alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Games / ... / Ragnarok Online /
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdbe7259e740425088b4573/ragnarok-eternal-love-nostalgia-untuk-para-gamer-generasi-90an

Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an

Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an

Ragnarok Eternal Love tengah jadi sorotan para gamer Tanah Air. Ada yang bertanya-tanya game apa itu, tak sedikit pula yang langsung ngebut buat download dan mencoba game-nya. Buat kamu yang mungkin belum tahu, berikut adalah background singkat dari salah satu game legendaris di Indonesia.

Mereka yang tahu atau pernah main game online Ragnarok, berarti usianya pasti sudah di atas 20an. Trust me. Game dengan genre MMORPG ini bisa sempat booming di Indonesia awal 2000an silam. Grafisnya memang cuma 2D, namun kesan simpel dan cute membuat para gamer tergila-gila untuk memainkannya.

Seiring berjalannya waktu, developer game lain tak mulai berlomba-lomba menghadirkan game-game online baru dengan grafis dan gameplay yang jauh lebih kece dan modern. Walhasil, secara perlahan posisi Ragnarok di hati para gamer pun mulai tergeser. Game ini mulai dilupakan.

Game yang dikembangkan oleh Gravity ini sejatinya sempat mencoba untuk keep up dengan teknologi dan merilis Ragnarok 2 tahun 2012 silam. Sentuhan grafik 3D dihadirkan untuk memberikan kesan modern. Nahas, popularitas Ragnarok 2 tak bisa mengalahkan pendahulunya.

Dan kini saat mayoritas gamer sudah mulai suka bermain dengan ponsel masing-masing, Gravity pun hadir dengan solusi dan objektif baru: Merilis ulang Ragnarok yang bakal bikin para gamer nostalgia! Here you go, Ragnarok Mobile: Eternal Love.

1. Ragnarok Eternal Love
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
31 Oktober 2018 kemarin adalah hari perilisan pertama Ragnarok Eternal Love. Buat kalian yang ingin bernostalgia, bisa langsung download game-nya via PlayStore (android) dan Apple Store (iOS). Ukuran file-nya cukup besar, yakni 1,3 giga, so pastikan memory internal kalian cukup ya!

Beda dengan Ragnarok 1, grafik Ragnarok Eternal Love memang diubah jadi 3D modern. TAPI, kesan cute dan simple bakal tetap terasa kental ketika kamu memainkan game ini di ponselmu. Dan lagi, sistem JOB dan gameplay keseluruhan game ini masih tetap sama seperti dulu, tentu dengan tambahan beberapa fitur baru seperti event-event harian dan mingguan yang bakal membuat kalian makin ketagihan buat main lagi dan lagi.

STAT
Dalam Ragnarok ada pula sistem penting lain yang harus dimengerti, yakni Status / Stat. Adalah sebuah indikasi poin yang bakal menentukan kekuatan atau build karakter kamu. Jadi intinya setiap kamu level up, maka kamu diberi yang namanya Status Point yang bisa kamu masukkan ke satu dari 6 Stat yang tersedia.

1. STR (Strength): Adalah kekuatan fisik dari karaktermu. Semakin besar STR, maka semakin besar pula damage fisik yang bisa kalian berikan pada musuh.

2. VIT (Vitality): Adalah kekebalan tubuh dari karaktermu. Semakin besar VIT, maka semakin besar HP (health point) karaktermu. Tentunya HP yang banyak membuat karaktermu bisa survive lebih lama.

3. INT (Intelligence): Adalah pengetahuan magic dari karaktermu. Semakin besar INT, maka semakin besar pula damage magic yang bisa kalian berikan pada musuh. INT juga mempengaruhi banyaknya MP (Mana Point) karakter kalian.

4. DEX (Dexterity): Adalah ketepatan atau akurasi dari karaktermu. Semakin besar DEX, maka semakin tepat pukulanmu untuk mengenai musuh. FYI saja, pukulan karaktermu bisa Miss jika akurasi dari karaktermu terlalu rendah.

5. AGI (Agility): Adalah kecepatan karaktermu. Semakin besar AGI, maka semakin cepat kecepatan serangan (ASPD) dari karaktermu. Semakin besar pula tingkatan menghindarmu (dodge) dari serangan musuh.

6. LUK (Luck): Adalah keberuntungan yang dimiliki karaktermu. Stat ini mungkin yang paling sering diremehkan. Fungsinya tak terlalu tampak, namun LUK bisa menambahkan banyak hal pada status karaktermu secara merata (meski jumlahnya tak signifikan). Dan LUK mempengaruhi success rate dari job bernama Blacksmith untuk membuat senjata.

JOB
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
Salah satu faktor paling menarik dari game Ragnarok adalah pembagian kelas atau JOB. Ya, ketika memulai game ini, kalian bisa memilih 1 dari 6 job yang tersedia. Tentunya masing-masing job punya fungsi dan keunikan sendiri-sendiri. Mereka adalah Swordman, Thief, Acolyte, Merchant, Mage dan Archer.

Namun setelah memilih job tersebut, kalian tidak akan langsung memainkannya. Kenapa? Karena kalian harus melewati masa-masa pelatihan dulu sebagai Novice.

