alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Yusril Ihza: Penyebutan HTI Ormas Terlarang Bisa Berkonsekuensi Pidana
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdcca16ddd7706c788b4568/yusril-ihza-penyebutan-hti-ormas-terlarang-bisa-berkonsekuensi-pidana

Yusril Ihza: Penyebutan HTI Ormas Terlarang Bisa Berkonsekuensi Pidana

Yusril Ihza: Penyebutan HTI Ormas Terlarang Bisa Berkonsekuensi Pidana

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Yusril Ihza Mahendra menegaskan bahwa HTI bukanlah organisasi terlarang.

Menurut dia, ada konsuensi pidana bagi pihak-pihak yang menyebut HTI adalah organisasi terlarang lantaran mengarah pada pencemaran nama baik.

BACA JUGA
Wakil Ketua PWNU DKI Sebut Bendera yang Dibakar Banser Bukan Bendera Tauhid
JK: Kasus Pembakaran Bendera Tauhid Diselesaikan Secara Musyawarah
Pembakaran Bendera HTI, JK dan Ormas Islam Minta Semua Pihak Menahan Diri
"Kami imbauan semua kalangan berhati-hati mengenalan label "Organisasi Terlarang" kepada Hizbut Tahrir Indonesia, sebab label tersebut tidak terdapat pijakan hukumnya sehingga dapat mengarah kepada perbuatan fitnah atau pencemaran nama baik yang mengandung konsekuensi pidana," kata Yusril di kantornya, Kawasan Jakarta Selatan, Jumat (2/11/2018).

Menurut dia, tidak ada satu putusan pengadilan pun yang telah menyatakan paham atau ideologi khilafah yang didakwahkan penggiat HTI sebagai paham terlarang. Hingga kini, Menkumham melalui SK Nomor AHU-30.AH.01.08 hanya mencabut status badan hukum HTI, bukan kriminalisasikan pahamnya.

"Terhadap perseorangan anggota atau pengurus HTI yang ingin menjalankan kegiatan dakwah secara individu atau menggunakan perkumpulan tidak berbadan hukum, maka tetap sah dan legal di mata hukum," jelasnya.

1 of 2
Bukan PKI
Yusril menjelaskan bahwa dalam sejarah ketatanegaraan, hanya PKI yang dinyatakan sebagai organisasi terlarang berdasarkan TAP MPRS No: XXV/MPRS/1966 tentang pembubaran PKI sebagai organisasi terlarang di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan larangan menyebarkan atau mengembangkan paham atau ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme.

"Atas dasar apa mengatakan HTI adalah organisasi terlarang seperti PKI. Jadi, kami akan bersikap tegas karena tidak ada dasar hukum. Kami tunjukkan bukti-bukti hanya PKI yang dinyatakan partai terlarang," ujarnya.

Sementara itu, mantan juru bicara HTI Ismail Yusanto berharap agar supaya tidak ada lagi orang ataupun kelompok yatng mengatakan HTI sebagai organisasi terlarang.

"Setelah ini berlaku apa yang dikatakan Yusril tidak boleh lagi ada orang yang mengatakan HTI organisasi terlarang," imbuh Ismail Yusanto di lokasi.

Hizbut Tahrir Bukan Ormas Terlarang

Organisasi boleh dibubarkan .. tapi ideologi tidak akan Mati

#MenujuKebangkitanIslam
Diubah oleh failprophet
Halaman 1 dari 5
naaahhhh....permainan di mulai
makanya tahap awal sosialisasi n legalisasi "bendera" dulu.
hmmmm.....
selanjutnya......??
wong mayoritas negara Islam aja hti organisasi terlarang kok. contoh aja Maalaysia, Arab Saudi, Turki.

ngeles aja nih.
nasib sama dengan fpi yang jaman dulu dilihat sebelah mata dan sekarang jadi rebutan karena jumlah masa yang mereka punya.
Jadi nyebutnya "organisasi yang telah di cabut izinnya" kok kepanjangan ya ngek emoticon-Leh Uga
Jika Hizbut Tahrir dibubarkan di rezim ini.. Hizbut Tahrir Indonesia bisa ada lagi di pemerintahan berikutnya...

Tinggal keluarin izin Kemenkumham beres..


Jadi gampang #2019 ganti Presiden...

Gak ada lagi pembubaran Ormas Islam selesai...
He he he, uang yang main ... (lha jadi kuasa hukum ...)
Tapi satu hal yang pasti, sekalipun bukan terlarang, itu sudah mati.
Ucril pegang posisi dipihak pendukung makar ya? emoticon-Leh Uga
ya sudah bikin aja HTi jadi organisasi TERLARANG macam pki
Semangat cil, buat nylametin pbb dr jurang ambang batas, kalo eks hti semua nyoblos pbb kayaknya bisa selamat.
Ane dulu cukup kagum sama ucil, keliatan bener2 pinter,kasus2 hukum menang terus. Tapi ketika dia percaya kalo soeharto jatuh miskin sebelum meninggal dan menyebarkan hal itu ke umum ane numpang emoticon-Ngakak aja

