alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UMP 2019 Ditolak, Pemprov DKI Minta Buruh Tidak Gelar Demo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc0d0ca09a39160c8b4569/ump-2019-ditolak-pemprov-dki-minta-buruh-tidak-gelar-demo

UMP 2019 Ditolak, Pemprov DKI Minta Buruh Tidak Gelar Demo

UMP 2019 Ditolak, Pemprov DKI Minta Buruh Tidak Gelar Demo


JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2019 sebesar Rp 3.940.973 atau naik 8.03 persen dibandin UMP 2018 lalu. Namun, kalangan buruh menolak UMP 2019 ini, lantaran dinilai tidak memenuhi kebutuhan hidup. Pemprov DKI Jakarta pun meminta buruh tidak menggelar aksi demo, terkait penolakan ini. “Saya berharap tidak ada lah (demo atau unjuk rasa), kan ini keputusan bersama,” ujar Plh. Gubernur DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota Jakarta, Jumat (2/11).


Saefullah menjelaskan, penetapan UMP DKI tidak memandang kontrak politik antara buruh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan semasa berkampanye Pilkada DKI tahun lalu. Menurut dia,  UMP DKI ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 114 Tahun 2018 Tentang Upah Minimum Provinsi Tahun 2019 dan keputusan bersama.


“Sifatnya sudah mengikat, tinggal masing-masing pemerintah melakukan kontrol, pengusaha melakukan keputusan, pekerja bekerja sesuai nurani, pikiran, secara maksimal agar produktifitas meningkat,” terang Saefullah. 


Saefullah melanjutkan, kedepannya guna menyiasati biaya kebutuhan tinggi, Pemprov DKI Jakarta akan memberikan bantuan melalui kartu pekerja. Dengan kartu itu, para buruh  bisa mendaptkan keringanan mulai dari transportasi hingga kebutuhan makan untuk satu keluarga.


“Nanti ada teknisnya, ada persyaratannya. Makanya tadi kan sudah dikasih di persyaratannya, nanti melalui Sudin-Sudin Tenaga Kerja. Semuanya harus tersalurkan, kan sayang, ini ada fasilitas, harus dimanfaatkan,” tandasnya.


Sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyebut, UMP 2019 yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp3.94 untuk hidup di Jakarta tidak layak. Ini mengingat kebutuhan buruh dalam satu bulan adalah di antaranya, makan tiga kali sehari membutuhkan Rp 45.000 maka dalam 30 hari total Rp 1,3 juta. Untuk biaya sewa rumah, biaya listrik, dan air dalam satu bulan bisa menghabiskan Rp 1,3 juta dan trasportasi membutuhkan biaya Rp 500.000.



Subhanallah, kabar gembira bagi pengusaha emoticon-Peluk
dikadalin

ngoahahaha
umat akan mematuhi pemimpin pilihan ulama emoticon-babi
Tunggu anies pulang emoticon-Big Grin
#2019gantikalender
tinggal lempar ke jokowi jd wan abud tinggal ngupil doang
Kuapokmu kapan milih pemimpin cm berdasarkan janji2 kampanye emoticon-Big Grin
Sama kyk wowo yg janji ini itu ga mgk dipenuhi wong terlalu muluk2 & ngaco. Mending jokowi saja yg sdh nyata jelas bekerja utk rakyat.
Diubah oleh ajgmj.asli
Quote:


Sait lagi sibuk ngitung bunga deposito emoticon-Ngakak
Buruh jangan demo...
Gubernur pilihan itu
Bukanya bersyukur dinaikin, masih nuntut lebih.
Pantesan kurang melulu, kurang bersyukur seh..
emoticon-Marah buruh..pada mikir ga sih..drpd nganggur lebih baik ada penvhasilan..bersyukur woeeii..jangan kemaruk.
ga mau terima ump jd pengusaha sono.. kan ada ok oc yg dibantu jd pengusaha emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
Said iqbal bakalan demi kagak nih? Hahahaha keep govlok bos
seiman ya akhi emoticon-Wkwkwk
nahh.. pak anies ngerasain kan enaknya jadi gabener... emoticon-Embarrassment

Si Iqbal minta logistik tuh...
Padahal kalo kontrak politik dah mengikat itu namanya...kaga bakalan berani nuntut juga..
klo 3.9 juta berarti ga bisa beli rumah DP 0 rupiah dong emoticon-Ngakak
Quote:

Pantes kadir kabur emoticon-Leh Uga

Quote:


abis bangun rumah mewah, masih perlu furniturnya emoticon-Betty (S)

bukan buruh jadi ga tau itungan ini bener atau kaga, tapi biaya transport 500 ribu sebulan = 25 hari berarti 20 rb/hari. Kok lebih mahal daripada gw (kalau naek transJ + angkot 1x = 15rb/hari), gw slalu berpikir naik motor gitu seharusnya lebih hemat lho padahal emoticon-Hammer

kartu pekerja kalau ga salah ntar juga dikasih diskon buat naek transJ, yaaa harus berdesak2an dan berangkat lebih pagi sih


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di