alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi: Bangun Infrastruktur Bukan untuk Gagah-gagahan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd6b8cdc06bd4f0d8b4568/jokowi-bangun-infrastruktur-bukan-untuk-gagah-gagahan

Jokowi: Bangun Infrastruktur Bukan untuk Gagah-gagahan

Presiden Joko Widodo menyebut pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintahannya dalam empat tahun terakhir, bukan untuk gagah-gagahan.

"Ini bukan untuk gagah-gagahan, juga bukan untuk keren-kerenan. Tetapi mobilitas orang dan barang di seluruh penjuru Tanah Air sangat penting," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Peresmian Bandara Maratua dan Bandara APT Pranoto yang dilaksanakan di satu lokasi yaitu di Bandara APT Pranoto, Samarinda, Kamis (25/10/2018).

Ia menegaskan, memang dalam empat tahun terakhir ini pemerintahannya mengejar munculnya kantong-kantong pertumbuhan ekonomi baru di berbagai daerah. "Oleh sebab itu pembangunan infrastruktur untuk konektivitas baik berupa bandara, pelabuhan, jalan tol, jalur kereta api penting," katanya.

Menurut Kepala Negara, infrastruktur ini juga bukan hanya untuk urusan ekonomi, tetapi juga urusan konektivitas dan mempersatukan bangsa dan negara yang sangat besar ini. "Bayangkan, 17 ribu pulau, 514 kabupaten dan kota, 34 provinsi bagaimana mempersatukan negara ini kalau tidak ada konektivitas, pelabuhan, bandara, jalan yang sambung menyambung mempersatukan negara sebesar negara kita Indonesia ini," katanya.

Jokowi mengatakan, jika pembangunan infrastruktur hanya menjadi bahan politik semata maka dirinya akan lebih memprioritas pembangunan di Pulau Jawa.

Pasalnya, hasil dari pembangunan infrastruktur pada pertumbuhan ekonomi lebih besar dibandigkan dengan pembangunan di wilayah lain. Apalagi, berdasarkan survei BPS Pulau Jawa masih berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

"Pembangunan infrastruktur bukan hanya di Jawa. Sebetulnya kalau saya mau orang politik ya bangun saja semua di Jawa karena 60% penduduk di Jawa," kata Jokowi.

"Pertumbuhan pasti akan meningkat lebih cepat tapi mengelola negara beda dengan bisnis, bukan urusan untung rugi tapi pemerataan. Bukan urusan ekonomi tapi persatuan," tambah dia.

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur yang sudah direalisasikan oleh pemerintah juga bukan pekerjaan yang mudah, apalagi banyak menyita waktu. Oleh karena itu, selama empat tahun memimpin, fokus pemerintahan kabinet kerja mempersatukan seluruh wilayah Indonesia dengan infrastruktur.

Selain persatuan, dengan infrastruktur juga pemerintah bisa mewujudkan pemerataan ekonomi.

"Kita berhitung juga masalah pemerataan persatuan Indonesia bagaimana menyatukan negara sebesar ini. Infrastruktur landasan negara ini untuk bersaing dengan negara lain. Tantangan semakin berat," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI itu juga mengatakan pada awal pidatonya bahwa dulu ketika orang berbicara ekonomi Indonesia selalu fokusnya ada di Jawa.

Tapi sekarang menurut dia, orang berbicara ekonomi Indonesia mulai membahas potensi-potensi ekonomi dan pertumbuhan ekonomi yang ada di luar Jawa. "Dan salah satunya adalah provinsi Kalimantan Timur," katanya.

Pada kesempatan itu, Presiden didampingi sejumlah pejabatnya meresmikan dua bandara di Kaltim yaitu Bandara Maratua dan Bandara APT Pranoto di Samarinda.

Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Kaltim Isran Noor, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil dan Mensesneg Pratikno.

sumber https://www.wartaekonomi.co.id/read2...h-gagahan.html
Diubah oleh ikardus
bodo amat

mau jokowi bangun ini itu kek..

yang penting

#ANTIPRABOWO

#ASALBUKANPRABOWO
Quote:
NASBUNG DONGO

mana paham
ya makanya sebelum tiap pulau minta merdeka sendiri sendiri karena merasa ga adil pembangunan hanya terpusat dijawa, segeralah pemimpin selanjutnya melanjuti pembangunan diseluruh daerah indonesia, karena pembangunan itu harus adil, semua harus mendapatkan pembangunan infrastruktur yg merata, pembangunan infrastruktur secara ga langsung menaikan peradaban saudara2 kita yg masi dipedalaman.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di