alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdcdc28ded770ae4d8b4567/altitude-disagree-bikin-lion-air-jatuh-ini-jawab-mekanik-pesawat

Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat

Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat

Jumat, 2 November 2018 09:31 WIB

Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat
Ilustrasi kokpit. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta -Satu kotak hitam atau Black Box milik pesawat Lion Air JT 610 telah ditemukan dan dievakuasi dari dasar laut di Tanjung Karawang, Kamis 1 November 2018. Penemuan berselang sehari setelah satu kapal di permukaan menangkap sinyal ping locater penanda lokasi black box tersebut.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menduga black box yang telah ditemukan itu flight data recorder (FDR) yang biasa ada di bagian ekor pesawat. Satu black box lain yang merekam percakapan di kokpit atau cockpit voice recorder (CVR) belum berhasil ditemukan hingga Kamis malam meski sinyalnya diduga juga telah tertangkap.
Kedua black box, kata Soerjanto, harus ditemukan untuk dapat menginvestigasi sebab jatuhnya pesawat. "Black box satunya masih kami usahakan untuk dicari," ujarnya.

Baca: Ini Catatan Pilot Sebelum Lion Air Jatuh? Simak Penjelasannya


Sebelumnya, Pesawat Lion Air dengan registrasi PK-LQP dilaporkan berstatus airspeed and altitude disagree ketika menerbangi rute Denpasar-Jakarta, Minggu malam 28 Oktober 2018. Ini adalah pesawat yang sama yang digunakan untuk menerbangi rute Jakarta-Pangkal Pinang keesokan harinya dan jatuh di Tanjung Karawang.


Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat

Petugas menunjukkan kotak hitam atau black box pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 berada dalam kotak penyimpanan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis, 1 November 2018. REUTERS/Beawiharta

Baca: Pesawat Lion Air Altitude Disagree Sebelum Jatuh, Apa Artinya?


Sumber Tempo, seorang mekanik pesawat komersial, menilai setiap kasus altitude disagree atau indikasi ketinggian terbang yang tidak akurat tergolong kritikal untuk pesawat. “Sangat berbahaya karena altitude sebagai alat ukur utama saat terbang dan related ke system yang lain di pesawatnya..,” tuturnya via aplikasi percakapan Whatsapp.


Namun sumber ini mempertanyakan sebab pesawat jatuh ke laut. Dia menduga saat tahu indikator ketinggian terbang bermasalah, sang pilot minta RTB (return to base) ke Bandara Soekarno-Hatta. Tapi yang terjadi kemudian diduga pesawat jatuh di tengah cuaca yang menurut BMKG cerah.

Baca:Black Box Lion Air Dievakuasi Diduga Bukan Suara di Kokpit


“Sepertinya pilot nggak bisa mengendalikan lagi pesawat tersebut...mungkin panik atau ada problem lain yang related to abnormal altitude indikasi di cockpit,” katanya sambil menambahkan, “Harus baca CVR & FDR black box untuk kebenaran sebab ini,” katanya.

https://metro.tempo.co/read/1142314/...t/full&view=ok




Percakapan 12 Menit Terakhir antara Lion Air JT - 610 dengan ATC
oleh:Gadi Makitan
Jumat, 2 November 2018 16:15 WIB

Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat
source: https://grafis.tempo.co/read/1445/percakapan-12-menit-terakhir-antara-lion-air-jt-610-dengan-atc?utm_source=Post&utm_medium=BacaJuga&utm_campaign=Grafis_Moerat



KNKT: Black Box Lion Air JT610 Ditemukan Dalam Keadaan Terpisah
3 November 2018

Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat

Jakarta – Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Surjanto Tjahjono mengatakan, kotak hitam dari pesawat Lion air JT 610 yang ditemukan dalam keadaan terpisah.


“Kemungkinan besar yang ditemukan adalah FDR (Flight Data Record), sementara itu kita akan terus mencari cangkangnya yang CVR (Cockpit Voice Record),” kata dia saat konferensi pers di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (1/11).

Kotak hitam yang berwarna oranye tersebut tiba di Dermaga JICT Tanjung Priok sekitar pukul 18.00 WIB.


