alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini 5 Fakta Menarik Tentang TNI International Marathon di Mandalika Lombok
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc81b012e25783038b4582/ini-5-fakta-menarik-tentang-tni-international-marathon-di-mandalika-lombok

Ini 5 Fakta Menarik Tentang TNI International Marathon di Mandalika Lombok

Ini 5 Fakta Menarik Tentang TNI International Marathon di Mandalika Lombok
TNI International Marathon (TIM) segera digelar di kawasan wisata Kuta Mandalika, Lombok Tengah, pada Minggu (4/11) nanti.

Selain sebagai rangkaian dari kegiatan peringatan HUT TNI ke 73 tahun 2018, berikut 5 fakta tentang TIM di Mandalika Lombok, yang cukup membanggakan :

1. Marathon dengan Total Hadiah Terbesar

TNI International Marathon 2018 di Mandalika Lombok merupakan seri lomba lari marathon dengan jumlah total hadiah mencapai Rp10 Miliar.

Kapuspen TIM Mandalika yang juga Kapendam Jaya, Kolonel Inf Kristomei Sianturi menjelaskan, total hadiah mencapai Rp10 Miliar menempatkan TIM sebagai seri Marathon dengan nilai total hadiah terbesar di banding Marathon lain di Asia.

2. Melibatkan Ribuan Peserta Dalam dan Luar Negeri

TIM diperkirakan akan diikuti lebih dari 7 ribu pelari dari dalam dan luar negeri.

Para peserta berasal dar beragam kapasitas, mulai dari masyarakat umum, anggota TNI, anggota militer negara sahabat, dan juga para atlit profesional.

"Ajang TNI International Marathon menyedot begitu banyak animo para pelari, baik dari dalam dan luar negeri. Biasanya untuk capai 4 ribu peserta sudah bagus, sekarang animo sudah sampai 6-7 ibu peserta yang daftar, ini sungguh spektakuler," kata Kristomei.

Selain para pelari nasional, ajang TNI Marathon International juga menarik animo dari para pelari dunia.

Kenya saja sudah mendaftarkan 141 pelari dalam TIM ini. Begitu juga dengan negara lainnya.

3. Terbagi dalam 4 Kategori

TNI International Marathon akan terbagi dalam empat kategori. Masing-masing kategori adalah Fun Run 5 K dan 10 K, Half Marathon 21 K, dan Full Marathon 42 K.

Meski terbagi dalam empat kategori, tapi masing-masing juara di tiap kategori bakal menadapat hadiah uang tunai yang cukup besar.

4. Mendukung Promosi Wisata Lombok

TIM yang digelar Mabes TNI di kawasan wisata Mandalika Lombok, juga bakal seru. Sebab para peserta bukan saja hanya berlari, tapi sekaligus bisa menikmati keindahan panorama alam di kawasan Mandalika.

Kawasan Mandalika saat ini menjadi satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional, dan sudah beberapa kali dikunjungi Presdin Joko Widodo.

Kapendam Jaya, Kolonel Inf Kristomei Sianturi mengatakan, TIM memang digelar di Lombok untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini, selain mencari bibit-bibit atlit yang mumpuni.

"Kita ingin bangkitkan gairah pariwisata di Lombok, mendorong perekonomian warga yang sempat down, dan mencari bibit pelari yang bisa bicara di tingkat internasional," tukasnya.

Ajang TNI Marathon International memiliki keunggulan dari segi lokasi. Pasalnya, KEK Mandalika merupakan sebuah kawasan destinasi wisata yang memiliki panorama alam yang sangat indah.

Para pelari akan melintasi sejumlah rute, mulai dari tepi pantai hingga pemandangan gugusan bukit nan hijau.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohammad Faozal mengatakan, dengan digelarnya TIM ini maka promosi pariwisata Lombok, NTB akan sangat terbantu.

"Event TIM ini tentu sangat besar dampak positifnya bagi pariwisata NTB. Terutama di saat kita harus bangkit kembali setelah bencana gempa bumi," kata Faozal.

Ajang atletik internasional ini, menurut dia juga semakin meyakinkan masyarakat dunia bahwa Lombok, NTB sudah aman untuk dikunjungi.

5. Ada Donasi Untuk Korban Gempa Bumi

Bukan hanya menyehatkan, berhadiah besar, dan mendorong kebangkitan pariwisata NTB, TIM juga punya nilai-nilai sosial yang tinggi.

Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Inf Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, dalam ajang TIM Mandalika ini juga ada penggalangan dana bagi para korban gempa bumi di NTB dan Sulawesi Tengah.

"Uang pendaftaran dari peserta, sebagian akan disisihkan untuk disumbangkan kepada saudara-saudara kita, korban gempa bumi di NTB dan Sulteng," kata Rizal.

Selain itu, sepanjang pra kegiatan juga digelar sejumlah kegiatan bakti sosial termasuk layanan kesehatan gratis di sejumlah lokasi terdampak gempa bumi di Lombok.

Danrem Rizal mengatakan, TIM bisa menjadi momentum NTB untuk bangkit kembali pasca dilanda bencana gempa bumi.

SUMBER : www.kataknews.com
pengen ikutan tapi slot udah ga ada dan jauh lokasinya
next event apaan ya yg deket
Gede ni acaranya.. emoticon-Recommended Seller

Moga lancar semua dah.
Diubah oleh enopandarmawan
Hiks, ane berlari aja 1 km udah ngos-ngosan.. Padahal suka banget mau ikut..
Balasan post aero14
Boleh di next event gan. Masih ada Rinjani 100 awal taon 2019..

Bantu ramein gan. Biar Lombok bangkit lagi emoticon-Tepuk Tangan
Balasan post enopandarmawan
Siap..Amiin gan
emoticon-Sundul Up
Balasan post anuku.berdarah
Bisa ikut yg sprint kayak Zohri gan emoticon-Goyang
kejauhan tempatnya
kl deket gue ikut yg 5 km
tni pinter juga cari sponsor, hadiahnya tcoyyyy emoticon-Matabelo


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di