alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdbff965a5163b10a8b4568/setelah-12-tahun-yunani-amp-macedonia-kembali-terhubung-via-udara

Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara

Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara

Athena, IDN TIMES - Pemerintah Yunani dan Macedonia, pada hari Kamis (01/11/2018) kembali menghubungkan kedua negara melalui penerbangan pesawat komersial. Momentum besar ini menjadi bukti baru hubungan yang membaik antara Macedonia dan Yunani setelah perselisihan 12 tahun atas penggunaan nama "Macedonia" yang berhasil diselesaikan pada bulan Juni lalu, seperti yang dilansir dari Reuters.


1. Athena dan Skopje akhirnya terhubung
Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara
Sebelumnya, kedua negara masih memperbolehkan pesawat komersial mereka untuk terbang dan mendarat di Skopje maupun Athena. Melihat tindakan Macedonia yang mengubah nama bandara mereka menjadi "Skopje Alexander yang Agung" hal ini membuat penerbangan komersial pada tahun 2006 antar kedua negara dihentikan karena protes Yunani, dikutip dari Reuters.

Ketika perselihan selesai, akhirnya pada tanggal 01/11/2018 pesawat pertama dari Athena (ibu kota Yunani) pukul 18.40 sore dengan tujuan Skopje (ibu kota Macedonia) berangkat. Maskapai yang akan bertanggung jawab atas penerbangan Skopje-Athena maupun sebaliknya adalah maskapai terbesar Yunani, Aegean Airlines, dengan 2 kali penerbangan dalam seminggu.


2. Wakil Perdana Menteri Macedonia menjadi penumpang pertama
Wakil Perdana Menteri Macedonia (FYROM), Bujar Osmani, dan rombongannya menjadi penumpang pertama penerbangan bersejarah untuk kedua negara. Dikutip dari BBC, Bujar Osmani pada saat itu masih berada di Yunani untuk membahas perjanjian bersama Pemerintah Yunani bahwa Macedonia akan mengubah nama negara mereka menjadi "Republik Macedonia Utara".

Ia pun bersama rombongannya mendapat tiket bersejarah untuk menjadi penumpang pertama dengan dibukanya kembali jalur udara antara Skopje dan Athena.


3. Masalah selesai, hubungan kedua negara mulai membaik
Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara
Perselisihan atas penggunaan nama "Macedonia" oleh negara bekas Republik Yugoslavia ini dengan Yunani menyebabkan keduanya berada di posisi yang paling rentan. Macedonia yang sampai saat ini dikenal dengan FYROM (Former Yugoslav Republic of Macedonia), selalu menunjukkan kepada dunia bahwa mereka adalah Republik Macedonia dan hal ini memicu permasalahan ketika daerah Yunani yang berbatasan langsung dengan FYROM kebetulan memiliki nama yang sama yaitu, Macedonia.

Khawatir FYROM dapat mengambil alih wilayah tersebut, konflik diplomatik antar kedua negara tidak bisa dihindari. Meskipun begitu, semua ini dapat diselesaikan ketika FYROM menyetujui perjanjian bersama Yunani mengenai penyelesaian masalah tersebut pada bulan Juni 2018.

Kedua negara akhirnya mulai semakin terbuka antara satu dengan lainnya dan hubungan mereka semakin harmonis setiap saat, contohnya seperti dibukanya jalur udara dan pengubahan nama bandar udara Macedonia yang pernah menjadi pemicu masalah.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara Minum Miras Pilot Japan Airlines Diamankan Polisi London

- Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara Turki Amerika Serikat Mulai Patroli Bersama di Suriah Ada Apa

- Setelah 12 Tahun, Yunani & Macedonia Kembali Terhubung via Udara Pro Israel Presiden Brasil Akan Pindahkan Kedubes ke Yerusalem



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di