrp tahun ke depan gak ada artinya lagi. emoticon-Ngakak




gw mah kalangan menengah yang tinggal di Manhattan, bersyukur aja lah, inflasi di sini gak gitu sadis dibanding di Jabodetabek emoticon-Ngacir
kalo usaha kecil kecilan gmna nih? tukang jaga toko baju dibogor paling digaji 800 ampe sejuta doang
Yang akan dipenjarakan siapanya?
untung ane hidup dipedalaman, 70% kebutuhan hidup masih bisa dapet dari alam
















emoticon-Cool
Buruh..buruh...buruh..
tu tukang sapu di tempat kerja ane cuma di gaji 1,3 juta gimanee pakk?...satpam masih ada yg di gaji 2 juta gimanee?...jaga konter baju di mal2 cuma 1 juta gimanee pak?..lebih parah guru honorer pendidikan udah tinggi cuma 400 ribu gimanee(

kok buruh terus yang di manja dan di perhatikan??





Diubah oleh wikowok
rejim omong kosong

selalu omong kosong
Quote:
padahal gaji dan tunjangan udah gede
Balasan post masmomon
Quote:


tinggal kongkalikong aja sama pihak nakertans biar ditutupin mbah emoticon-Shakehand2
bakal banyak perusahaan hengkang emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Baguslah kalau begitu
Itu perusahaan besar ya ,,,,
Kalo dipaksain ke pengusaha UKM paling banyak yg gulung tikar, lalu banyak pengangguran emoticon-Traveller
Diubah oleh littlevan
ya ngga usah diambil pusing
pengusaha yang keberatan dengan UMP bisa:
1. Perampingan Karyawan
2. pindah ke provinsi yang UMP nya terjangkau

atau

3. pindah ke luar negeri sekalian
Diubah oleh tukangkredit
Pemerintah kuq bisa nerbitin peraturan begitu ya ? Padahl gaji para honorer di banyak tempat aja banyak yg gag sesuai UMK, lah trus yg di pidana siapa kalo kayak gtu ? Sedih banget kalo denger teman ane yg honorer cuman di gaji 500rb emoticon-Berduka (S)


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di