alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdb3354529a4580178b4567/cara-merawat-laptop-agar-tidak-cepat-rusak

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Tulisan sederhana ini cara merawat laptop agar tidak cepat rusak, bukanlah ide yang  termasuk baru. Sudah banyak blogger dan media online yang menyajikannya dengan topik yang sama, bahkan ada yang menyajikannya secara berlebihan, membuat pengguna laptop terkesan terintimidasi. Sebagian ada juga yang asal dengan tips yang tidak tepat, dengan tujuan posting pada blog ramai dikunjungi pengguna internet yang menemukannya melalui situs pencari. Sering disebut dengan click bait.

KataKota memilih topik ini dan menyajikannya di Kaskus, melihat begitu banyak Kaskuser yang bertanya seputar tips cara merawat laptop agar tidak cepat rusak, awet dan siap digunakan kapan saja. Dapat diandalkan untuk tugas rutin sesuai peruntukannya. Tak perlu ganti dengan yang baru untuk mengejar teknologi teranyar yang tak pernah berhenti itu.

Tips berikut disajikan dengan dua bagian, pertama tentang software atau aplikasi, diikuti dengan cara merawat hardware agar awet dan tidak membuat kewalahan pemiliknya ketika akan digunakan.

SOFTWARE
Kiat yang paling jitu, belilah atau isilah notebook tersebut dengan sistim operasi original, saat ini masih didominasi oleh Microsoft Windows. Tak baik menggunakan bajakan, selain ilegal, tidak dapat dimutakhirkan bila Microsoft meluncurkan pemutakhiran atas beberap fungsi penting, termasuk mencegah serangan berupa malware, spyware yang tak pernah berhenti itu. Bentengi laptop dengan anti virus teranyar dan paling ampuh, gunakan juga yang ori, toh harganya tidak terlalu mahal dan senantiasa dapat di up-date secara otomatis melalui jaringan internet yang terhubung dengan server pembuatnya.

Jangan cekokin komputer dengan aplikasi yang tidakpaham peruntukannya, bahkan tidak tau cara menggunakannya. Artinya itu tidak penting. Termasuk tools dan aplikasi yang banyak ditawarkan secara online, tinggal klik dan gratis. Ini adalah cara penyusup menjelajahi isi laptop mu.

HARDWARE
Laptop yang dapat dikatakan bukan barang mewah lagi, hampir tiga puluh tahun, telah dikenal luas di Indonesia. Bukan hanya di kota-kota besar, masyarakat di daerah dan pelosok juga sudah tidak merasa asing lagi dengan komputer jinjing ini. Terutama setelah harganya semakin terjangkau dan jejaring internet sudah ada hampir di seluruh nusantara.

Agar awet dan setiap saat siap digunakan, rawatlah notebook yang digunakan dengan telaten biar tidak cepat rusak. Upayakan selalu dalam keadaan bersih. Tak perlu membersihkannya dengan zat kimia atau beragam pembersih yang lain. Jika tidak terlalu kotor, cukup dengan tissue atau kanebo yang lembab.

Selalu gunakan dan simpan di dalam tas yang empuk ketika tidak digunakan, begitu juga saat bepergian. Jangan jejali tas komputer dengan benda-benda keras, termasuk penempatan charger. Hindari, jangan sampai tas laptop terjatuh, dengan resiko layar pecah, seperti yang sering diperbaiki atau mengganti layar LCD beberapa tempat service laptop di pusat penjulan IT di Jakarta, diantaranya Ambasador Mal, Jakarta Selatan.

Ketika menggunakannya, jauhkan dari berbagai jenis minuman di sekitan Anda, laptop ketumpahan minuman, sangat sering terjadi. Resikonya cukup membuat jantungan pemiliknya, komputer mati. Senagian ada yang dapat diselamatkan, sebagian lagi tamat, karena kerusakan yang dialami cukup parah dan membutuhkan biaya yang besar, tak juah harganya dengan membeli laptop baru dengan spesifikasi biasa.

Tips lain, jangan pernah meninggalkan laptop di meja dengan tersambung ke listrik, charget dicolok ke saklar selama berhari-hari. Selain adaptor panas, tentu akan mengurangi usia masa pakainya dan resiko disengat listrik ketika ada petir di musim penghujan.

Sebaiknya, saat menggunakan laptop dan hendak menggeser posisi, jangan seret. Angkatlah dengan baik, untuk mengindari gesekan yang dapat menimbulkan baret serta mencegah kerusakan pada dudukan laptop yang terdiri dari karet.

Semoga catatan sederhana ini bermanfaat bagi Anda, terutama Kaskuser pemula yang baru mendapat laptop dan kepo tentang cara merawat laptop supaya tidak cepat rusak.

Salam Kaskuser
KataKota
Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Diubah oleh katakota
iya bang bener kalo make juga jangan di kasur cepet rusak karena panasnya juga ketahan sama kasur ama bantal engga baik juga maennlaptop di kasur tanpa alas yang keras
Balasan post Ustwanto
Tepat sekali, jika sering begitu, laptop cepat loyo, saat digunakan juga panas.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di