alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Cara Mengobati Penyakit Asam Urat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc10fb529a455f668b4567/cara-mengobati-penyakit-asam-urat

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Mengenal apa ituasam urat?
Mendengar kata penyakit asam urat tentu bukan hal yang asing lagi di telinga kita , dia adalah bentuk dari penyakit arthritis yg mana dia bisa memnyebabkan semacam kemerahan bahkan juga pembengkakkan dan rasa sakit mendadak pada sendi tubuh.
Bagian tubuh yang sering terkena penyakit ini adalah Jempol kaki, penyakit asam urat juga bisa menjalar ke bagian sendi-sendi lain pada sendi kaki dan tangan. Orang yang sering terkena penyakit ini biasanya orang tua, tapi tidak menutup kemungkinan orang yang usianya masih muda bisa terkena penyakit ini.
Beberapa gejala asam urat?
Pada awalnya asam urat tidak menunjukkan gejala apapun . Penderita baru menyadari gejala asam urat dalam kondisi yang akut atau kronis.
Beberapa gejala yang sering di temukan adalah:
  • Merasakan Nyeri pada sendi yang parahdan mendadak di pagi hari
  • Sendi terlihat bengkak dan lunakbila di raba
  • Sendi berwarna kemerahan
  • Adanya Rasa panas di sekitar sendi


Gejala asam uratenyakit ini biasanya akan muncul secara tiba-tiba, sehingga tidak dapat diprediksi, dan sering terjadi di tengah malam. Gejala asam urat ini bervariasi dari yang terjadi dalam beberapa jam selama 1-2 hari, bahkan sampai terjadi selama berbulan bulan.
 
Beberapa tahapan penyakit asam urat
Berdasarkan tingkat keparahannya, Ada 3 tahapan penyakit asam urat , yaitu:
Tahap pertama
Pada tahap pertama ketika naiknya kadar asam urat di dalam darah, tetapi belum munculnya ada gejala asam urat atau bisa saja penderita tidak akan pernah merasakan gejala asam urat. Biasanya setelah penderita terserang penyakit batu ginjal baru mereka menyadari adanya penyakit asam urat.
Tahap kedua
Pada saat memasuki tahap ini, akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi maka akan terbentuk kristal-kristal pada bagian jari kaki, biasanya yang sering terserang adalah ibu jari. Anda baru akan merasakan nyeri dan sakit pada sendi, tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama. Selang beberapa waktu kemudian, Anda baru akan mengalami gejala asam urat lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering.
Tahap ketiga
Gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk akan menjalar dan  menyerang sendi lainnya.selanjutnya akan muncul gumpalan-gumpalan zat tersebut yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan. Pada tahapan ini cukup jarang penderitanya di karenakan sebagian besar orang yang terkena penyakit asam urat ini sudah menyadari danya penyakit asam urat dan sudah bisa ditangani dengan baik.
Apa saja penyebab asam urat?
Penyebab utama asam urat adalah kadar asam urat itu sendiri yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Dalam keadaan normal, zat kimia ini akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin dan tinja.
Pada saat kondisi seseorang mengalami asam urat yang terlalu banyak maka sistem kerja tubuh tidak dapat mengolahnya, pada akhirnya akan membentuk kristal dan terus menumpuk di sekitar sendi dan berakibat pada peradangan sendi.
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dapat menjadikan asam urat menjadi tinggi. Karena dengan mengkonsumsi purin maka tubuh kita akan mengolahnya menjadi asam urat. Orang yang mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung purin mempunyai resiko yang tinggi untuk terserang asam urat.
Cara Menangani dan Mengobati Asam Urat
Ada beberapa cara menangani penyakit asam urat, diantanya:
  • Menghindari makanan yang menyebabkan asam urat menjadi tinggi


Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa penyebab utama penyakit asam urat adalah tingginya asam urat akibat mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung purin, maka pengobatannya adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung purin. Beberapa makanan yang mengandung banyak purin adalah: berbagai macam jeroan, sosis dan bebek serta hindari memakan sayuran bayam, kangkung, buncis, kembang kol, daun serta biji melinjo.
  1. Minum air putih yang cukup.


Minum air yang cukup dapat menjaga tubuh kita terhindar dehidrasi.
  1. Mengkonsumsi makanan penurun asam urat.


Ada beberapa makanan yang dapat menurunkan asam urat diantaranya adalah Air jeruk nipis, Ceri, Teh hijau, Cuka apel, Buah apel, delima, strawberry, Pisang, Kentang dan Seledri.
Diubah oleh ABU275


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di