alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd082d60e24b9c6f8b457c/telepon-trump-ke-xi-jinping-meredakan-ketegangan

Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan

Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan
Presiden AS Donald Trump mengakhiri pembicaraan di telepon di ruang kerjanya, Gedung Putih, Washington (27/8/2018).
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim telah melakukan pembicaraan dengan Tiongkok demi kesepakatan meredam perang dagang yang selama ini bergulir.

Dilaporkan oleh Bloomberg, Jumat (2/11/2018), Trump telah memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan draf kesepakatan dagang yang akan ditawarkan kepada pemerintah Tiongkok.

Dalam akun Twitter-nya, Trump menyebutkan telah berbicara panjang lewat telepon dengan pemimpin Tiongkok soal perdagangan. Dia menambahkan, diskusi tersebut berjalan baik menjelang pertemuan G-20 di Argentina pada November 2018.

Seseorang yang cukup tahu tentang pembicaraan tersebut membenarkan bahwa Trump langsung meminta para bawahannya untuk mulai merumuskan masalah potensial yang bisa dibahas dalam pertemuan antara dirinya dengan Xi Jinping setelah menelepon.

Namun sayang, orang tersebut tidak merinci apakah Trump memerintahkan pejabatnya untuk mengurangi permintaan yang ditolak oleh Beijing.

Sementara itu Xi dalam pernyataan yang dibagikan ke media pemerintah Tiongkok berharap pertemuannya dengan Trump nanti bisa membuat hubungan antara AS dengan Tiongkok ke depan lebih sehat dan tenang.

Dalam kutipan Reuters, Xi mengatakan tim perdagangan dua negara memang harus memperkuat kontak dan melakukan konsultasi atas isu yang dipermasalahkan. Mereka juga perlu mendorong rencana yang bisa diterima kedua belah pihak untuk mencapai konsensus atas isu perdagangan dua negara.

Negosiasi antara kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut terhenti ketika pemerintah AS menduga pencurian kekayaan intelektual oleh perusahaan Tiongkok dan ingin mengurangi defisit perdagangan AS dengan Tiongkok. Sedangkan pemerintahan Tiongkok sejauh ini enggan membuat keputusan dan konsesi besar.

Sebelumnya, Duta besar Tiongkok untuk AS, Cui Tiankai, mengatakan Beijing tidak punya pilihan selain menanggapi perang dagang yang dimulai oleh Washington.

"Kami tidak pernah menginginkan perang dagang, tetapi jika seseorang memulai perang melawan kami, maka kami harus menanggapi dan membela kepentingan pribadi," kata Dubes Cui kepada program Fox News Sunday.

Komentar itu datang di tengah meningkatnya ketegangan politik dan ekonomi antara kedua negara. Para tokoh dunia pun memperingatkan bahwa pertumbuhan global akan terhambat jika perselisihan tidak segera diselesaikan.

Dubes Cui juga sempat dikritik sebagai sosok yang "tidak berdasar" oleh Wakil Presiden AS Mike Pence ketika membela tudingan bahwa Tiongkok berupaya mencampuri urusan dalam negeri Washington.

Berdasarkan laporan NBC News, Xi berbicara dengan Trump atas permintaan Gedung Putih. Xi menuturkan, AS dan Tiongkok akan mencari solusi yang dapat diterima bersama untuk masalah ekonomi dan perdagangan. Dirinya berharap dapat bertemu dengan Trump di Argentina.

Meski tidak ada detail pada setiap kemajuan pembicaraan pimpinan kedua negara tersebut, bursa saham merespons positif. Indeks saham Dow Jones naik 264,98 poin ke posisi 25.380,74. Indeks saham S&P 500 bertambah 1,1 persen ke posisi 2.740.

Selain itu, indeks saham Nasdaq menguat ke posisi 7.434,06. Sebelumnya investor khawatir ancaman Trump untuk menerapkan tarif impor barang Tiongkok senilai 267 miliar dolar.

Sentimen tersebut juga membawa pengaruh bagi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Kurs rupiah ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan, Jumat, (2/11). Bahkan telah meninggalkan level Rp 15 ribu per dolar AS.

Seperti dilansir Bloomberg Index, mata uang Garuda tersebut melonjak tajam sebanyak 173 poin atau 1,14 persen. Dengan begitu berada di level Rp 14.955 per dolar AS.

Positifnya perkembangan mengenai perang dagang AS-Tiongkok bahkan membuat pelaku pasar seakan melupakan rilis data ekonomi yang kurang menggembirakan.

Kemarin (1/11), angka final untuk Nikkei Manufacturing PMI Jepang periode Oktober 2018 diumumkan sebesar 52,9, lebih rendah dari ekspektasi yang sebesar 53,1.

Kemudian, Nikkei Manufacturing PMI Korea Selatan periode Oktober 2018 diumumkan sebesar 51, lebih rendah dari capaian bulan September yang sebesar 51,3.
Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...kan-ketegangan

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan Hijab antitembam yang meraih penghargaan Kemenpora

- Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan Ancaman sanksi berat yang menanti 'singa terbang'

- Telepon Trump ke Xi Jinping meredakan ketegangan Sebagian besar sektor menghijau, IHSG ditutup menguat



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di