Novice adalah job dasar yang harus dilalui terlebih dahulu oleh semua orang. Setelah mendapat cukup Job Level (Jlv), maka kalian baru bisa berubah jadi satu dari 6 job yang telah kalian pilih sebelumnya di awal.

1. Swordman
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
Swordman adalah job yang paling pas simple dan sangat disarankan untuk kamu yang masih baru mencoba game-nya. Seperti namanya, job ini bisa menggunakan pedang, entah itu 1 hand sword, 2 hand sword, pun kapak.

Job ini memiliki kekebalan yang cukup tinggi terhadap serangan musuh. Mereka bisa survive cukup lama karena memiliki HP tertinggi dari karakter lainnya. Swordman juga punya beberapa skill offensive yang lumayan sakit buat nyerang musuh kok, seperti Bash dan Magnum Break.

Lagi, setelah mencapai Job Level (Jlv) tertentu, kamu bisa upgrade dan berubah jadi Swordman yang lebih kuat, yaitu Knight. Tentu saja skill yang disediakan jauh lebih bervariasi ketika kamu sudah jadi Knight.

Status yang disarankan: STR dan VIT.

2. Thief
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
Thief adalah job yang sangat fun untuk dimainkan dan dikenal karena kecepatannya. Senjata yang bisa dipakai adalah dagger atau pisau kecil, meski Thief juga bisa menggunakan bow.

Thief memang lebih lemah ketimbang Swordman dalam hal pertahanan dan serangan, namun mereka sangat cepat dalam hal menyerang dan mengindari serangan musuh.

Thief tak punya banyak skill offensive. Namun kamu bisa mencuri barang dari musuhmu. Jadi job ini bisa dibilang paling mudah untuk mencari Zeny (uang) di awal-awal game.

Status yang disarankan: AGI dan DEX/STR.

3. Mage
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
Mage adalah seorang penyihir. Seperti namanya, job ini fokus pada serangan-serangan sihir yang sangat mematikan. Namun untuk urusan pertahanan dan serangan fisik, job ini sangat lemah. Senjata yang digunakan adalah mage adalah staff.

Mage adalah salah satu job dengan skill yang sangat bervariasi. Ada beberapa magic element yang bisa kamu gunakan, seperti Ice Bolt, Fire Bolt dan sejenisnya. Tapi jika kamu sudah mempelajari skill magic-nya, dijamin kamu bakal jadi salah satu karakter yang ditakuti.

Status yang disarankan: INT dan VIT (Untuk survivability).

4. Archer
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
Archer adalah pemanah atau job yang menyerang musuh dari jarak jauh. Job ini memiliki pertahanan fisik yang lemah dan susah dimainkan di awal game. Namun dalam sebuah party, job ini sangat berguna karena bisa menyerang musuh dari jauh. Senjata yang bisa digunakan tentunya adalah Bow.

Archer memiliki berbagai skill offensive yang semuanya bisa digunakan dari jarak jauh. Job ini juga punya skill passive bernama Vulture's Eye yang membuat karaktermu bisa menyerang secara otomatis dari jarak jauh.

Status yang disarankan: DEX dan AGI.

5. Acolyte
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
Acolyte atau kata lainnya adalah healer. Job ini merupakan tipe full support yang bakal sulit untuk dimainkan solo. Alasannya, Acolyte lemah secara fisik, baik itu pertahanan maupun serangan. Mereka juga tak punya offensive skill. Senjata yang digunakan: Mace/Book.

Acolyte lebih pas digunakan di sebuah party, karena job ini bisa menyembuhkan HP dari teman. Selain itu, Acolyte juga bisa memberikan buff positif, seperti Increase Agility (meningkatkan AGI) dan Bless (meningkatkan STR, INT dan DEX) dari teman.

Status yang disarankan: INT dan VIT.

6. Merchant
Ragnarok Eternal Love, Nostalgia Untuk Para Gamer Generasi 90an
Kalau kamu lebih suka membunuh monster atau musuh, maka Merchant bukan untukmu. Job ini lebih fokus dipakai untuk berjualan barang dan memperkaya diri. Senjata yang digunakan adalah Kapak.

Merchant masih bisa digunakan untuk battle, meski damage serangannya tak akan sebesar Swordman. Namun job ini punya skill unik, yakni discount yang bisa membuatmu membeli barang lebih murah dari NPC. Ataupun Overcharge, menjual barang dengan harga lebih mahal dari NPC.

Untuk melengkapi itu, seorang Merchant bisa menempa senjata sendiri. Mereka bahkan bisa membuat senjata sendiri loh! So pengen cepet kaya di Ragnarok Eternal Love? Buat Merchant.

Status yang disarankan: STR dan LUK.

sc Kapan Lagi.com
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
ko sepi ya?
ini official thread bukan si?
Orangnya pada sibuk Auto sama nuyul-in char ke-2 dan ke-3 nya gan, hihi.. numpang lewat noobie
sepi yah kaskus skrg.

btw ane mainnya pelan banget nih cuma lv 73 padahal dari hari pertama dah main.
gara gara ga bisa pake NOX nih. kalau main di HP cepat panas
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di