alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc6be3582b2ee8698b4578/pbb-desak-amerika-serikat-hentikan-embargo-ekonomi-terhadap-kuba

PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba

PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba

PBB, IDN Times - Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada hari Kamis (01/11/2018) menyetujui resolusi tahunan ke 27 yang meminta kepada Pemerintah Amerika Serikat untuk menghentikan embargonya terhadap Kuba.

Setelah kurang lebih 50 tahun embargo ekonomi yang diberikan Amerika Serikat kepada Kuba berjalan, PBB melihat bahwa sudah saatnya AS menghentikan tindakan tersebut meskipun hubungan kedua negara semakin memburuk, seperti yang dilansir dari Reuters.


1. Mencoba menghentikan sanksi berat AS kepada Kuba
PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba
Pemerintah Amerika Serikat menetapkan sanksi berat kepada Kuba berupa embargo ekonomi pada tahun 1960 ketika Fidel Castro berhasil mengambil alih kekuasaan di Kuba. Upaya yang berumur 58 tahun ini terus mencoba melemahkan ekonomi Kuba tetapi sampai sekarang tidak pernah berhasil dan dianggap sebagai pelanggaran kode etik serta peraturan PBB.

Dikutip dari The Washington Post, hampir dari seluruh anggota PBB memilih "iya" karena menganggap sudah cukup lama Amerika Serikat mengisolasi Kuba dengan embargo ekonomi dan saatnya bagi Kuba untuk bebas.

Selama pengambilan suara untuk menyetujui resolusi tahunan ke-27 PBB tersebut, 189 negara memilih "iya", Israel dan Amerika Serikat memilih "tidak", sedangkan Ukraina dan Moldova tidak memberikan suaranya.


2. Kedua negara saling menuduh pelanggaran HAM
PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba
Baik Pemerintah Amerika Serikat maupun Kuba selalu melontarkan penuduhan pelanggaran HAM yang dilakukan kedua negara.

Amerika Serikat melihat Kuba sebagai negara yang gagal memperbaiki catatan HAM mereka dan meminta Kuba untuk serius menghadapi permasalahan tersebut, seperti kebebasan berpolitik, menyampaikan pendapat, ekonomi, informasi, dan lain-lain.

Kemudian Kuba melalui Menteri Luar Negerinya, Bruno Rondrigez, menepis pernyataan AS dan meminta mereka untuk mengaca sebelum dapat mengkritik catatan HAM yang dimiliki Kuba, karena menurutnya AS masih kurang "otoritas moral" untuk mengkritik catatan HAM negara-negara di dunia, dilansir dari Reuters.


3. Hubungan AS-Kuba semakin memburuk
PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba
Meskipun kedua negara pernah mencairkan kebekuan diplomatik yang terjadi pada masa Administrasi Presiden Obama, hal itu sekarang mulai jauh ditinggalkan setelah Presiden Trump menjabat pada Januari 2017.

Semua usaha perdamaian yang dilakukan Obama sejak tahun 2016 hancur berkeping-keping ketika Trump memulai kembali karakter Perang Dingin AS terhadap Kuba. Presiden Trump mengaktifkan peraturan pengetatan perdagangan dan pelarangan perjalanan yang sebelumnya dihentikan sementara oleh Presiden Obama.

Tindakan yang dingin dan acuh tak acuh membuat hubungan kedua negara yang pernah hampir mencapai titik terang sekarang mulai kembali ke titik gelap.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba Turki Amerika Serikat Mulai Patroli Bersama di Suriah Ada Apa

- PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba Trump Kirim 5 200 Pasukan ke Perbatasan Meksiko

- PBB Desak Amerika Serikat Hentikan Embargo Ekonomi Terhadap Kuba Benda yang Diduga Peledak Ditemukan di Rumah Obama dan Hillary Clinton



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di