alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Tips Beli Motor Trail Bekas Biar Gak Rugi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd38411a9975db228b4567/tips-beli-motor-trail-bekas-biar-gak-rugi

Tips Beli Motor Trail Bekas Biar Gak Rugi

Tips dari Temen Ane yang Kerjaannya jadi Makelar Jual Beli Motor

Pas lagi reuni SMA, Ane ngobrol ama temen yang kerjaannya jadi makelar motor. Biasa lah nyari peluang bisnis yang bisa digarap bareng. Jadi selain ajang temu kangen, reuni bisa dijadiin ajang mmemperluas peluang bisnis ya nggak Gan...

Tips Beli Motor Trail Bekas Biar Gak Rugi

Nah, dia cerita kalo saat ini dia lagi doyan nyari trail. Dia bilang pasar motor adventure itu lagi naik daun, baik motor baru ataupun bekas. Menurutnya hampir tiap bulan ada aja yang nanya. Bahkan stok trail di showroomnya gak pernah lebih dari seminggu. Pembelinya pun bukan hanya dari Jakarta, dari luar kota juga banyak yang nyari.

Kebetulan ane juga doyan dunia otomotif dan berpetualang, kali aja ada rezeki dan pengen beli trail, obrolan pun berlanjut. Kalo gue mau beli trail bekas, kira-kira kudu gimana biar gak rugi atau ketipu?

Dia bilang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kelengkapan surat-surat untuk memenuhi persyaratan di jalan raya. Soal ini sih paling ditekankan dan berlaku bukan hanya untuk jenis trail tapi untuk semua motor.

Tapi dia lebih menitikberatkan perihal surat karena sebelumnya trail itu merupakan motor hobi dan belum banyak produsen yang jual. Jadi potensi motor bodong (tanpa surat) itu cukup besar.

Tips Beli Motor Trail Bekas Biar Gak Rugi

Dia menyarankan untuk tidak meneruskan transaksi meski harganya jualnya terkadang menggiurkan. Sebab akan ada dana tambahan yang cukup besar untuk mengurusnya.

Kedua adalah cek bentuk fisik kendaraan. Periksa kondisinya apakah ada yang rusak atau tidak. Khusus untuk motor trail bila menggunakan aksesori berkualitas dapat menambah harga jual.

Misal, bannya sudah diganti dengan ban pacul, itu ada nilai tambah. Selain itu penggunaan aksesori berkualitas, misal sudah mengganti dengan knalpot FMF, atau sokbreker depan belakang milik KTM Special Engine. Harganya bisa di atas Rp 8 juta sendiri untuk satu aksesori. Nilai jual motornya tentu bertambah.

Selain itu calon pembeli juga dapat menilai dari jarak tempuh yang tercatat di odometer. Bila tercatat jarak tempuhnya cukup tinggi, konsumen dapat memeriksa kondisi mesin apakah terawat. Cek juga komponen-komponen yang sudah diganti, sebab dengan riwayat jelajah yang tinggi namun belum ada penggantian komponen bisa jadi pas dipake kita kebagian jatah penggantian. Boncos dong...
Diubah oleh kangmontir78


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di