alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Santunan untuk korban meninggal sampai bagasi pesawat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd17a4ded770fb5b8b4581/santunan-untuk-korban-meninggal-sampai-bagasi-pesawat

Santunan untuk korban meninggal sampai bagasi pesawat

Santunan untuk korban meninggal sampai bagasi pesawat

Sesuai peraturan, santunan maksimum untuk bagasi dalam kasus Lion Air JT610 adalah Rp4 juta. Tapi dalam siaran pers hari ini (3/11/2018), Lion Air menyatakan akan memberi santunan Rp50 juta kepada ahli waris korban.

Peraturan termaksud adalah Peraturan Menteri Perhubungan PM 77/2011. Peraturan tersebut mengatur tanggung jawab pengangkut angkutan udara terhadap penumpang. Pelbagai aspek ada di sana, dari soal bagasi hingga santunan jika ada korban meninggal.

Korban meninggal itu bisa karena kecelakaan penerbangan, atau bisa juga di luar pesawat.

Di luar pesawat itu sejak penumpang meninggalkan ruang tunggu menuju pesawat. Atau bisa juga sebaliknya, sejak turun dari pesawat menuju ruang kedatangan. Santunan untuk korban meninggal dalam kasus ini Rp500 juta (Pasal 3 huruf b).

Jika penumpang meninggal dalam kecelakaan pesawat, seperti pada penerbangan JT610 awal pekan ini, santun untuk ahli waris korban Rp1,25 miliar (Pasal 3 huruf a). Info seputar santunan bagi ahli waris korban Lion Air sila baca arsip.

Tentang santunan menurut Konvensi Montreal 1999 (MC99) senilai Rp2,3 miliar, kurs yang dipakai adalah special drawing rights (SDR) terhadap rupiah (IDR) kemarin, hari kerja bursa, saat infografik dibuat. SDR adalah nilai uang yang dipakai oleh International Monetary Fund (IMF).

Adapun ihwal tunjangan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk ahli waris, hal itu berlaku bagi penumpang yang meninggal saat bepergian untuk urusan pekerjaan. Pedomannya adalah jaminan kecelakaan kerja.

Soal santunan dari BPJS itu ternyata mencuatkan hal lain, yakni santunan bagi awak pesawat yang juga menjadi korban.

Upah yang maskapai laporkan kepada BPJS dicurigai lebih rendah dari kenyataan sehingga besaran preminya berbeda dan nantinya berakibat pada penghitungan santunan. Gaji pilot Lion Air terlaporkan hanya Rp3,7 juta, padahal gaji kopilot Rp20 juta.

Menurut Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, ahli waris pilot Lion Air yang gajinya terlaporkan rendah itu hanya akan menerima santunan 48 kali Rp3,7 juta. Bukan 48 kali Rp30 juta.

Terhadap ahli waris korban — dari penumpang yang berhak maupun awak pesawat — BPJS juga akan memberikan tunjangan hari tua 5,7 persen dari upah, dan tunjangan pensiun 40 persen untuk peserta terdaftar lebih dari 15 tahun.
Santunan untuk korban meninggal sampai bagasi pesawat


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...bagasi-pesawat

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Santunan untuk korban meninggal sampai bagasi pesawat Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan

- Santunan untuk korban meninggal sampai bagasi pesawat Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan

- Santunan untuk korban meninggal sampai bagasi pesawat Hijab antitembam yang meraih penghargaan Kemenpora



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di