alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Dana Kelurahan mulai cair 1 Januari 2019
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd325fc1d770d6398b4585/dana-kelurahan-mulai-cair-1-januari-2019

Dana Kelurahan mulai cair 1 Januari 2019

Dana Kelurahan mulai cair 1 Januari 2019
Presiden Joko Widodo (kiri) memimpin rapat terbatas bersama menteri kabinet kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/11/2018). Rapat terbatas tersebut membahas penganggaran dana desa dan dana kelurahan.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah akan mulai mencairkan Dana Kelurahan pada awal tahun depan. Kementerian Keuangan telah mengalokasikan anggaran senilai Rp3 triliun untuk 8.122 kelurahan di Indonesia.

"Satu Januari nanti," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (2/11/2018) dilansir dari Tempo.co.

Nantinya; seluruh kelurahan di Indonesia dibagi menjadi kategori kelurahan kondisi baik, sedang, dan tertinggal. Jumlah bantuan dana kelurahan yang disalurkan menyesuaikan dengan kategori kondisi kelurahan.

"Instruksi Bapak Presiden (Joko Widodo) adalah seluruh dana kelurahan dipakai untuk pembangunan sarana prasarana, kelurahan-kelurahan yang masih memiliki kondisi yang tidak baik sekaligus dipakai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Sri Mulyani.

Pemerintah berharap program usulan para wali kota se-Indonesia itu dapat menyentuh kepentingan warga dan mengatasi permasalahan di perkotaan yang kompleks.

Sri memastikan, dana kelurahan ini tidak menggantikan anggaran kelurahan yang sejak awal sudah dialokasikan kabupaten dan kota melalui peraturan perundang-undangan.

Dana Kelurahan berbeda konsep dengan Dana Desa. Yang kedua disebut memiliki pos tersendiri dalam bagian dari Transfer Keuangan Daerah dan Dana Desa (TKDD) dan dikelola oleh masing-masing desa. Sedangkan Dana Kelurahan disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam Dana Alokasi Umum (DAU).

Pemerintah pun akan membuat peraturan khusus yang mengatur dana kelurahan setelah Undang-Undang APBN 2019 disahkan oleh DPR.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo ‎memastikan bahwa tujuan utama penyaluran dana desa dan dana kelurahan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas membahas tentang dana desa dan dana kelurahan di Istana Kepresidenan, Bogor, Jumat (2/11).

Pada beberapa kesempatan, Jokowi juga mengungkapkan kekesalannya karena sejumlah politikus dari kubu oposisi menyebut dana kelurahan sebagai program politis menjelang Pilpres 2019.

Ia pun menegaskan kembali bahwa usulan dana kelurahan berasal dari para wali kota se-Indonesia melalui Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia sejak beberapa tahun lalu. "Saya ingin menyampaikan Dana Kelurahan itu tidak muncul tiba-tiba," ucap Jokowi dilansir dari detikcom.

Dia juga meminta agar Menteri Dalam Negeri menyiapkan kerangka pengawasan dan evaluasi. "Agar pemanfaatan Dana Kelurahan menyentuh kepentingan warga di kelurahan dan perkotaan," katanya.

Tahun lalu, dengan keberadaan Undang-Undang tentang Desa, pemerintah pusat harus menggelontorkan dana besar untuk untuk 74 ribu desa.

Pada 2016 anggaran totalnya Rp46,96 triliun sehingga setiap desa menerima Rp614 juta. Sedang pada 2017 ini sekitar Rp60 triliun dan jatah tiap desa naik jadi Rp1 miliar. Untuk tahun depan, anggaran naik menjadi Rp70 triliun.

Kondisi ini membuat banyak kelurahan iri dengan desa yang memperoleh data khusus karena statusnya. Bahkan, beberapa desa menolak diubah jadi kelurahan karena bisa kehilangan jatah Dana Desa.

Misalnya di Kabupaten Tangerang, Banten. Beberapa desa dengan kondisi masyarakat, infrastruktur, dan geografisnya sudah layak menjadi kelurahan.

Tapi pemerintah daerah tak bisa mengubah sendiri status desa menjadi kelurahan. Harus ada referendum untuk mengubah status itu sesuai pasal 11 Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Di sisi lain, menurut data Kementerian Keuangan, serapan dana desa masih sangat rendah. Sampai September 2018, penyerapan hanya mencapai Rp37,9 triliun dari pagu anggaran sebesar Rp60 triliun.

Jokowi pun meminta para kepala desa, perangkat desa, dan pemerintah daerah mengoptimalkan pembangunan dengan anggaran dana desa yang telah dinaikkan 16 persen dari tahun ini.
Dana Kelurahan mulai cair 1 Januari 2019


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...1-januari-2019

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Dana Kelurahan mulai cair 1 Januari 2019 Santunan untuk korban meninggal sampai bagasi pesawat

- Dana Kelurahan mulai cair 1 Januari 2019 Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan

- Dana Kelurahan mulai cair 1 Januari 2019 Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di