alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Katanya Sayang Anak, Tapi Cara Bocenginnya Kok Bikin Bahaya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc09c1dc06bdc7258b4568/katanya-sayang-anak-tapi-cara-bocenginnya-kok-bikin-bahaya

Katanya Sayang Anak, Tapi Cara Bocenginnya Kok Bikin Bahaya

Keseimbangan Jadi Faktor Utama Penyebab Kecelakaan

Sering banget Ane liat pemandangan yang sebenernya bikin ngilu Gan. Ada orang tua boncengin anaknya naik motor di taro di antara bapak ama ibunya (tengah) dan anaknya berdiri. Emang sih anaknya terlihat senang dan menikmati semilir angin.

Katanya Sayang Anak, Tapi Cara Bocenginnya Kok Bikin Bahaya

Tapi sebenernya kondisi itu punya potensi penyebab kecelakaan. Menurut ilmu yang Ane terima waktu pendidikan keselamatan berkendara, posisi anak yang berdiri itu berpengaruh pada keseimbangan berkendara. Jangankan dengan keberadaan anak yang berdiri di atas jok, ketika melewati lubang, jalan tidak rata, atau halangan di jalan, dalam posisi normal aja kita kudu ekstra konsentrasi biar kondisi motor tetap stabil.

Nah, bisa bayangin gak kalo ada tambahan handycap dengan polah si kecil yang berdiri di atas jok. Gerakan mendadak yang dilakukan, meski tetap dipegang oleh orang yang bonceng di belakang, tetap akan mempengaruhi keseimbangan. Plus, pengendara belum tentu siap menghadapi pergerakan yang mendadak tersebut.

Alhasil Agan-agan pasti udah bisa nebak apa yang akan terjadi ketika mereka kehilangan keseimbangan. Malapetakan sudah tentu mengincar mereka. Apalagi, biasanya, si anak tidak menggunakan helm. Gak tega Gan ngebayanginnya.

Ada lagi pengguna motor kerap memosisikan sang anak berada di depan dengan alasan lebih mudah untuk diawasi. Tapi ternyata posisi tersebut justru berbahaya untuk keselamatan sang buah hati. Potensi bahaya yang ditimbulkan justru lebih besar dibanding berada di belakang pengendara.

Selain soal keseimbangan, membonceng anak kecil di depan bikin si kecil berpotensi kena kotoran dan debu atau mungkin kerikil. Terpaan angin juga tidak baik untuk anak-anak karena bisa melemahkan kondisi kesehatan mereka.

Katanya Sayang Anak, Tapi Cara Bocenginnya Kok Bikin Bahaya

Aturan yang tepat membawa anak adalah sama dengan membawa penumpang dewasa. Posisi paling benar ada di belakang kemudi, tidak lupa dengan perangkat keselamatan lengkap seperti helm, jaket dan sepatu.

Meski tidak disarankan tapi Ane lebih memilih bawa anak di belakang dan diikat dengan kain agar tetap terjada kondisinya. Instruktur memang tidak menyarankan karena kondisi tersebut berbahaya karena untuk pengendara sendiri dapat kehilangan konsentrasi nantinya jadi kecelakaan.

Nah, yang benar menurut peraturan adalah memastikan si kecil sudah bisa dibawa menggunakan motor adalah dengan mencoba apakah kakinya sudah bisa mencapai pijakan kaki penumpang. Jadi sebelum anak belum siap tidak disarankan untuk dibonceng untuk keselamatan anak, pengendara dan pengguna jalan lain.
Diubah oleh kangmontir78
salfok sama anak yg dibelakang, tangannya kemana-manaemoticon-Hammer


Quote:


Cermat bener Gan 🤣


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di