alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Hoaks Ada Sebelum Zaman Nabi, Ini 5 Alasannya Menurut Ulama
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc6c2398e31ba62d8b4568/hoaks-ada-sebelum-zaman-nabi-ini-5-alasannya-menurut-ulama

Hoaks Ada Sebelum Zaman Nabi, Ini 5 Alasannya Menurut Ulama

Hoaks Ada Sebelum Zaman Nabi, Ini 5 Alasannya Menurut Ulama

Dream - Belakangan, hoaks menjadi bahan yang ramai dibicarakan. Keberadaan hoaks atau berita bohong dan palsu dianggap telah sampai pada titik meresahkan.

Merebaknya hoaks sudah menjadi fenomena sosial tersendiri. Banyak orang yang termakan isu hoaks, padahal mereka memiliki latar belakang pendidikan yang memadai.

Hoaks sebenarnya sudah ada sejak lama. Bahkan sebelum datangnya Islam dan tidak surut hingga saat ini.

Ulama sampai memberikan perhatian khusus terkait kabar hoaks. Sampai-sampai, mereka membuat tulisan khusus terkait hoaks dalam sejumlah karyanya.

Dikutip dari NU Online, salah satunya adalah Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki dalam karyanya yang berjudul Al Manhalul Lathif fi Ushulil Haditsis Syarif. Sayyid Al Maliki mengenali ada lima alasan seseorang membuat dan menyebarkan hoaks.

Alasan pertama yaitu mempertahankan kepentingan pribadi dan golongannya, yang disebut oleh Sayyid Al Maliki dengan istilah 'al intishar lil mazhab'. Contoh yang dikemukakan adalah hadis-hadis palsu yang dibuat kelompok Syiah Rafidhah untuk melegitimasi gerakan politik mereka.

Jika dilihat dalam konteks saat ini, bisa saja hoaks dibuat untuk meningkatkan elektabilitas calon maupun partai. Bisa juga sekadar membela partai politik tertentu.

Jilat Kekuasaan Sampai Bela Pendapat Salah

Alasan kedua, sebagai upaya mendekati pejabat tertentu. Sayyid Al Maliki menyebutnya dengan istilah 'thalabut taqarrub ilal muluk wal umara'.

Alasan ini bisa dipakai oleh mereka yang mendukung pihak tertentu dengan tujuan mendapatkan posisi tertentu. Si penyebar hoaks bertujuan bisa dekat dengan pejabat agar jika terpilih bisa menduduki sebuah jabatan.

Alasan ketiga yaitu mencari rezeki atau istilahnya 'thalabul kasbi wal irtizaq bil wadh'i'. Alasan ini paling mudah ditemukan.

Alasan keempat, membela sebuah pendapat meskipun sebenarnya salah. Istilahnya, 'al intisar ilal futya 'indal khata' fiha'. Alasan ini banyak kita temukan di masyarakat.

Sedangkan alasan kelima, demi menarik simpati orang untuk mengerjakan perbuatan baik, 'talabul targhibin nas fi af'alil khair'. Contohnya, menceritakan kisah hoaks kepada anak agar semangat menjalankan perintah agama.

Kelima alasan ini mudah kita temukan tidak hanya di dunia maya, melainkan juga di dunia nyata.

sumber
Halaman 1 dari 5
Hanya baginda nabi yang gak pernah hoaks emoticon-Cool
Ah yg bener ? emoticon-Big Grin
Kirain mau klaim sebagai pencipta hoax
dari jaman pithecanthropus erectus gan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Balasan post billy.moon
Quote:



haiyaaa ciilaaka wuuthuutt waaa



5 Al Buraq HOAX yg adee Al Boeing waaa



Quote:


Lupa sama bulan yg pernah terbelah?? emoticon-Big Grin
Balasan post billy.moon
Quote:


gw tambahin...

hoax yg di plagiat



mythology "innana descent to underworld"


konsep dewa yg mati dan bangkit ada di byk berbagai kebudayaan dunia kuno,di ugarit ada baal,di yunani,ada salah satu versi mitologi dionysus dengan konsep yg mirip,di mesir ada osiris,dan di mesopotamia ada innana,kali ini dalam mitologi "innana turun ke dunia akhirat".