Dia mengatakan FDR berisi data-data mengenai kecepatan terbang dan ketinggian sementara CVR berisi data percakapan pilot dengan menara pemancar, pilot dengan co-pilot, pilot dengan awak pesawat, dan pembicaraan pilot di kokpit.


Kotak hitam yang ditemukan akan segera dibawa ke laboratorium untuk dipastikan apakah itu FDR atau CVR, sekilas keduanya tidak berbeda namun FDR memiliki kabel yang lebih banyak.


Untuk mengunggah data dari FDR biasanya dibutuhkan waktu satu hingga dua minggu.


FDR akan menyimpan data 25 jam penerbangan terakhir, maka dengan FDR, pihak investigator tidak hanya dapat melihat data saat penerbangan terakhir, tetapi juga penerbangan sebelumnya.


Dia mengatakan dari suara ping yang terlacak, lokasi CVR berada tidak jauh dari tempat ditemukan FDR.


Kedua benda itu dibutuhkan untuk melengkapi investigasi terjadinya kecelakaan  pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh pada Senin (29/10).


Saat pencarian VCR, suaranya tidak terlalu jelas karena di sekitar lokasi tersebut banyak kapal, untuk itu pencarian besok hari akan diubah strategi agar VCR dapat segera ditemukan.


” ‘Ping locator’ kotak hitam dapat memancarkan sinyal selama 30 hari,” kata dia.

https://www.radartasikmalaya.com/knkt-black-box-lion-air-jt610-ditemukan-dalam-keadaan-terpisah/

Lion Air JT610 Menukik Tajam Sebelum Jatuh!! 
Inikah tanda Keanehan Sejak Take off??




Spekulasi Lion Air Jatuh, Ikatan Pilot: Mari Hargai Otoritas KNKT
Jumat, 2 November 2018 18:08 WIB

Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat
Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia, Captain Rama Noya, saat menjelaskan soal tragedi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 di Graha Dirgantara, Halim Perdana Kusuma. 2 November 2018. TEMPO/Chitra Paramaesti.

TEMPO.CO, Jakarta - Ikatan Pilot Indonesia atau IPI mengimbau agar masyarakat tidak berspekulasi terhadap kecelakaan pesawat Lion Air dan menyerahkan upaya investigasi kepada pihak yang berwenang, yaitu Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT.

Baca: Pilot Lion Air JT 610 Kelelahan? Ini Penjelasan Ikatan Pilot


"Mari kita menghargai otoritas terkait, dalam hal ini KNKT dan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, untuk dapat menyelesaikan proses investigasi yang menyeluruh dan sempurna, dan akhirnya memberikan penjelasan yang terbaik kepada masyarakat," kata Ketua Umum IPI Rama Noya dalam keterangan tertulis di Majalengka, Jumat, 2 November 2018.


Ia mengimbau agar masyarakat lebih cermat dalam mengkaji informasi, khususnya melalui media sosial. "Kepada pilot atau mantan pilot juga untuk dapat menahan diri agar tidak memberikan asumsi atau spekulasi berkaitan dengan kecelakaan JT 610/PK-LQP, yang nantinya akan mengakibatkan disinformasi yang menyesatkan proses investigasi yang menyeluruh," ujarnya.

Baca: Pesawat Lion Air yang Jatuh Disebut Sewa dari Cina?


Rama juga berharap keyakinan publik terhadap transportasi udara tidak berkurang. Sebab, secara spesifik, kata dia, moda udara adalah yang paling aman dan efisien. Menurutnya, apabila pilot menilai pesawat itu tidak layak terbang, sang pilot akan menolak untuk menerbangkan.


"Dengan tetap terbang, artinya dia yakin menurut penilaian dia itu aman," ucapnya. Selain itu, dia melanjutkan, pilot sebelum terbang mendapat laporan dari teknisi terkait dengan kondisi pesawat terkini.


