alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kesetiaan Kami Wahai Merah Putih Di Hari Sumpah Pemuda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdbe4a8d9d7704d3e8b4568/kesetiaan-kami-wahai-merah-putih-di-hari-sumpah-pemuda

Kesetiaan Kami Wahai Merah Putih Di Hari Sumpah Pemuda

Kesetiaan Kami Wahai Merah Putih Di Hari Sumpah Pemuda


Pada tanggal 28 Oktober 2018 kemarin kita telah memperingati hari sumpah pemuda ke 90. Tentu pada peringatan tersebut kita diingatkan tentang sebuah peristiwa penting yang terjadi pada masa lampau pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia-Jakarta. Dimana pada tanggal tersebut adalah tonggak awal sekaligus gagasan cemerlang dari para pemuda untuk mengawali dari berdirinya Indonesia.

Sebelum waktu itu memang sudah ada terjadi pergerakan-pergerakan pemuda untuk "mengusir" kedatangan penjajah yang menyengsarakan masyarakat di nusantara. Namun pergerakan-pergerakan tersebut masih bersifat kedaerahan dengan kelompok-kelompok kecil yang terbatas sehingga upaya untuk mengusir penjajah selalu berakhir dengan kekalahan dan kegagalan.


Kesetiaan Kami Wahai Merah Putih Di Hari Sumpah Pemuda

Melalui dua kali kongres pemuda menghasilkan pemikiran-pemikiran dan kesepakatan penting. Seperti pada kongres pemuda pertama menghasilkan kesepakatan bersama tentang kegiatan pemuda pada segi sosial, ekonomi, dan budaya. Selanjutnya pada kongres pemuda kedua inilah menghasilkan sebuah keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda dimana inilah cikal bakal sebuah perjuangan Indonesia.

Dan seperti berikut inilah bunyi dari sumpah pemuda :

"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. 

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. 

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia."



Dari isi sumpah pemuda di atas kita bisa merasakan dan mengetahui apa tekad dan tujuan para pemuda kala itu yaitu bertumpah darah satu, berbangsa satu dan menjunjung bahasa persatuan demi satu Indonesia.

90 tahun telah berlalu, melihat kondisi generasi muda saat ini, serasa jauh berbeda sekali jika dikatakan bahwa generasi muda saat ini sangat menghargai jasa-jasa pemuda saat mengikrarkan sumpahnya demi Indonesia. Cukup banyak generasi muda kekinian yang bersikap masa bodoh, dengan tingkat kepedulian yang rendah terhadap sebuah perjuangan, terlebih lagi untuk urusan bangsa sendiri. Generasi muda saat ini lebih mementingkan urusan masing-masing demi memuaskan hasratnya untuk bersenang-senang.


Kesetiaan Kami Wahai Merah Putih Di Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda memang sudah ditetapkan untuk diperingati setiap 28 Oktober, namun semangat dari sumpah pemuda harus kita tunaikan dalam keseharian kita dalam segala hal seperti belajar bagi seorang mahasiswa, bekerja dengan sungguh-sungguh bagi seorang pekerja dan bertanggung jawab terhadap apapun yang diembannya. Selalu nyalakan semangat sumpah pemuda dimulai dari diri masing-masing kemudian ke kelompok yang lebih besar seperti keluarga atau lingkungan sekitar hingga ke yang lebih besar lagi. Dari semangat itulah nanti akan mencetak prestasi-prestasi yang bisa membanggakan sekaligus bermanfaat bagi orang banyak.

Dihari sumpah pemuda kali ini jangan hanya menjadikan hari bersejarah ini sekedar seremonial tanpa arti dengan menganggap semua usaha dan jerih payah para pejuang terdahulu sudah takdir yang telah digariskan. Sebagai generasi muda harapan penerus bangsa sudah saatnya kita mengambil nilai-nilai tersebut dan merefleksikan dalam kehidupan sehari-hari.

~ Terima Kasih ~


gambar 1 gambar 2
Urutan Terlama
Pertamax Gan!
keduax di trit semangat.. emoticon-Siap Gan.


bener... Harus dalam kehidupan sehari hari.. Gausah muluk muluk dah wah. Hal kecil juga bisa.

Kadang, selepas seremonial, 1 minggu kedepan ya udah.. auto balik lagi.
Diubah oleh yunda.me
Setuju Gan... Hidup Sumpah Pemuda


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di