alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Saat dari Bali, Pilot Lion Air jt610 Juga Sempat Minta RTB dg kode 'pan-pan'
3.4 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc1636947868483a8b4568/saat-dari-bali-pilot-lion-air-jt610-juga-sempat-minta-rtb-dg-kode-pan-pan

Saat dari Bali, Pilot Lion Air jt610 Juga Sempat Minta RTB dg kode 'pan-pan'

Saat dari Bali, Pilot Lion Air jt610 Juga Sempat Minta RTB dg kode 'pan-pan'




Pilot pesawat Lion Air jenis Boeing 737 MAX rute Bali-Jakarta sempat menyampaikan permintaan return to base (RTB) karena adanya masalah teknis, beberapa jam sebelum pesawat yang sama jatuh di Perairan Karawang.

Hal tersebut diungkapkan kepala otoritas bandara wilayah Bali-Nusa Tenggara, Herson, saat dihubungi kemarin.

Menurut Herson, tak lama setelah menyampaikan permintaan RTB, pilot tersebut kemudian menyampaikan lagi bahwa pesawat sudah berjalan normal dan sang pilot tidak akan kembali ke bandara Ngurah Rai sebagaimana permintaan dia sebelumnya.

Permintaan RTB tersebut, katanya, disampaikan sang pilot beberapa menit setelah lepas-landas dari Ngurah Rai, namun masalahnya teratasi dan memutuskan untuk meneruskan perjalanan ke Cengkareng.

Pesawat yang sama inilah, beberapa jam kemudian, yang jatuh dan menewaskan 189 orang penumpang dan krunya.

"Sang kapten sendiri cukup percaya diri untuk terbang dari Denpasar ke Jakarta," kata Herson.

Penerbangan Denpasar-Jakarta mendarat di Cengkareng Pukul 10:55 malam, hari Minggu (28/10/2018).

Tidak sampai 8 jam kemudian, jet Boeing 737 MAX ini lepas-landas dari Cengkareng Pukul 6:20 pagi dengan tujuan Pangkal Pinang. Diketahui bahwa hanya 13 menit kemudian pesawat itu pun jatuh ke laut.

Sesaat sebelum kecelakaan itu, pilot pesawat ini menyampaikan permintaan RTB menyebut adanya masalah teknis.

Seorang juru bicara Lion Air menolak berkomentar saat ditanya mengenai permintaan RTB pada penerbangan sebelumnya. Dia berdalih masalah ini sedang diselidiki pihak berwenang.

Dirut Lion Air Group Edward Sirait awal pekan ini mengakui adanya masalah teknis pada penerbangan Denpasar-Jakarta tetapi dia menyatakan masalah tersebut telah diselesaikan "sesuai prosedur".

Kecelakaan itu merupakan bencana penerbangan terburuk di Indonesia lebih dari dua dekade.

Kini timbul kekhawatiran baru mengenai keselamatan industri penerbangan di negara yang belum lama dicoret dari daftar hitam Uni Eropa dan AS.



Investigasi berlanjut

Pihak berwenang menyatakan bahwa unit memori penerbangan yang ditemukan kemarin menyimpan data penting tentang penyebab kecelakaan itu.

Para penyelam Marinir TNI AL kemarin menemukan Crash Survivable Memory Unit pesawat itu. Ini menjadi perkembangan penting dalam investigasi penyebab jatuhnya pesawat yang baru berumur dua bulan.

Penyidik Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) Ony Soeryo Wibowo kepada media menjelaskan bahwa unit tersebut belum ditemukan seluruhnya.

Namun, dia mengatakan bahwa unit yang berhasil diangkat dari dasar laut tersebut terkait dengan perekam data penerbangan atau perekam suara kokpit dan berisi data "sangat penting".

"Sangat penting, data disimpan di sini, tetapi kami belum tahu apa itu. Apakah itu perekam data penerbangan atau perekam suara kokpit," ujarnya.

Wakil Ketua KNKT Haryo Satmiko mengatakan bahwa tingkat kerusakan perangkat ini menunjukkan "dampak luar biasa" dari kecelakaan itu.

AP/Reuters
https://www.abc.net.au/indonesian/20...a-rtb/10459306
Halaman 1 dari 2
pilot terlalu PD atau briefing untuk pilot yg

WAJIB TERBANG?
kok seakan2 jadi kesalahan pilot??
btw ane ga tau ttg dunia penerbangan, apakah pilot punya hak utk nolak penerbangan atau semua itu tergantung dari pejabat2 maskapainya?
Yak, ndak boleh lah ...minta balik ke bandara emoticon-Stick Out Tongue
emang bandara punyak enyak loe bisa bwat maen pesawat2an emoticon-fuck3
udah dijadwal pegi yak kudu pegi, klo balik ntar nabrak yg lagi takeoff/landing emoticon-Bingung (S)
biarin jatoh ke laut aja dah daripada bikin ribet pesawat banyak emoticon-Ngakak (S)




...emoticon-Ngacir
Quote:
emoticon-Matabelo
pilot punya hak buat nolak suatu penerbangan?
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Quote:


Kalo gak salah sih pilot bisa untuk menolak
ya beginilah kualitas maskapai yg dimiliki tim joko
Balasan post samudra6969
boleh menolak.. tapi maskapai juga berhak memecat
Quote:

emoticon-Belo emoticon-Belo
intinya

ANE TETEP AKAN NAIK JT

emoticon-Ultah

walaupun katanya uji nyali

emoticon-Traveller

btw mendadak kok tiket JT jadi rendah semua

emoticon-Bingung
minta balik itu pas di denpasar, kenapa 8 jam di sebut karena kalo ada kesalahan teknis ngapa itu pesawat baru 8 jem diberangkatin lagi?
laporan kerusakan apa? perbaikan apa? gak dijelasin? disini lion bulan kena emoticon-Embarrassment
btw om jk gak ada suaranya ye? jadi pendiem die skg? emoticon-Big Grin
Balasan post alexprison
ada.... tapi ga bisa ngelawan klo diblacklist perusahaan.... misal : ga dapet bonus tahunan ga bisa dapet promosi ga bisa dapet nilai qpi bagus, dll
Balasan post tuzking
Quote:


tp kalo dia punya data dan fakta ini pesawat trouble gmn gan?
Quote:


Bisa, keputusan go or no go itu ada di pilot

Cuma masalahnya maskapai biasanya bisa mem pressure si pilot untuk terbang seperti dulu contoh kasus adam air.

Nah yang menjadi pertanyaan skrg, apakah keluhan yg dirasakan di denpasar sudah diperbaiki teknisi?

Kalau misal teknisinya memanipulasi ya bisa jadi si pilot tidak diberi keterangan yg benar ttg kondisi pesawat.

Balasan post tamparneh
sudah di pecat direktur teknik lion airnya dan kata hotman paris di IG nya berarti itu indikasi awal ada kesalahan di teknis
ane lihat vlog nya kapten limbong kok mulus2 semua tuh pesawat lion emoticon-Ngakak
Balasan post _Hell_
Betul, jadi dalam kasus ini bisa saja pilot tidak diberi gambaran sebenarnya mengenai kondisi pesawatnya


Ps. Direktur teknik tidak dipecat, hanya dibebastugaskan sampai pemeriksaan selesai.
Diubah oleh tamparneh
Pesawat baru kok begitu
Abis take off minta balik
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di