"Pilot harus membubuhkan tanda tangan juga, harus yakin bahwa maintenance book sudah ditandatangani oleh teknisi. Artinya dia setuju memang pesawat itu layak untuk diterbangkan," tuturnya.
https://bisnis.tempo.co/read/1142503/spekulasi-lion-air-jatuh-ikatan-pilot-mari-hargai-otoritas-knkt/full&view=ok


--------------------------

Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat
source: https://www.flightradar24.com/multiv...-2.58,118.58/5

Altitude Disagree Bikin Lion Air Jatuh? Ini Jawab Mekanik Pesawat
The Proba-V satellite has picked up signals from thousands of aircraft. Now, Esa has used these signals to create an incredible flight map showing 15,000 separate aircraft based on 25 million positions
source: https://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-3072343/The-world-s-planes-single-image-Stunning-satellite-map-shows-15-000-aircraft-travel-planet.html



Awesome animation of flight paths above Europe


Teknologi terus berkembang, terutama teknologi komputer dan satelit. Itu kalau punya softaware flighradar24 yang bisa di download gratis di Google Play misalnya, publik bisa melihat pergerakan pesawat di seluruh dunia secara on-line (LIVE), lengkap dengan data-data dasar penerbangannya. 

Seharusnya dunia industri penerbangan dan para pemangku kepentingan keselamatan penerbangan di dunia sudah pula mulai memikirkan bahwa semua informasi data penerbangan yang selama ini tersimpan dalam kota hitam (black box), bisa langsung diakses ke satelit dan secara ''real time'' kemudian bisa pula di akses oleh publik seperti informasi yang di sharing oleh software flighradar24 itu. 

Artinya, data-data tiap pesawat komersiel yang terbang di seluruh dunia itu, isi atau informasi data dan percakapan di dalam pesawat itu bisa dipantau dan langsung bisa di upload pula sehingga nggak susah-susah harus mencari informasi dari kotak hitam itu lagi bila ada kecelakaan pesawaat di masa depan. 

Sebenarnya teknologi untuk itu sudah memungkinkan, hanya mereka saja (dunia indstri penerbangan)  atau para pemangku keamanan penerbangan sipil yang kayaknya masih enggan mengizinkannya untuk digunakan secara masal, dan terbuka untuk publik seperti informasi yang di publish oleh flightradar24 itu contohnya. 

Waktu pesawat Malaysian Airline MH370 hilang tak tentu rimbanya dulu, mereka bisa tuh memperoleh informasi foto citra satelit (sattelite image) dari pesawat itu. Maksud gua, apa nggak bisa satelit mereka merekam kejadian lalu lintas penerbangan itu seperti gambar citra satelit saat PALU terkena gempa bumi dan kejadian tanah bergerak (leukufaksi)  yang terekam jelas oleh citra satelit? 

emoticon-Sorry

Diubah oleh annisaputrie
Halaman 1 dari 2
Gw baru sadar abang ipar gw semalam ke solo naik lion...untung nya sudah sampe tujuan...emoticon-Angel
Quote:

masih enggan bisa jadi takut disalahgunakan sama yang punya niat jahat gan
Cth kalo terroris tau informasi pesawat yang ditarget bisa bahaya
Penerbangan mmg moda transportasi paling aman didunia, skaligus paling beresiko tinggi
semakin tinggi kau terbang semakin dekat kau dengan Tuhan
jadi penerbangan sebelumnya yang ke denpasar juga udah ada masalah ya.

mana nih yang kemarin ngotot ngebelain pesawatnya gak pernah ke denpasar dan gak pernah masalah. emoticon-Wakaka
padahal nomer registrasi pesawat beda sama kode penerbangan (kode tiket)

https://kumparan.com/@kumparannews/m...60251596422337
Quote:

costnya tinggi
https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-4283166/zaman-sudah-canggih-teknologi-black-box-masih-jadul
Spoiler for :


=============
“Harus baca CVR & FDR black box untuk kebenaran sebab ini,” katanya.

