alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Terkikisnya Makna Sumpah Pemuda Saat Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc7ae7902cfe7f438b456a/terkikisnya-makna-sumpah-pemuda-saat-ini

Terkikisnya Makna Sumpah Pemuda Saat Ini

Terkikisnya Makna Sumpah Pemuda Saat Ini


Bagi bangsa Indonesia tanggal 28 Oktober adalah hari besar nasional dalam peringatan hari sumpah pemuda, dimana hari itu adalah hari yang sangat penting dan bersejarah ketika pada 28 oktober 1928 para pemuda Indonesia mengikrarkan sumpahnya mengaku berdarah satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu yaitu Indonesia. 90 tahun telah berlalu semangat dan nilai itupun selarang ini telah terkikis di era modern ketika manusia bisa bertindak sesuka keinginannya tanpa batas seperti dahulu, bahkan sering terlihat kebablasan. Ketika perkembangan zaman semakin maju dan modern seperti saat ini individu juga dituntut untuk selalu bersaing, termasuk juga dalam hal pendidikan. Hal itu bisa dilihat dari jumlahnya orang terpelajar di Indonesia khususnya generasi muda. Namun generasi terdidik tersebut saat ini sebagian kondisinya cukup menyayat hati jika saya melihatnya.

Kondisi yang saya maksud menyayat hati ini adalah sudah hilangnya semangat untuk bersatu dalam satu kesatuan bangsa Indonesia. Bisa saya berikan gambaran yang terjadi saat ini, banyaknya aksi tawuran yang dilakukan oleh pemuda khususnya para pelajar yang masih duduk di bangku SMP/SMA. Sedangkan yang mahasiswanya sering sekali bertindak rusuh dalam aksi demo atau menyampaikam aspirasinya, alih-alih berjuang demi rakyat, demi bangsa dan tanah air malah nyatanya sering bertingkah anarkis. Selain itu ketika teknologi semakin maju banyak generasi muda yang bermalas-malasan sambil melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat, contohnya saja main game, keluyuran, begadang hingga yang menghawatirkan mabuk-mabukan. Dan terakhir adalah menyoal tentang bahasa sebagai sarana komunikasi, seperti yang kita tahu bahwa dahulu kala para pemuda berikrar untuk bersatu dengan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia namun sekarang para pemuda berkomunikasi dengan bahasa yang dikenal dengan bahasa "gaul". Kadang juga pemuda menggunakan bahasa campuran antara bahasa Indonesia dengan bahasa asing. Itulah yang sangat mengkhawatirkan bisa-bisa 10 tahun lagi orang tidak akan mengenal lagi Bahasa Indonesia.


Terkikisnya Makna Sumpah Pemuda Saat Ini

Untuk itu, sebaiknya para generasi muda Indonesia saat ini mengartikan semangat sumpah pemuda jadi lebih bijak lagi. Artinya para pemuda harus menghargai dan meneruskan atau mewujudkan cita cita mulia pejuang yang dahulu berjuang demi Indinesia ini dengan berkontribusi positif untuk kesatuan Indonesia dan menjadikan Indonesia yang bermartabat dan maju. Banyak juga yng bisa dilakukan oleh pemuda saat ini. Sebagai contoh saja bagi seorang mahasiswa/pelajar, dimana seorang mahasiswa tentu adalah seorang yang intelektual dan berpendidikan lebih tinggi, berbagai macam aktivitas bisa dilakoni seperti aktif dalam kegiatan-kegiatan kampus seperti PKM, Mapala, aktif di organisasi yang memberikan dampak positif dan masyarakat aecara umum pun juga bisa mengembangkan potensi diri sendiri dengan meningkatkan soft skill yang nantinya dapat berguna dimasa mendatang.

Terkikisnya Makna Sumpah Pemuda Saat Ini

Bagi pemuda yang tidak melanjutkan jejang pendidikan ke universitas dan tinggal didesa juga bisa turun secara aktif untuk memajukan potensi dirinya, seperti mengikuti kegiatan karang taruna, PNPM dan kegiatan desa lainnya sehingga selain bermanfaat baik bagi diri sendiri juga buat masyarakat lainnya.

Keinginan dan Cita-Cita luhur dari adanya hari sumpah pemuda yang diperingati tidak hanya sifatnya seremonial saja, tetapi memberi nilai positif dan berkualitas bagi pemuda untuk membangun bangsa dan negara, tetap semangat dan terus berkarya.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh rukopedia
Post #1 diamankan emoticon-Cool
Post #3 diamankan emoticon-Traveller


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di