Ana harap statement yusril ini juga menjadi acuan bagi agan agan kaskuser agar tidak lagi menyebut nyebut hti sebagai organisasi terlarang
karna di larang. ya disebut terlarang
Quote:


Apa sih yg ente harapin dari kelompok kere emoticon-Leh Uga

Kalo berduit sih udah dari dulu kota ente dikepung konvoi pria bersenjata akm.
Plus alun alun kota ente penuh dengan "pameran hasil kerajinan tangan" geng ini
Sunday, February 22, 2015
Muslimedianews.com ~ Portal Resmi Fatwa Malaysia e-fatwa.gov.my mempublikasikan mengenai kedudukan Hizbut Tahrir di Malaysia. Pada tulisan fatwa berjudul "Kedudukan Hizb Al-Tahrir Di Malaysia" dinyatakan bahwa Hizbut Tahrir tidak sesuai dengan umat Islam di negeri tersebut.
Ajaran Hizbut Tahrir juga diharamkan untuk diamalkan oleh umat Islam. Hal itu termaktub dalam surat Jawatankuasa Perundingan Hukum Syarak Negeri Pahang Bil 1/2009.
Salah seorang ustadz Aswaja Malaysia, Ustaz Abu Syafiq melalui akun jejaring sosial facebooknya turut menyebarkan fatwa tersebut. Dalam tanggapannya, Ust. Abu Syafiq mengatakan bahwa Hizbut Tahrir merupakan ajaran sesat yang tidak disadari oleh umat Islam di masa kini.
Menurutnya, HT menggunakan topeng Khilafah palsu dan mengkafirkan umat Islam, pemimpin-pemimpin Islam, serta menghalalkan bersentuhan laki-laki dan wanita ajnabiyah.
"Ajaran sesat yg tidak disedari kini adalah Hizbu Tahrir.. mereka bertopengkan secara palsu nama Khilafah tetapi dengan cara kafirkan orang2 Islam. Hizbu Tahrir kafirkan juga semua pemimpin2 Islam dan menghalalkan lelaki bersentuhan dgn wanita." , terangnya.
Ust. Abu Syafiq juga memperingatan umat Islam agar berhati-hati dengan Hizbut Tahrir karena aqidah HT mirip dengan aliran sesat Muktazilah Wahhabiyah.
"Berhati2 dengan Hizbu Tahrir..akidah mereka mirip muktazilah wahhabiyah. * Gambar Fatwa Rasmi bahawa ajaran Hizbu Tahrir ajaran bahaya dan DI HARAMKAN. Say Yes To Ahli Sunnah Say No To Hizbu Tahrir.", tulisnya. Dewan Fatwa Malaysia Haramkan Ajaran Hizbut Tahrir Home International
Dewan Fatwa Malaysia Haramkan Ajaran Hizbut Tahrir
Tarikh Keputusan:
27 Feb, 2009
Keputusan:
Mesyuarat Jawatankuasa Perundingan Hukum Syarak Negeri Pahang Bil 1/2009 yang bersidang pada 27 Februari telah membincangkan kedudukan Hizb al-Tahrir di Malaysia dan membuat keputusan bahawa Ajaran Hizb al-Tahrir ini tidak sesuai dan haram diamalkan oleh umat Islam di Negeri Pahang. “
Oleh : Ibnu L' Rabassa
Ok...
mending pedeipeh yg di bubarin, biar nastaik dan cipiter pd mingkem ga belagu
usil ingin mnjadikan hit tungganganya, emoticon-Lempar Bata
Quote:


tidak bisa......ideologi dari HTI nggak bisa diterima disini.....itu mutlak
dinegara lain udah dicap terlarang kan ? Belum cukup ? emoticon-Amazed
Balasan post khloekarmike
HT yang di tingkat internasional, gak bisa dikatakan kere gan ...
Walau di banyak negara mereka dilarang mengada (sebagai suatu organisasi), anggota/simpatisannya tersebar dimana-mana.
...
Pada kelompok mereka itu juga ada radikal-non radikal. Yang masuk ranah non radikal, biasanya tidak terlalu "cerewet" selagi situasi-kondisi di tempat mereka hidup dirasa masih sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh sistim khilafah.
Dari situ kalau kita mau merenung sejenak, kita dapat menarik benang merah yang ada. Bahwa faktor sistim yang dipakai bukan yang terpenting untuk diperhatikan. Tetapi yang patut diperhatikan adalah keberadaan manusia-manusia dengan watak/karakter tertentu pada sistim-sistim tersebut.
...
Yah, saya tidak berada di Jakarta atau Jabar untuk mengamati kehidupan sosial budayanya, tetapi kalau di Jatim, pembauran-pergaulan kiranya masih berlangsung cukup baik. Walau memang tak dapat dipungkiri proses segmentasi juga mulai berjalan seiring dengan 'njomplangnya kesenjangan dalam bidang ekonomi.
Ada mall, ada pasar tradisional ..., ada warung kopi, ada kafe ...
Ngopi dulu, ah ...
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di