kepastian yg betul nunggu data ini.
Diubah oleh hamtonz
Quote:
kurang paham bahkan kagag paham sama sekali urusan ginian.
gag mau berspekulasi
nunggu hasil penyelidikan dr knkt saja
jangan banyak berasumsi ahh, tunggu hasil investigasi KNKT aja emoticon-Malu (S)
emoticon-Turut Berduka
gw jg bingung knp masih pke blackbox dr jaman dulu, hrs pke drama nyari2 dulu yg disiarkan tv tiap hari, knp gk pke gps tracker, jg knp fdr gk langsung tercatat di bandara, kloupun blackbox ketemu hrs katanya dibaca dulu yg makan waktu berbulan2, gw pikir ini konspirasi disengaja biar lama biar ada waktu untuk ngeles/mencari win2 solution
sekarang perusahaan Iridium sedang menyelesaikan konstelasi satelit komunikasi... 2018 ini mungkin akan segera selesai.. nanti info pesawat bisa diakses real-time dimanapun...
Quote:


masuk sense
Quote:


yg jelas biaya nya sangat mahal dan satelitnya khusus untuk itu juga harus di siapkan....gila apa memonitor seluruh penerbangan....butuh berapa ratus satelit?
dikira nya 1 satelit sanggup memonitor semua penerbangan....? wkwkwkwkwk.....
Balasan post baronxine
Quote:


bareng gw harusnya, mungkin satu pesawat ama gw

lion aman lah kalo baru ada musibah gini. pasti diperketat
Quote:


blackbox mencatat data sebelum jatuh atau crash dan di simpan aman...agar bisa di analisa penyebab nya....dan dapat di jadikan pelajaran di waktu mendatang....kl locator pesawat ada...radar juga ada.....tapi kl crash dan meledak juga bakal hancur locator nya..
kl masuk laut dalam sinyal nya juga kagak bisa terdeteksi...krn terserap air garam...dng kandungan logam ringan na dan mg maka sinyal radio hilang....alias tdk tembus...

pesawat dan kapal udah punya gps masing2...tapi kalau flight data nya harus langsung di transmisikan ke pusat jelas sulit...dan faktor kehilangan data lebih tinggi....ntar susah analisa nya.....
rekaman di blackbox itu cuman audio ya? kagak ada data visual?
Balasan post hamtonz
Quote:


GPS bukannya butuh sinyal untuk feed back ya ?
nah kalau jatuh di tengah samudra , sinyal apaan di pake ?
kalau HP saja punya GPS, kudu pake provider, ketika sinyal hilang GPS sama sekali tak berguna...
Balasan post obnoxiouspussy
Blackbox ada dua jenis, FDR yang merekam data penerbangan dan CVR yang merekam suara dalam kokpit.

FDR isinya angka-angka yang menunjukkan posisi pesawat (lurus, miring atau nungging), kecepatan, ketinggingan, dan sejenisnya selama penerbangan terakhir. Dari data FDR ini bisa dibuat simulasi visual bagaimana porses jatuhnya pesawat.

Saya sendiri pernah bikin animasi jatuhnya pesawat Adam Air berdasarkan FDR dan diisi dengan suara kokpit dari CVR, dan diunggah di Youtube ... ada yang memuji, ada pula yang mencaci.

Dalam kasus Lion Air ini, saya penasaran, apakah FDR memberikan data yang akurat? Karna kita tahu bahwa instumen ketinggian dan kecepatan mengalami gangguan. Jika blackbox merekam data ketinggian dan kecepatan berdasarkan instrumen error tersebut maka hasilnya engga valid yah?

Udah gitu FDR katanya terbelah pula .... Data paling valid mungkin hanya tinggal CVR ...

Terus terang, saya berharap data FDR valid karena saya penasaran dengan sistem Fly By Wire pada Boeing 737 MAX yang hanya digunakan dalam komponen spoiler ...

benakliar.online/SainsTerapan/d_lion.html
Quote:


blaxk box itu bukan ky GPS doang sifatnya dia nyatat semua data smpe siapa aja yg masuk ke ruang cock pit jg d rekam. terus kecepatan, kemiringan pesawat, percakapan yg ada d ruang cock pit, ketinggian pesawat,kecepatan, sayap kemudi dll gan.....
klo smua bs d akses dr bandara mending sekalian aja pke sistem auto pilot ky drone yg d gerakin dr darat mirip ky MRT
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di