"innana turun ke dunia akhirat"adalah mitologi utama innana,memiliki dua versi,versi sumeria dan akkadia dengan sedikit perbedaan detail,versi sumeria hampir 3x lbh panjang dr pada versi akkadia.

"innana turun kedunia akhirat"(versi sumeria):

dalam mitologi sumeria,akhirat disebut dengan kur,yg digambarkan gelap dan jauh dibawah tanah,diperintah oleh ereshkigal,saudari innana.innana mengunjungi kur,dengan alasan ingin mengunjungi gugalanna,suami ereshkigal

sebelum berangkat,innana sdh bersiaga utk kemungkinan terburuk,oleh krn itu ia menitipkan pesan kepada ninshubur agar meminta tolong kepada Enlil, Nanna, Anu, dan Enki apabila ia tidak kembali dari dunia akhirat/kur dalam waktu 3 hari,hukum di kur,semua yg masuk kesana tidak boleh keluar,kecuali sipembawa pesan,dalam hal ini ninshubur.

innana saat mengunjungi kur,menggenakan 2 kalung,cincin emas,turban,lapiz lazuli,wig,pakaian kain,total berjumlah 7 mcm brg.setiap barang adalah sumber kekuatan innana,dan ini menimbulkan kecurigaan ereshkigal.

7 mcm perlengkapan yg dikenakan innana ini satu persatu,termasuk bajunya,dilucuti sebagai syarat melalui tiap 1 pintu gerbang kur,yg diserahkan kepada setiap penjaga gerbang kur yg berjumlah 7(surga dan akhirat sumeria berjumlah masing masing 7),sehingga ketika innana mencapai tingkat tertinggi kur,ia telah telanjang dan kehilangan kekuatannya dihadapan ereshkigal.innana dengan arogansinya berselisih dengan ereshkigal,disini jg disebutkan adanya 7 hakim kur,yg disebut annunaki,memutuskan hukuman utk innana,yaitu kematian.vonis annunaki membunuh innana dalam sekejap,dan mayatnya digantung menggunakan kaitan(hook)

They shouted at her(innana) – it was the shout of heavy guilt. The afflicted woman(innana) was turned into a corpse. And the corpse was hung on a hook.

3 hari berlalu,
sesuai pesan innana,maka ninshubur meminta bantuan Enlil, Nanna, Anu, dan Enki.tiga nama pertama menolak,dan seperti biasa,hanya dewa yg selalu digambarkan plg baik,dewa enki,yg mau membantu.enki menciptakan 2 makhluk tidak berkelamin,yaitu gala-tura dan kur-jara dari kotoran kuku para dewa.enki memerintahkan gala tura dan kur jara utk menghadap ereshkigal utk meminta mayat innana,dan setelah mayat innana berhasil diraih,berikan air dan makanan kehidupan sehingga hiduplah innana kembali.meski demikian galla,iblis bawahan ereshkigal mengikuti innana keluar dari kur,galla meminta syarat harus ada salah satu dewa yg masuk ke kur menggantikan posisi innana di kur.pertama galla menginginkan ninshubur,tapi innana menolak krn menganggap ninshubur adalah bawahannya yg setia dan berduka utk nya,kemudian galla menginginkan shara,tukang rias innana,namun jg ditolak innana krn shara jg berduka utk nya.kemudian terlihatlah dumuzid,suami innana sekaligus dewa pengembala domba,yg justru tidak berduka,berpakaian bagus dan bersenang senang dengan budak wanita nya.innana dengan ikhlas meminta galla menyeret suaminya ke kur.awalnya dumuzid nyaris lolos ,namun berkat bantuan utu,dewa matahari saudari innana,galla berhasil menyeret dumuzid ke kur.namun geshtianna,saudari dumuzid yg menyayanginya,memohon agar ia saja yg menggantikan posisi dumuzid,maka ditetapkan dumuzid dan geshtianna berbagi waktu di kur masing masing selama 6 bulan.

