alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Yuk Sadari Pentingnya Menghargai Keragaman di Dunia Kerja!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc25b51a997550248b4567/yuk-sadari-pentingnya-menghargai-keragaman-di-dunia-kerja

Yuk Sadari Pentingnya Menghargai Keragaman di Dunia Kerja!

Sebagai makhluk sosial, tentu saja kita selalu dihadapkan dengan beragam jenis karakter kepribadian, latar belakang budaya, cara bergaul sampai pada pola pikir yang bervariasi. Tentu saja keragaman ini juga akan kita temui di dunia kerja. Tidak sedikit konflik yang dapat timbul jika kita kurang menyadari pentingnya saling menghargai berbagai perbedaan yang ada di lingkungan kerja. Namun sebaliknya, jika setiap individu menyadari pentingnya perbedaan tersebut, maka hal ini justru menjadi kekuatan yang saling melengkapi dan mampu menciptakan situasi yang harmonis di lingkungan kerja kita lho! Lalu apa sih sebenarnya yang perlu kita pahami untuk dapat saling menghargai perbedaan tersebut? Perkasa Partner, yuk simak beberapa poin di bawah ini!

Demografis
Hal yang mendasar dalam pebedaan karakteristik biasanya dikaitkan dengan keragaman demografis, antara lain gender, usia, ras, etnis dan kemampuan fisik. Menurut Schermerhorn, Hunt, dan Osborn (2004), gender tidak menentukan perbedaan yang konsisten dalam beberapa kemampuan seperti pemecahan masalah, analisa, motivasi, kemampuan belajar, sosialisasi dan masih banyak lagi. Sementara, jika dibandingkan dengan laki-laki, biasanya perempuan dikaitkan dengan tidak terlalu mengejar jenjang karir dan kepatuhan yang lebih tinggi, tetapi laki-laki biasanya cenderung memiliki tingkat kehadiran tinggi di kantor, serta penghasilan yang lebih banyak. Terkait usia, terdapat stereotype bahwa semakin tua usia, maka semakin berpengalaman dan cenderung lebih loyal pada perusahaan. Ras dan etnis dapat berpengaruh pada gaya komunikasi maupun karakter diri seseorang. Kemudian, terkait dengan kemampuan fisik, saat ini telah banyak perusahaan yang terbuka dan memberi kesempatan bagi para individu dengan kebutuhan khusus untuk bekerja dan berkarya sesuai dengan kemampuan diri dan kesesuaian jenis pekerjaan.

Bakat dan Kemampuan

Setiap individu memiliki kapasitas yang beragam untuk melakukan berbagai tugas yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu. Maka dari itu, biasanya perusahaan akan melakukan seleksi, salah satunya adalah untuk mengetahui bakat dan kemampuan calon pegawai untuk memenuhi kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan.

Kepribadian
Kepribadian adalah kombinasi karakteristik yang meliputi sifat unik seseorang ketika orang itu bereaksi dan berinteraksi dengan orang lain. Kepribadian menggabungkan sejumlah karakteristik fisik dan mental yang mencerminkan penampilan seseorang, cara berpikir, bertindak, dan merasa. Banyak hal yang dapat memengaruhi kepribadian seseorang, diantaranya ialah, nilai dan norma budaya, serta faktor situasional di lingkungan.

Gaya Pemecahan Masalah/Problem Solving Style
Gaya pemecahan masalah seseorang seringkali dipengaruhi oleh cara individu tersebut menangkap, mengumpulkan dan mengelola informasi. Maka dari itu, gaya pemecahan masalah dapat dibedakan menjadi, pemecahan masalah menggunakan sensasi, intuisi, perasaan dan pemikiran.

 Nah, dari uraian di atas, keragaman tenaga kerja dapat diartikan sebagai kehadiran karakteristik individu yang membuat orang berbeda satu sama lain. Tantangan dari keragaman ini ialah cara untuk menghormati perspektif dan kontribusi individu dalam mencapai visi dan identitas organisasi bersama. Kami sendiri di SMS Perkasa, menjunjung tinggi keragaman di lingkungan kerja. Segenap tim SMS Perkasa berusaha menerapkan keragaman tersebut terbentuk menjadi karakter dasar individu dan perusahaan, dan menjadikan arahan bersama untuk kami senantiasa mencapai visi dan misi perusahaan. Brave, Responsible, Agile, Virtuous, dan Cutting-Edge, yang kemudian dikenal dengan BRAVE. Selalu junjung tinggi sikap saling menghargai keragaman di sekitar kita ya Perkasa Partner ! Like wisdom people always said, In diversity there is beauty and strength.

Reference:
 Schermerhorn, Hunt, and Osborn (2004). Published by John Wiley & Sons, Inc.
[hr]

Originally published at blog.smsperkasa.com on October 31, 2018.

Subscribe untuk mendapatkan informasi dan temukan perspektif tentang industri besi baja dan banyak hal menarik lainnya pada blog kami. Kami menulis terkait tentang:
  • Ulasan terkini tentang industri besi
  • Perkembangan tim dna profesionalitas kerja yang kami terapkan
  • Bisnis dan industri besi baja


Jangan ragu untuk mempelajari kami lebih lanjut dengan unjungi website kami di https://www.smsperkasa.com dan email kami di sales@smsperkasa.

emoticon-Malu


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di