alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Arus Bawah Laut Samarkan Jejak Lion Air PK-LQP
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc0ddb9e7404894c8b4570/arus-bawah-laut-samarkan-jejak-lion-air-pk-lqp

Arus Bawah Laut Samarkan Jejak Lion Air PK-LQP

Arus Bawah Laut Samarkan Jejak Lion Air PK-LQP

Jakarta: Komando Pasukan Katak (Kopaska) Koarmada I berhasil menemukan beberapa bagian pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Satu di antaranya diduga bagian dari mesin pesawat.


Berdasarkan video yang didokumentasikan Kopaska Koarmada I, bagian mesin pesawat sedikit terkubur sedimentasi dasar laut. Pengamat penerbangan Ruth Hannah Simatupang menilai tak menutup kemungkinan badan pesawat lain juga ikut 'tertelan' lumpur.


'Ini kan sudah memasuki hari kelima dan arus bawah laut itu bisa membawa segala macam benda, bahkan menutup atau menghilangkan bukti. Menghilangkan apa yang kita cari,' ujarnya dalam Metro Pagi Primetime, Jumat, 2 November 2018.


Menurut Ruth, badan pesawat boleh jadi hancur usai mengalami kecelakaan. Namun, hal itu tidak berlaku bagi kotak hitam. Bahkan meski tenggelam beberapa lama di dasar laut, kecil kemungkinan kotak hitam mengalami kerusakan.


Kotak hitam, baik komponen flight data recorder (FDR) atau cockpit voice recorder (CVR), didesain tahan dalam berbagai kondisi. Tekanan tinggi, guncangan keras, termasuk dalam kondisi terendam air atau terbakar, komponen kotak hitam tidak akan rusak.


'Kalau ditemukannya di laut harus dikondisikan tetap dalam keadaan basah baru dicuci dan dikeringkan. Komponen itu kemudian dibongkar dan datanya diunduh untuk diterjemahkan,' kata dia.


Ruth mengatakan apabila yang ditemukan lebih dulu adalah FDR, akan lebih banyak membantu proses penyelidikan dan investigasi. Pasalnya FDR memuat 50-60 persen data selama penerbangan. Kekurangan data bisa ditambah dengan fakta di lapangan serta alat bukti di sekitar tempat kejadian untuk kemudian dicocokkan dengan CVR.


Ia menambahkan proses pembacaan FDR bisa memakan waktu satu bulan. Lamanya proses disebabkan karena data yang dimuat dalam FDR berbentuk angka-angka dan hanya ahli yang paham serta mampu menerjemahkannya.


'KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) mengatakan, setelah satu bulan, akan mengumumkan fakta yang berhasil ditemukan di lapangan. Diharapkan nanti yang diumumkan berupa perbaikan yang perlu dilakukan pihak-pihak terkait,' jelas dia.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...ion-air-pk-lqp

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Arus Bawah Laut Samarkan Jejak Lion Air PK-LQP 107 Keluarga Korban Jatuhnya Lion Air JT 610 Sudah di Jakarta

- Arus Bawah Laut Samarkan Jejak Lion Air PK-LQP Puing Lion Air Diserahkan ke KNKT

- Arus Bawah Laut Samarkan Jejak Lion Air PK-LQP Masa Depan Penerbangan Murah di Indonesia

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di