alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemudahan Berbisnis RI Kalah Telak dari Malaysia di Sektor Ini
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd0b8bde2cf2f8698b4569/kemudahan-berbisnis-ri-kalah-telak-dari-malaysia-di-sektor-ini

Kemudahan Berbisnis RI Kalah Telak dari Malaysia di Sektor Ini

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business (EODB) berada di posisi 40 pada tahun 2019.

Agar target tersebut tidak hanya sekedar menjadi mimpi belaka, pemerintah dipandang harus melakukan beberapa upaya secara konsisten. Pasalnya, peringkat EODB Indonesia tahun ini ke urutan 73 dari yang sebelumnya di 72 dari 190 negara.

Peneliti dari INDEF Bhima Yudhistira menilai reformasi struktural yang dilakukan pemerintah masih belum konsisten.

"Kalau reform-nya serius, 5 tahun lagi bisa tercapai," kata Bhima saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Baca juga: Kemudahan Berbisnis Turun, Perbaikan Izin RI Tak Secepat Negara Lain


Menurut Bhima, peringkat kemudahan berusaha Indonesia turun karena proses perbaikan di beberapa sektor masih lamban dibandingkan negara lain.

Sektor yang pertama adalah enforcing contract. Indonesia menduduki posisi 146 atau sangat jauh dibandingkan dengan Malaysia yang berada di posisi 33.

"Aparatur penegak hukum yang mengurus sengketa bisnis harus di-upgrade kapasitas maupun jumlahnya," ujar dia.

Kemudian peringkat perdagangan antar wilayah atau trading accros border Indonesia juga ada di 116 atau jauh di bawah Malaysia yang berada di posisi 48 dan Vietnam di urutan 100.

Menurut Bhima, yang dilakukan pemerintah adalah mereformasi di internal Ditjen Bea Cukai dalam memangkas prosedur ekspor impor, ditambah penurunan biaya logistik harus di dorong.

"Sekarang jika dilihat biaya logistik Indonesia masih 25% terhadap PDB. Bagi pelaku usaha hambatan logistik ini yang perlu dipangkas. Yakni lewat pembangunan infrastruktur diperbatasan, pelabuhan transhipment dan perbaikan jalan dari pusat industri ke pelabuhan. Armada dan kapasitas kapal juga harus ditingkatkan," tambah dia.

Baca juga: Peringkat Kemudahan Berbisnis di RI Turun, Pemda Harus Dibenahi

Sektor yang selanjutnya, Indonesia kalah cepat berbenah dalam prosedur pembayaran pajak. Posisi Indonesia di 112 sementara Malaysia 72.

Bhima mengungkapkan, pengusaha dalam setahun butuh waktu 200 jam untuk comply dengan pembayaran pajak.

"Ini kan tidak beres. Kemudian urusan restitusi pajak juga masih susah di Indonesia. Akibatnya kalau prosedur pajak masih sulit wajar pengusaha pindah ke negara lain," ungkap dia.

(hek/zlf)

https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4283004/kemudahan-usaha-ri-kalah-dari-vietnam-hingga-singapura

https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4285089/kemudahan-berbisnis-ri-kalah-telak-dari-malaysia-di-sektor-ini

4 thn kerjanya cm pencitraan bagi2 sembako, sepeda dan jalan2 doank emoticon-Traveller
Halaman 1 dari 2
Klo ngomongin izin gini blumet jg ya. Partisipannya banyak, mulai dari rt/RW.lurah.camat.dst dst.
Kayanya kita harus usir semua pejabat dl ganti yg baru emoticon-Wkwkwk
kita menang disektor mana?!
Quote:
Mental 'preman' msh banyak . .
Kalo bisa bayar, knp gratis . .
Yg ga ad wewenang di sono, bisa berkuasa . . Aduh . .
Dipermudah bilang bela asing, sulit bilang rejim ga bisa kontrol

Emang oposisi dodol
Gimana itu di gotham city?
Balasan post Aeel
Quote:


bener ...emoticon-Ngakak
Makanya infrastruktur yg gak diperhatikan pemerintah yg lalu harus segera dibangun biar biaya logistik bisa turun dan akhir2nya harga akan ikut turun.
Yg bilang infrastruktur yg dibangun wiwi gak ada guna sesungguhnya dia sendiri yg hidupnya sangat tdk berguna. emoticon-Ngakak
Diubah oleh cabekriting21
Balasan post cabekriting21
Quote:


kl ada gunanya mah kemudahan usaha ga turun tong..bloon lu
Quote:


Salah satu unsur harga2 tinggi gegara infrastruktur yg kurang tol0llll.. setelah itu ada kemudahan perizinan. Begog banget sih lu emoticon-Ngakak
Balasan post cabekriting21
Quote:


bukannya infra udh jd kog harga2 ga turun? idiot lo
Balasan post cabekriting21
Quote:


Infra vietnam kalah telak dari indo

,infra lengkap percuma kalo izin ngejlimet dan lama
Quote:


Eh begogg.. emangnya kayak makan sambel bisa langsung berasa pedes. Infrastruktur baru sebagian selesai lu dah mau harga pada turun. emoticon-Ngakak
Izin opo? Brg blum nyampe uda dipalakin ama preman berseragam dan berdasi, buka usaha, Blum hasilin profit uda datang Surat "proposal" sama oknum petugas dgn dalih "cek" izin usaha
Peringkat jelek tapi Wowo malah berjanji akan "mempersulit" emoticon-Leh Uga
Quote:


Itu PR yg harus segera diselesaikan oleh Wiwi. Kalo Infra + Perizinan beres pasti index indonesia akan meningkat
Dopost emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh cabekriting21
.....
Diubah oleh cabekriting21
Balasan post cabekriting21
Quote:


Kalo gua ,mending perizinan dulu ya,
Quote:


Harusnya perijinan ikutin cara Ahok dulu. Gak ribet dan simpel. Tapi yah itu. kalo bisa dipersulit knp harus dipermudah. PR nya cukup berat nih.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di