alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd0c66dc06bd981f8b4571/mengembalikan-duit-negara-lewat-lelang-harta-rampasan

Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan

Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan
Suasana lelang barang-barang sitaan KPK di Jakarta, Rabu (25/7/2018). Barang-barang para terpidana yang disita atau gratifikasi yang dilaporkan dilelang, lalu uangnya disetor ke kas negara.
Rasa ingin tahu yang menyeret Muhammad Jufri Saad 24 tahun lalu itu, ternyata berbuah hingga kini. Saat masih kuliah di awal 1990-an, ia ingin tahu bagaimana mekanisme lelang berjalan.

Usianya saat itu masih 20 tahun. Ia mulai ikut lelang motor-motor tua. "Ya buat nambah-nambah modal usaha," kata Jufri, Selasa (23/12/2014) seperti dikutip dari Warta Kota.

Hasil perolehan lelang itu ternyata menjanjikan. Jufri lalu ikut lelang lainnya yang lebih besar seperti mobil, alat tulis kantor, bongkaran bangunan gedung, besi badan kapal laut, hingga lelang besar seperti logam mulia.

Kegemarannya mengantarkannya ke lelang barang rampasan yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengusaha jual beli besi tua ini kini mendapat gelar tak resmi sebagai 'raja lelang barang koruptor'. Setidaknya sudah tujuh kali ia ikut lelang KPK dan memenangkan sejumlah barang.

Saat lelang digelar November 2017, ia bahkan menghabiskan Rp2,5 miliar dalam satu kali lelang. Lukisan, emas, hingga mobil ia tebus dengan harga tertinggi. Jufri membawa pulang mobil Lexus tipe LX570 seharga Rp1,29 miliar, milik mantan Bupati Banyuasin, Sumatera Selatan Yan Anton Ferdian yang sudah disita negara.

Menurut Jufri, barang yang dilelang KPK harganya di bawah pasaran. "Contoh saja (jam tangan) Rolex, Rolex aja (harga pasaran) Rp250 juta saya beli Rp150 juta kan bagus," ujar Jufri seperti dinukil dari CNN Indonesia, Jumat (24/11/2017).

Jufri senang dengan lelang barang rampasan KPK karena barangnya murah dan tidak bermasalah. Pria 51 tahun itu mengaku akan menjual kembali barang-barang yang dia beli jika ada yang berminat. "Saya kolektor, kalau memang ada yang mau beli saya jual, yang penting untung," ujar Jufri.

Pelaksana tugas Koordinator Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi (Labuksi) KPK, Irene Putri mengatakan, lelang itu berhasil menambah uang negara sebesar Rp3,58 miliar. "Kemudian hasilnya semua akan disetorkan ke kas negara sebagai bentuk pemulihan aset negara," kata dia, seperti dipetik dari Tempo.co.

Barang rampasan di KPK muncul karena kasus korupsi yang meliputi suap, gratifikasi, dan korupsi yang merugikan negara.

Nah, dalam kasus suap dan korupsi yang merugikan negara, ada terpidana yang tidak bisa membayar denda dan uang pengganti seperti perintah hakim. Sebagai gantinya, harta benda mereka disita dan dilelang.

Sedangkan dalam gratifikasi, ada juga yang langsung dilaporkan tanpa kena pasal pidana. Barang-barang ini juga dilelang. Contohnya, Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said pernah melaporkan gratifikasi berlian senilai hampir Rp4 miliar. Perhiasan itu dilelang KPK pada Desember 2016 lalu.

Jika rampasan itu wujudnya uang atau saham, maka langsung disetorkan ke kas negara. Jika wujudnya benda seperti elektronik, mobil, dan lainnya, maka dilelang.

Sebelum melelang, KPK mengajukan nilai wajar dari barang tersebut kepada Kementerian Keuangan. Jika disepakati, maka akan dimulai lelang dengan batas nilai tersebut.

Sepanjang 2017, mobil menjadi barang rampasan yang paling laku. Kendaraan roda empat sudah mengisi uang negara sampai Rp2,35 miliar. Lalu disusul lukisan dan barang elektronik.
Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan
Barang-barang rampasan KPK yang dilelang pada 2017.
Pada tahun itu, barang rampasan senilai Rp44,9 miliar masih dalam proses lelang, sementara Rp16,9 miliar sedang proses disetor ke kas negara dan Rp5 miliar sudah diserahkan ke kas negara tanpa proses lelang karena dalam bentuk uang atau saham.

Harta rampasan belum tentu langsung laku dalam satu kali lelang. Contohnya adalah mobil Mercedes Benz GL 400 milik Bupati Banyuasin 2013–2018, Yan Anton Ferfian. Mobil ini mulanya dipatok seharga Rp1 miliar. Karena tak laku, harganya diturunkan menjadi Rp711 juta untuk lelang tahun 2018. Mobil ini akhirnya malah laku lebih dari Rp1 miliar, Juli lalu.

Pada 2017, KPK melelang dan menyerahkan harta rampasan dari 10 terpidana korupsi dan 3 terpidana korupsi beserta pencucian uang. Mereka adalah terpidana yang kasusnya diputus pada 2016 dan 2017.

Nilai korupsi, belum tentu sama dengan nilai barang rampasan yang dilelang dan disetor ke negara. Sebab, ada terpidana yang bisa mengganti uang yang mereka korupsi, ada yang cuma bisa mengganti sebagian. Atau menggantinya dengan hukuman kurungan.
Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan
Perbandingan nilai kasus korupsi dan hasil lelang dari barang-barang rampasan para terpidana korupsi.
Misalnya, terpidana Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2013-2018 Gatot Pudjo Nugroho total menyuap anggota DPRD Sumut sebesar Rp61,84 miliar. Gatot diminta membayar denda sebanyak Rp200 juta. Karena tak mampu, hartanya disita dan dilelang menghasilkan duit Rp3,92 juta.

Sebaliknya, lelang juga bisa menghasilkan harta yang lebih tinggi dari nilai korupsi. Lelang atas harta mantan anggota Komisi V DPR RI Budi Supriyanto yang terbukti menerima suap Rp3 miliar terkait proyek Kementerian PUPR, menghasilkan Rp4,44 miliar.

Dalam kasus korupsi yang dilanjutkan dengan pencucian uang, jumlah harta rampasan lebih besar karena uang yang dikorupsi mengembang. Misalnya, lelang harta milik Bambang Irianto, Walikota Madiun 2009-2019, menghasilkan Rp31,59 miliar. Duit suap yang ia terima, dicuci hingga menjadi Rp52,1 miliar. Harta terpidana Muhammad Sanusi, anggota DPRD DKI Jakarta yang dilelang mencapai Rp22,01 miliar.

Jufri gemar dengan lelang KPK sebab dia ingin uang negara yang dikorupsi cepat kembali ke kas negara. "Barang-barangnya juga bagus dan terpelihara sesuai kata pejabat kantor lelang," kata Jufri.

Jika anda tertarik mengikuti dan mengetahui barang apa saja yang dilelang, informasinya bisa dipantau di situs KPK. Cara daftarnya juga mudah. Tinggal buat akun di situs www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id. Lalu setor uang jaminan barang yang diincar sesuai yang ditetapkan KPK. Jangan lupa, datang dan daftar ulang ke lokasi saat lelang digelar.
Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...harta-rampasan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan

- Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan Hijab antitembam yang meraih penghargaan Kemenpora

- Mengembalikan duit negara lewat lelang harta rampasan Ancaman sanksi berat yang menanti 'singa terbang'



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di