*mitologi innana turun kedunia akhirat bukan hny menawarkan tuhan yg bangkit dari kematian,namun formula struktur yg lbh kompleks,yaitu kematian di[gunung golgota/kur(kur bisa jg berarti gunung,tanah,tanah asing ,menurut samuel noah kramer,ahli penerjemah sumeria)] dan bangkit dalam tiga hari,pakaian/atribut yg dilucuti dalam proses sebelum mati dan dibagi bagi(mazmur 22:19 dan yohanes 19:23-24 menyebut pakaian yesus dilucuti dan dibagi bagi menjadi 4,+1 jubah yg diundi),firasat/persiapan sebelum kematian(berdoa ditaman getsemani?) namun tetap menjalaninya,dan jg ending kematian yg digantung[salib/hook],dan jg ,pembaca bisa merasakan konsep : dewa/tuhan yg menggantikan posisi[menebus dosa manusia/dewa lain yaitu dumuzid,dewa penggembala domba,dan geshtianna yg menggantikan posisi innana] yg seharusnya ditanggung [manusia/innana] yg terbebas dr [kematian/kur],dan pada akhirnya tradisi para perempuan mesopotamia menangisi dumuzid/tammuz seperti maria dan para perempuan koleganya menangisi yesus dalam kisah yesus.

“brought me to the entrance of the north gate of the house of the LORD, and I saw women sitting there, mourning the god Tammuz” (Ezekiel 8:14)

-firasat kematian,namun tetap menjalaninya

-pengadilan,innana diadili oleh annunaki sebagai 7 hakim di dunia bawah tanah stlh melewati 7 gerbang akhirat,yesus memiliki kisha pengadilan ponsius pilatus

-mati digantung di kur(kur memiliki dua arti..gunung dan dunia akhirat),smeentara gunung golgota berarti gunung tengkorak yg jg memiliki kedua elemen tersebut(gunung dan akhirat)

-sebelum mati dilucuti pakaiannya

-mati 3 hari dan bangkit

-motif mati /kedunia akhirat utk menggantikan,yesus menebus dosa manusia,tammuz/dumuzid utk menggantikan innana dan jg saudari tammuz yg menggantikannya ke dunia akhirat

-memilih siapa yg menjalani hukuman,dipengadilan ponsius pilatus,rabi yahudi memilih barnabas dibebaskan sementara yesus dihukum,innana memilih penata rias nya jgn dihukum,tp memilih tammuz lah yg dihukum

-pada akhirnya maria dan koleganya menangisi yesus,seperti tamuz yg ditangisi inanna(dalam mitologi) dan tradisi perempuan mesopotamia yg menangisi tamuz/dumuzid



https://m.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

emoticon-Peace
Masyaallah emoticon-Ngakak
Balasan post billy.moon
Quote:


tambahin lagi

sudah ditakdirkan dari mimpi bahwa harus nikah sama sweet daughter umur 9 tahun.

tetiba turun aturan ketika ngeliat kemolekan tubuh bini anak angkat, seketika itu, anak angkat langsung autobudak autocerai.
asu-b-anal-wloh wan! emoticon-Ketupat

sumber hoax dari gua hira atau kubus hitam ana masih bisa belum mengerti emoticon-Mewek

dan penghasil hoax ya dari kaum nganu mulu maklum taqqiya aja dibolehkan kok. tuhannya mo-mad saw aja suka menipu
Dari zaman peradaban goa2 juga udah ada kali hoax emoticon-Ngakak
Quote:


Kencing onta, jus lalat, makanan yang bergembira ketika dimakan, kencing mesti jongkok, paha kambing beracun bisa ngomong walaupun telat, penggarongan berkedok perang, usus kafir ada 7 dll (Dan lupa lagi) emoticon-Ultah



Ah elu ngerjain gua aja emoticon-Traveller
Mauk gimana lagi berbohong demi kebaikan dan fitnah lebih kejam daripada pembunuhan emoticon-Cool
Quote:




Karena agan seperti nya cukup terkenal pengetahuan sejarah teologi timur tengah nya di kalangan kaukaser.

Mau nanya.

Bagaimana klo realitas tindak tanduk penyebaran agama agama ini yang mengklaim agama damai.


Tapi bicara mengenai penyebaran khusus nya islam
Apakah kaum quraisy itu sejelek jelek nya kaum karena hadist memang menjelek jelek an parah sekali, apakah ada catatan sejarah dari Romawi atau Mesir dll yg sebenarnya mencatat kehidupan kaum quraisy sebenarnya sebelum ddiprangi muḥammad. Lalu memang sejelek apa kaum quraisy tersebut dibandingkan kelakuan umat islam pun jauh lbh bengis, keturunan yg diklaim nabi nya banyak mati mengenaskan, serta penyebaran islam yg penuh konflik dan darah seperti genosida hindukush

Apakah peristiwa hindukush itu benar adanya ?
Termasuk pembantaian dan pengusiran kepada kaum Hindu, Buddhist dan penghancuran Nalanda saat islam berhasil menguasai India atau Iran ?

