alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Luhut: Jokowi Minta Sejumlah Bandara Diserahkan ke Swasta
4 stars - based on 20 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdb1f56902cfe3f1e8b4568/luhut-jokowi-minta-sejumlah-bandara-diserahkan-ke-swasta

Luhut: Jokowi Minta Sejumlah Bandara Diserahkan ke Swasta

Luhut: Jokowi Minta Sejumlah Bandara Diserahkan ke Swasta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Jokowi meminta sejumlah bandara di Indonesia diserahkan kepada swasta. Di antaranya Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Bangka Belitung.

"Saya kemarin dipanggil jam 11 pagi oleh Presiden, katanya 'Itu lapangan terbang, Pak Luhut, kasihin saja. Seperti Silangit, Jakarta, Bangka Belitung, kasih privatisasi saja. Siapa yang masuk, asal hitungannya jelas'," katanya saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian Perhubungan 2019 di Jakarta, Kamis (1/2).

Luhut menjelaskan Presiden juga sempat bercerita kepadanya soal Pakistan yang mendapatkan investasi Cina melalui One Belt Road sebesar 60 miliar dolar AS. Presiden juga bercerita bahwa bandara di ibukota Pakistan, Islamabad, bahkan dibangun oleh Cina dan akan dinamakan dengan nama Presiden Cina, Xi Jinping.

"Katanya, 'Gila, bandara di ibukota mereka Islamabad itu dibangun Cina. Dibikin lapangan terbang namanya Xi Jinping Airport. Saya terkaget-kaget kok Xi Jinping Airport bisa begini.' Saya tanya kok bisa, tapi kata Presiden 'Ya biarin saja namanya karena katanya itu barangnya milik dia, nanti 10 tahun kemudian bisa diganti namanya.' Itu cerdik'," kisahnya.

Luhut mengatakan konsep seekstrem itu mungkin tidak akan bisa diterapkan di Indonesia. Namun, ia menegaskan bahwa negara sekelas Pakistan bisa melakukan ide tersebut dengan cerdik dan mampu membangun bandara kelas internasional.

"Kita belum ada apa-apa sudah ramai, soal buruh begini begitu," katanya.

Mantan Menko Polhukam itu mengatakan rencana untuk menyerahkan pengelolaan infastruktur seperti bandara kepada swasta akan segera dikerjakan. "Kita segera akan kerjakan. Semangat kami sudah begitu, akan kami lakukan, jadi swasta bisa hidup," katanya.

Ia menegaskan agar tidak ada salah persepsi bahwa ada penjualan aset kepada swasta. Pasalnya, APBN tidak akan mampu menggarap proyek-proyek infrastruktur yang ada.

"Jadi kalau misal sudah kerja sama 30 tahun, bandara itu jadi, dia mendanai, dia dapat untung, 30 tahun ke kita kan enggak masalah," katanya.

Contoh proyek infrastruktur yang diserahkan pengelolaannya kepada swasta diantaranya Tol Jagorawi yang sudah habis konsesinya bisa dikembalikan kepada pemerintah. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan ladang investasi bandara sangatlah menarik di mata investor asing.

Pasalnya, infrastruktur bandara di Indonesia punya potensi secara bisnis karena kuatnya permintaan domestik besarnya pasar di Tanah Air. Kalau bisa melancarkan investor masuk, itu bisa berkontribusi masuknya investasi asing, yang masuk ke sektor riil.

"Kalau riil begitu, tidak bisa dipindah investasinya. Mereka akan tetap di Indonesia. Jadi jangan khawatir, tinggal bagaimana kelola bandara kelas internasional," jelasnya.

https://m.republika.co.id/amp_version/p3gs32330?__twitter_impression=true

Jadi maksudnya bandara mau di lego kah??
Dulu pas kampanye ngemeng stop utang LN, dan dulu pas kampanye janji buy back saham Indosat.
Tapi itu dulu

Kenyataan sekarang malah bandara di....

