alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengelola Bandara Kertajati umpama telur atau ayam duluan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdcdf2c9e740477628b4567/mengelola-bandara-kertajati-umpama-telur-atau-ayam-duluan

Mengelola Bandara Kertajati umpama telur atau ayam duluan

KONTAN.CO.ID - MAJALENGKA. Usai diresmikan oleh Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) enam bulan lalu, Bandara Udara Internasional Kertajati masih belum optimal dioperasikan.
Bandara yang dikelola oleh PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) ini masih tampak sepi. Berdasarkan pantauan Kontan.co.id di lokasi sekitar pukul 12.00-17.00 para penumpang hanya terlihat beberapa saja.

Hal itu pun diakui Kepala Divisi Pengembangan Bisnis PT BIJB Agus Sugeng yang mengatakan, memang perlu usaha yang luar biasa untuk mendatangkan penumpang. Sebab, penumpang merupakan faktor utama mendatangkan para maskapai.
Asal tahu saja, hingga saat ini di Kertajati, baru ada satu maskapai untuk melayani penerbangan domestik yakni Citilink yang baru melakukan penerbangan satu kali ke Surabaya setiap harinya.
Kemudian setiap Sabtu Kertajati juga melayani penerbangan ke Jeddah, Mekkah untuk umrah. Tapi ke depan, lanjut dia, per 10 November nanti Citilink akan menambah tujuan penerbangannya ke Kualanamu, Medan dan Tanjung Karang, Semarang.
Agus pun mengumpamakan mengelola Bandara Kertajati ini seperti 'telur atau ayam duluan'. "Karena penumpang menginginkan maskapai, tapi maskapai juga mempertanyakan mana penumpangnya?," jelas dia saat di Bandara Kertajati, Jumat (2/11).
Untuk itu pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk 'memecah telur tersebut' agar bandara ini lebih ditengok oleh masyarakat. Upaya pertama, adalah menawarkan insentif terhadap para maskapai untuk membuka penerbangan lewat Bandara Kertajati.
Insentif itu seperti menggratiskan biaya operasional pada tahun pertama. "Kita Rp 0 untuk tahun pertama, ini untuk menarik maskapai ke sini" tambah Agus.
Tak hanya terhadap maskapai, insentif juga dilakukan kepada tenant yang diberikan Grace periode (penundaan pembayaran) pembayaran setelah tempatnya beroperasi.
Bahkan, pembagian penghasilan juga dikurangi agar tenant juga bisa bertumbuh. Kedua, upaya strategi bekerjasama dengan berbagai kepentingan seperti para asosiasi-asosiasi seperti Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA)
Ketiga, kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan (Ciayumajakuning) untuk menyadarkan bahwa, bandara ini bisa meningkatkan ekonomi daerah.
Keempat adalah, tentunya promosi-promosi kepada masyarakat kelewat komunitas. "Bahkan sempat juga ada pameran, agar masyarakat tahu bahwa bandara ini bagus banget," kata Agus.
Tapi ia menilai, salah satu sebab Bandara Kertajati masih sepi karena masih beroperasinya Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara di Bandung. Belum lagi akses menuju Kertajati juga masih belum efektif karena masih lewat tol Cipularang dan Cipali.
"Sementara tol Cisendawu masih belum selesai. Semoga cepat selesai agar orang-orang Bandung bisa ke sini" katanya. Tak hanya itu, akses melalui kendaraan seperti DAMRI juga sudah dikerahkan ke Kertajati.
"Sebetulnya potensi bandara ini sangat besar sekali, kita pun terus berupaya agar bandara ini bisa digunakan dan dikenal masyarakat," pungkas Agus.

http://amp.kontan.co.id/news/mengelola-bandara-kertajati-umpama-telur-atau-ayam-duluan#click=https://t.co/2ibARF3WH3

Bandara husein lebih dekat
simpel...!
Jika ada yg nanya "duluan" mana AYAM dg TELUR... Saya jawab AYAM...!

tapi jk ada yg nanya "duluan" mana TELUR dg AYAM...? Saya jawab TELUR... emoticon-Big Grin


kalau akses sudah bagus dan memadai
lama kelamaan jg ramai ni bandara
Quote:
baru citilink aja?
maskapai lain?
Bisa buat parkir pripate jet gak gan dsanah emoticon-Malu
lha dulu waktu bangun bandara alasannya apa, sekedar gengsi apa kebutuhan ........?









Quote:



masoookkk pak ekoooo ....... emoticon-Leh Uga
Balasan post lonelywolve
Quote:


Buat gantiin bandara husen di bdg, yg dianggap kekecilan...cuman ya itu tol dr bandung ke sana kan 3 jam, mirip2 sama ke cengkareng, mungkin kalo tol lgsg dr bdg ke sana dah jadi bisa pada pindah maskapai di husen
Quote:


nah ...... brarti ada 2 kemungkinan soal akses jalan, ntah gak kepikiran atau blum terealisasi ......
Balasan post asher001
Quote:


Mungkin salah satu cara buat menggalakkan penerbangan ke sana = tutup husen buat penerbangan komersial.

Balasan post InRealLife
Quote:


Susah om. Masalahnya maskapai yg ga mau landing di sana. Karena jauh dari mana2.

Kalo husein itu justru deket ke mana2. Makanya ramai.
Kalem, cuy. Jalannya lagi dikejar dibangun.
Nanti pasti ramai kalau aksesnya sudah mudah dan terjangkau.
Tunggu kabar aja dari si caper plonga-plongo maniak nampang, kapan dia mau cekrek upload.
lebih luas tapi lebih jauh, ga kayak soekarno hatta, juanda ama adisucipto
Penerbangan ke namek
Nunggu meikarta jadi
aneh juga, perencanaan sudah dimulai tahun 2000 an.

lalu data2 yang dipakai buat perencanaan itu apa ? fiktif ?
harus dipikirkan apa yang menarik dari majalengka bagi orang-orang diluar indonesia.
Balasan post temonoid
Quote:


kalau di tutup mau gak mau yg jauh pun di samperin
Tutup aja bandara hussein, sediakan akses bus bandung kertajati

emoticon-Smilie
Masalahnya jauuh cuy dr bandung ke sana.
Jauh bangett


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di