Apakah kaum quraisy pada kalah itu sebenarnya bangsa yg intoleran atau muḥammad sendiri yang cari gara gara memerangi mereka ?


Karena agan bawa bawa yesus juga.
Apakah channel History ini dapat terpercaya dgn
isi content dalam nya apakah sesuai dengan kenyataan historis terbaru. Apakah kira kira hanya buatan orang orang ataupun arkeologis gk jelas yg bermaksud menjelekkan agama k saja dgn hipotesis atau spekulasi tidak ada rekam jejak nya .

https://m.youtube.com/watch?v=TY1_sYnr0gE
Diubah oleh YogSothoth
Balasan post YogSothoth
Quote:


1.quriash jelek menurut lawannya tentu wajar..tp toh kalau melihat dr kacamata org netral justru sebenarnya pihak muhammad lah yg rada salah

-quraish cukup toleran menjadikan kabbah sebagai pantheon,berbagai dewa (360 pagan idol menurut islam) disembah disana oleh pemeluknya tanpa saling kafir2in,sebuah tingkat toleransi yg tinggi dimana kalau dibandingkan dengan umat samawi skrg harusnya umat samawi malu ngrbandingkan nilai toleransi dengan quraish

-quraish tuhannya di hina hina ,kabbah nya mau diambil alih,jelas wajar marah dan melawan,ya toh?

2.peristiwa hindukush,nalanda,tipu sultan,dan berbagai invasi agama islam dan dakwah berdarah mereka benar adanya..bukan hny pihak hindu yg mengklaim demikian,tp jg cerita yg sama diceritakan oleh kaum sikh india,dan agama lain disana.bukti2 kehancuran kuil2 india atas serbuan pasukan muslim jg sangat byk

3.history channel mah sampah gan,sdh terkenal diseluruh dunia kalau bikin dokumenter apalagi terkait teori2 alien,agama atau arkeologi hny narasi cari sensasi dibungkus history,jauh kelasnya dibawah natgeo bahkan discovery channel sekalipun emoticon-Ngakak

btw tp mengenai konstantin berpengaruh kuat terhadap pengembangan agama kristen emang benar adanya ..bakal panjang sih kalau mau saya tulis semua,tp ambil intinya saja,edict of milan dan konstantin menjadi donator membiayai percetakan/perbanyak alkitab,disaat ini lah byk injil2(yg tidak berkenan dimata orang2 kristen yg dibekingin konstantin) yg pelan2 musnah(akibat ga didanai duplikasinya) sehingga hny tersisa 4 injil kanonik yg kristen pakai skrg.nah metode jelas menetukan 4 injil tersebut valid dan sisanya gnostik apa? sayangnya ga ada,atau kita tidak pernah tau sampai skrg,mngkn hny suka2 subyektif yg milih ajaemoticon-Ngakak
Diubah oleh beritafilistin
Tokoh hoax terhebat sepanjang masa "Sibuta huruf dari goa Hira"

emoticon-2 Jempol
Balasan post beritafilistin
Quote:


Dari segi toleransi beragama boleh-kah kita mengatakan bhw org2 quraish pd masa itu lebih baik ketimbang negara2 islam skrg ? murtad mesti sembunyi2, mengkritik agama nyawa bisa melayang. Seandainy di arab saudi ada org yg berani menghina agama islam scr terang2an sama spt yg dilakukan oleh Muhammad ketika menghina kepercayaan org2 quraish kira2 apa yg bakal tjd ?
Balasan post tristan99
Quote:


sudah pasti,bahkan bisa dibilang scr umum polytheis dengan pantheonnya adalah bukti nyata bahwa polyhtheis lbh toleran dibanding monotheis,monotheis mana mau ada patung tuhan/dewa lain disandingkan disebelah tuhannya diletakin di rumah ibadahnya.

aturan islam tuh kek gini : "agamaku untukku,agamamu ikut aturan agamaku"
Quote:


Justru ajaran nabimu itu hoax yang sesungguhnya. Sedusta-dustanya hoax.


Owllohmu barbar...
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di