alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemudahan Berusaha di RI Turun, Paket Kebijakan Ekonomi Belum Jalan?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc054614088dd2408b4573/kemudahan-berusaha-di-ri-turun-paket-kebijakan-ekonomi-belum-jalan

Kemudahan Berusaha di RI Turun, Paket Kebijakan Ekonomi Belum Jalan?







Home Fokus Infrastruktur Market Watch Ekonomi Bisnis Finansial Properti Energi Industri Perencanaan Keuangan SolusiUKM Konsultasi Market Research Wawancara Sosok Bursa Valas Moneter Lowongan Pekerjaan Foto Infografis Video d'Preneur Indeks



Home / Berita Ekonomi Bisnis / Detail

Jumat, 02 Nov 2018 10:41 WIB

Kemudahan Berusaha di RI Turun, Paket Kebijakan Ekonomi Belum Jalan?

Hendra Kusuma - detikFinance

Foto: Pradita Utama

Jakarta - World Bank atau Bank Dunia kembali merilis indeks kemudahan berusaha (ease of doing business/EODB). Hasilnya peringkat Indonesia justru turun.

Tahun ini Indonesia menempati posisi ke-73 sebagai negara yang paling mudah untuk menjalankan usaha di dunia. Posisi ini turun dari tahun lalu di mana RI menempati posisi ke-72.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Pieter Abdullah Redjalam mengatakan, turunnya peringkat kemudahan berusaha di Indonesia karena macetnya implementasi paket kebijakan pemerintah.

Baca juga: Peringkat Kemudahan Usaha di RI Turun, Ini Langkah Sri Mulyani


"Pemerintah memang sudah cukup banyak mengeluarkan paket kebijakan untuk memperbaiki peringkat EODB dan daya saing. Tapi hasilnya masih belum memuaskan," kata Piter saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Pemerintah telah menerbitkan 16 paket kebijakan, menurut Piter sebagian dari paket tersebut belum bekerja secara optimal. 

"Masalah utamanya adalah paket-paket kebijakan itu saya lihat tidak terintegrasi, tidak menciptakan koordinasi yang sesungguhnya sangat dibutuhkan dalam banyak hal termasuk di antaranya misal perizinan," jelas dia.

Baca juga: Peringkat Kemudahan Berusaha di RI Meleset dari Target Jokowi


Koordinasi yang dimaksud, kata Piter adalah antara pusat dengan daerah. Sehingga, implementasi serta kontribusi dalam memudahkan proses izin usaha di tanah air masih macet.

"Karena paket-paket kebijakan itu tidak terintegrasi dan menciptakan koordinasi, seringkali tidak efektif di lapangan," kata dia. 

https://m.detik.com/finance/berita-e...373.1530159899

November merokyeeettttt
Mukidi apa yg bisa diandelin sih..Gagal urus bangsa gitu kok dipilih..
Faktanya Rupiah, BPJS serta BUMN lainnya nyungsep diperparah kondisi sosial politik yg gak kondusif..
Betul kata JK bisa hancur negeri ini..
Quote:
bagus lah kalo turun, jangan lagi deh nambah orang tajir diindonesia, males kalo makin hari makin macet, males kalo tiap weekend mall2 udah kayak pasar gitu..
Quote:


rupiah 15rb tapi harga2 stabil, orang makin tajir2 sekarang,, jangan jokowi lagi deh.. males liat orang2 makin tajir gini, ketoko mana aja rame gini, warteg sekarang kalah rame dibanding mcd, pesen starbak skg juga sampe jam jam an..


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di