alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd6224529a4579418b456b/suara-koalisi-jokowi-unggul-tim-prabowo-survei-selalu-salah

Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah

Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
Jakarta - Dalam survei LSI Denny JA di 10 provinsi, suara parpol-parpol koalisi pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 mengungguli suara parpol koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi menanggapi enteng hasil survei tersebut.

Juru bicara Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku tak mempercayai hasil survei dari lembaga-lembaga survei yang selama ini ada. Sebab, dari pengalaman pemilu selama ini, hasil survei kerap keliru. 

"Terkait survei partai itu sejak berbagai pemilu itu selalu salah ya. Dulu kan misalnya disebut kayak model PKSdisebut nggak masuk PT (parliamentary threshold), PAN juga begitu, Demokrat. Tapi faktanya terbalik gitu lho," ujar Dahnil saat dihubungi, Sabtu (3/11/2018).

Baca juga: Survei LSI Denny JA: Suara Koalisi Jokowi Ungguli Kubu Prabowo


Dahnil mengatakan, kekuatan suatu parpol berada di calon legislatifnya. Namun, selama ini, survei hanya sebatas melontarkan pertanyaan 'parpol apa yang anda pilih'. 

"Jadi secara ilmiah menurut saya, dia tidak kontekstual hasil-hasil dari survei itu. Kenapa? karena sekali lagi survei parpol tidak mampu memotret peran caleg, atau individu caleg," katanya. 

"Makanya kenapa kalau kita lihat dari tahun ke tahun, survei misal terhadap beberapa partai seperti misalnya PKS, PAN, dan parpol lain itu rendah, tapi kemudian ketika pemilu justru mendapatkan suara yang signifikan. Karena survei nggak mampu memotret individu caleg itu," sambung Dahnil. 

Baca juga: Survei LSI: PDIP Teratas, Disusul Gerindra dan Golkar


Sebelumnya, dalam survei LSI Denny JA, di 10 provinsi, suara parpol-parpol koalisi pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 mengungguli suara parpol koalisi pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun Partai Gerindradiprediksi bakal mencetak rekor tersendiri.

Hasil survei di 10 provinsi menunjukkan PDIP jadi juara atau menang paling banyak, yakni di 5 provinsi (Sumut, Sumsel, Lampung, DKI, Jateng). Gerindra di tempat kedua dengan memenangi 3 provinsi (Riau, Banten, Jawa Barat). 

Survei digelar di 10 provinsi terbesar, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Sulawesi Selatan. Survei digelar pada 4-14 Oktober 2018. Survei setiap provinsi menggunakan 600 responden. Margin of error setiap provinsi sebesar 4,1 %. Total responden yang diambil dari 10 provinsi tersebut adalah 6.000 responden. Survei juga dilengkapi penelitian kualitatif, dengan metode analisis media, diskusi kelompok terarah, dan wawancara mendalam. Biaya survei ditanggung LSI Denny JA.

Berikut ini hasil penjumlahan suara parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf vs Prabowo-Sandiaga di 10 provinsi:

1. Jawa Barat
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 40,9%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 10,3%

2. Jawa Timur
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 52,6%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 10,3%

3. Jawa Tengah
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 59,3%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 9,4%

4. Sumatera Utara
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 40,5%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 28,1%

5. Banten
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 36,2%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 35,4%

6. DKI Jakarta
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 35,7%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 28,3%

7. Sulawesi Selatan
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 47,6%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 25,8%

8. Lampung
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 56,6%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 20,2%

9. Sumatera Selatan
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 42,3%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 35,2%

10. Riau
Parpol koalisi Jokowi-Ma'ruf: 23,7%
Parpol koalisi Prabowo-Sandi: 36,1%

https://m.detik.com/news/berita/d-42...i-selalu-salah

Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
Diubah oleh albetbengal
Halaman 1 dari 2
zolim bener itu surpey emoticon-Blue Guy Bata (L)
kalo tuh survei menangin wowo, itu baru bener..
btw... riau ini daerah apa yah?
ini nih yg byk orang2 radikal di sini!

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Survei internal yang tidak pernah salah ya om emoticon-Smilie
Yang bener cuma survei PUSKAPTIS? emoticon-Leh Uga
Quote:
Nunggu survei Kaskus
tunggu 2019 aja survei mana yang bener



















emoticon-Cool
Udah tau salah..tapi kenapa sujud waktu menang hasil survei puskaptis??emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga
Tapi kalo survei yang memenangkan pihak ente itu baru bener ya,??emoticon-Betty
Quote:


riau aslinya basisnya golkar itu gan
Ga tau kenapa bisa keok disitu paslon 1

Mungkin banyak org sumbar di diriauemoticon-Big Grin
Diubah oleh albetbengal
survei internal yang bikin nyungsep itu yang jd panutan..

PKS make count happiness
Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
survey asal bapak senang, tolol si wowo manggut-manggut aja emoticon-Leh Uga
Balasan post albetbengal
Quote:


sumbar itu bykan jg basis muhammadyah!
muhammdyah jg bayk yg keras2
kyk si udin ama aming rasis ama kuda nil!
yg bagus cm yg Syafii Maarif aja....
sayang ini wilayah yah....

tapi ga tau yg sekarang, headar natsir ini gmana orangnya...
kalo dari tampang2nya sih keliatan bae.... toleransi!
cinta nkri!
tapi ga tau aslinya apa sealiran amasi udin jg aming rasis

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Diubah oleh rsryomantap3
Quote:
Dasar koalisi oposisi, pengennya menang sendiri. Payah ah.
Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
perbedaan persentasenya kayak di injek2
Quote:


emoticon-Big Grin

Kan pernah kejadian juga banser di tolak di riau,dan juga di sumbar
Mungkin berhubungan dgn penolakan banser terhadap UAS yg akan ceramah di jateng beberapa yg laluemoticon-Embarrassment

Sentimen thdp banser dan nu
Akhirnya Riau jadi lumbung nasbungemoticon-Big Grin
Diubah oleh albetbengal
Juru bicara nya sendiri yg menjatuhkan kalo mengingat lembaga survei yg dulu2 bentukan gerindra dan sekutunya yg udah membohongi gerindra. Jadi lagi ngomongin mesin partainya sendiri yg memalukan
Diubah oleh DH7
jadi gini.. hahahaaaa

apakah uang bisa membuatmu bahagia?
Suara Koalisi Jokowi Unggul, Tim Prabowo: Survei Selalu Salah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di