Berarti janjo kampanye dulu itu HOAX
emoticon-No Hope emoticon-No Hope
Halaman 1 dari 6
emang mending swasta yg kelola biar lebih profesional pengelolaannya.
Diubah oleh jhonlenon60
Udang di balik batu
Ga masalah... Yang penting investasi masuk buka lapanga kerja
Negara makin maju
Quote:
swastanya dari luar atau dalem nih, jangan dari luar negeri lah, database2x penting bisa diambil orang luar
Proyek baru nih emoticon-Ngakak
Kenapa gak sewain pulau-pulau kecil dan kosong buat negara-negara adi daya saja? Lebih mudah, nyaman, dan bernilai lebih tinggi juga! Tinggal bikin peraturan yang super mengikat biar gak lepas pulaunya jadi mandiri, gitu saja! Biar gak bikin ramai sama rakyat juga! - - - emoticon-Smilie Cuma kasih saran saja nih!
jual ajaa sekalian pak . biar lebih banyak uangnya . ngak sekalian pulau jawa aja yg dijual . alasan biar dibangun sama swasta . diganti namanya sama investor . kita lihat aja klo sampe kejadian bandara soekarno hatta di kelola oleh swasta asing . bukan swasta nasional apa masih pendukung bapak mau mendukung ato malah malu se malu malunya .
Kenapa ga kaya ahok aja, “palakin” swasta buat dy iklan di bandara full, 1 bandara 1 pt gw yakin pada berebut, tinggal liat mane berani bayar lebih tinggi itu yg menang, pengelolaan tetep di pemerintah biar ga ribet, soalnya menyangkut hajat hidup orang banyak ini
investasi asing mulu jadi andelan, kemarin2 janjinya mencetak pengusaha

emoticon-Ngakak

abis gratisin tol yang dibangun dari pinjeman ke china sekrang mulai swastain bandara

emoticon-Wagelaseh
Diubah oleh rajin.meremas
Setau ane bandara dibatam dikelola non-AP
Monggo testimoninya yg pernah ke bandara vatam ginmana pelayanannya emoticon-Embarrassment
Biar cpt balik modal bangun lagi emoticon-Big Grin

Coba kalo swasta mo investasi dipalak abis2an emoticon-Big Grin klo negara yg bangun tol aj bisa di belokin, bikin jalan bercabang tgh2 rmh n bukit saja mampu. Pembebasan lahan n izin2 hajar beuh emoticon-Big Grin

Yg ati2 mesti investor yakin gak tuh balik modal sesuai jadwal emoticon-Big Grin
Diubah oleh ruuuruuu
Quote:


jangan gan percaya dah sama saya,baik swasta maupun bumn hasilnya akan sama baiknya mending kelola sendiri.

masih ingat petugas atc dipalu kan?

kurang profesional apa lagi coba?
jangan bawa-bawa pakistan lah,lagi krisis tuh negara.

yang lain kalo bisa misalnya yunani yang pengelolaan bandaranya juga pihak swasta,karena tekanan ecb,eh iya itu juga krisis.

lah pokoknya contoh negara lain donk...
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Presiden Jokowi meminta sejumlah bandara di Indonesia diserahkan kepada swasta. Di antaranya Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Bangka Belitung.

"Saya kemarin dipanggil jam 11 pagi oleh Presiden, katanya 'Itu lapangan terbang, Pak Luhut, kasihin saja. Seperti Silangit, Jakarta, Bangka Belitung, kasih privatisasi saja. Siapa yang masuk, asal hitungannya jelas'," katanya saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian Perhubungan 2019 di Jakarta, Kamis (1/2).
======================================================
======================================================

BUMN untung koq mau diprivatisasi
Diubah oleh tukangkredit
Balasan post jhonlenon60
Quote:


ini bukan cuma diarahkan untuk "dikelola swasta" tapi diarahkan untuk di-privatisasi

tau maksudnya di-privatisasi kan? pokoknya privatisasi

kalo gue bilang "dijual ke swasta atau asing" nanti gue jadi salah tafsir pula
Diubah oleh tukangkredit
Balasan post jhonlenon60
Quote:


Bagaimana kalo negaranya aja sekalian 🤔ide bagus ini
Quote:


lucu banget pikirannya . Sama aja ente liat orang baik yg dipenjara , ente anggap semua yg dipenjara itu orang baik , sama aja ente menilai semua orang yg di bumn kerjanya ngak bener . Klo ente nyerahin ke swasta sama aja ente menyerahkan sebagian besar devisa ke swasta . Klo ngak untung besar swasta ngak bakal mau ngambil . Klo swasta untung gede berarti yg rugi negara .
2 poin penting

1. janji untuk cebong tidak ditepati
2. mentri segala bidang sedang memberi statemen

terus kita sebagai rakyat melata disuruh ngapain?

ya gpp sih, negara jg toh milik kalian kan..
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di