alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc7fd9d44f9fee798b457d/apakah-sumpah-pemuda-hanya-untuk-generasi-muda-semata

Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?


Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Selamat datang agan dan sista sekalian

emoticon-cystgemoticon-cystg

“Don't talk the talk if you can't walk the walk.”

Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?


Halo para agan n sista kaskuser sekalian. Berjumpa lagi bersama ane, kali ini ane akan kasih pendapat dari diri ane sendiri tentang makna dari

"SUMPAH PEMUDA"

emoticon-Jempolemoticon-Jempol



Spoiler for Prolog:
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?
Tetapi kali ini ane tidak akan membahas poinnya satu persatu karena terlalu mainstream dan agan sekalian pasti sudah hapal wkwkwk, tapi kali ini ane akan mencoba mendeskripsikan makna sumpah pemuda tersebut dengan berdasarkan subjeknya, yaitu

PEMUDA


Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?


Spoiler for Disclaimer:
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Mari kita bermain logika sejenak gan, kita tahu sendiri frasa "Sumpah pemuda" memiliki sebuah pengertian baik jika diteliti secara historis maupun dilihat dari katanya memang diperuntukkan bagi orang muda alias pemuda. Berarti subjek atau pelakunya adalah PEMUDA. Namun, terkadang atau barangkali ada yang bertanya-tanya seperti ini

emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Spoiler for Pemicu:
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Jawaban menurut pandangan ane adalah

IYA.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Kalau si pemuda sudah tidak lagi muda, maka ia harus meletakkan tanggung jawabnya. Mengapa demikian? Karena sumpah pemuda itu memiliki esensinya sendiri bagi kaum muda, dimana ketika seseorang masih dikatakan "pemuda" maka ia akan memikul tanggung jawab bagi masa depan bangsanya. Lalu apakah masa depan bangsa harus pemuda yang pikul ? Ya, tentu saja harus pemuda, tidak mungkin kan kita menyerahkan masa depan atau meletakkan harapan bangsa ini kepada mereka yang sudah sepuh dan tua ?

Selanjutnya akan ane jabarkan pemahaman menurut ane jadi beberapa bagian dibawah emoticon-Big Grin

Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Bagian Pertama

Spoiler for Bagian 1:
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Bagian Kedua

Spoiler for Bagian 2:
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Bagian Ketiga


Spoiler for Bagian 3:
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

"Masa depan bangsa ditentukan oleh pemuda. Mereka yang sudah tua seharusnya hanya menikmati hasilnya. Kalau yang tua masih belum menikmatinya, tanyakan saja pada para pemuda. Apakah semua pemuda sudah tergerak hatinya demi Indonesia ?"

Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?


Demikianlah pemaknaan sumpah pemuda ini versi ane emoticon-Big Grin Harapan ane semoga jangan sampai roh sumpah pemuda ini mati, ingat gan sebentar lagi 2045 adalah 100 tahun Republik kita tercinta ini, tentunya kita yang saat ini masih belia punya kesempatan untuk berkontribusi aktif bagi negara. Caranya bagaimana ? Kembali kepada kemampuan dan profesionalisme diri kita masing masing emoticon-Big Grin

Jika ada kritik dan saran, silahkan dengan bebas agan n sista tulis di kolom komentar


Spoiler for Sumber:
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?


.:: Terima Kasih ::.


emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast
Diubah oleh juliusarp
P.E.R.T.A.M.A.X
Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?


Yang jadi pertanyaan ane. Kata ente kan beban sumpah pemuda tidak lagi diemban oleh orang yg sudah berumur alias tidak muda lagi. Nah, dalam konteks ini, berapa tepatnya usia yg jadi patokan seseorang masih muda atau tidak menurut ts? Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?

Jawabnya pake makalah ya, deadline nya besok Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?
Diubah oleh royaljannisary
Quote:


eh bajigur, maling pertamax emoticon-Ngakak tidur tong emoticon-Leh Uga
Quote:


Udah ane edit noh, biar gak ngejunk Apakah Sumpah Pemuda Hanya Untuk Generasi Muda Semata ?
Quote:


Tidak ada patokan pasti bre, kalau kalau menurut WHO menyebut usia pemuda adalah 10-24 tahun. Tapi menurut draft RUU Kepemudaan, Pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. Menilik dari sisi usia maka pemuda merupakan masa terjadi perkembangan secara biologis dan psikologis. 

Jadi kesimpulannya bisa dibilang pemuda itu ada di masa dimana ia sedang kuat dan berkembang secara mental dan fisik dibarengi dengan pola pikir yang meningkat dalam usia produktifnya

:cmiiw

emoticon-Betty
Diubah oleh juliusarp
kalau pemudanya udah menikmati hasil begimane gan? emoticon-Hansip
Quote:


Artinya Utopia telah tercapai gan

emoticon-Leh Uga


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di