alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
MENGENAL LEMBAGA MAJELIS KEAGAMAAN 6 AGAMA DI INDONESIA
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdcdd3a98e31bbf2e8b4571/mengenal-lembaga-majelis-keagamaan-6-agama-di-indonesia

MENGENAL LEMBAGA MAJELIS KEAGAMAAN 6 AGAMA DI INDONESIA

MENGENAL LEMBAGA MAJELIS KEAGAMAAN 6 AGAMA DI INDONESIA
Indonesia menjadi negara yang majemuk, memilki berbagai macam suku, budaya, dan agama. Dari dahulu sampai sekarang kemajemukan ini seringkali menimbulkan suatu konflik, baik konflik antar suku yang sering terjadi di daerah daerah timur atau pedalaman, dan juga konflik keagamaan yang juga sedang terjadi di Ibukota beberapa waktu yang lalu. Agama tidak jarang dijadikan alat untuk suatu kepentingan sehingga kerap menimbulkan konflik dalam masyarakat. Penggunaan label agama ini banyak menimbulkan pertikaian yang memperburuk kerukunan antar umat bergama.

Adanya lembaga dan organisasi keagamaan memiliki fungsi untuk membantu meredam konflik konflik bernuansa keagamaan tersebut. Lembaga keagamaan berperan untuk meningkatkan pemahaman keagamaan. Dengan fungsinya sebagai penyalur kegiatan, pengembangan, dan pembinaan diyakini mampu membimbing anggota anggotanya untuk menumbuhkan kesadaran saling menghargai dan menghormati sehingga tercipta komunitas umat bergama yang rukun dan damai. Namun dalam kenyataanya saat ini, ada sebagian organisasi organisasi keagamaan bertindak sebaliknya, yang bukan mendinginkan konflik namun justru semakin memanaskan konflik.

Secara terminologi lembaga keagamaan adalah salah satu organisasi kemasyarakatan yang dibentuk atas dasar kesamaan baik kegiatan maupun profesi, fungsi dan agama. Sedangkan secara yuridis lembaga agama juga merupakan implementasi dari pasal 28 UUD 1945 yang menyatakan bahwa “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang undang”. Diharapkan dengan adanya lembaga keagamaan tersebut mampu menumbuhkan kesadaran umat beragama untuk saling menghargai dan menghormati berbagai macam perbedaan sehingga tercipta komunitas umat beragama yang rukun

Lembaga agama memiliki fungsi manifest sebagai pedoman hidup masyarakat, sebagai sistem nilai yang mengatur hubungan antar masyarakat, sebagai pedoman keyakinan, dan tatanan kehidupan. Sedangkan fungsi laten dari lembaga agama adalah, agama sering dijadikan landasan untuk aktivitas SARA, sebagai kedok untuk meminta bantuan diluar kepentingan agama, dan seperti apa yang sedang kita alami saat ini yaitu memasukan agama dalam politik praktis dengan mengeluarkan ayat ayat Tuhan sebagai alat legitimasi untuk mewujudkan misi politik tertentu.



Quote:




Quote:




Quote:



Quote:






Quote:





Quote:

Source: Wikipedia
Masih terpantau aman
Untung saya ateis emoticon-Cool
Saat ini di Indonesia cm mengenal lembaga majelis kecebong dan lembaga majelis kampret,,,

#Oooopppsss...

MENGENAL LEMBAGA MAJELIS KEAGAMAAN 6 AGAMA DI INDONESIA

Tujuannya masing masing semua emoticon-Turut Berduka



Gak ada pemersatu semua umat manusia emoticon-Traveller
Btw jarang ya liat pemimpin Lembaga agama itu di TV kecuali yang jadi cawapres


Quote:


Bukannya sudah ada gan....UN atau Perserikatan Bangsa Bangsa aka PBBemoticon-Big Grin
Diubah oleh lightkira2017
Kenapa tidak ada lembaga Atheis indonesia?
Atau dewan pusat atau apalah sebutannya.
Diluar, atheis itu bisa dan boleh berorganisasi.
Quote:


Komentar cerdas sejauh ini.
emoticon-Angkat Beer
skrang ada baru PA alumni 213 dan GMPF 212


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di