alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Driver Ojol Lihat Pesawat Lion Air Terbang Miring dan Keluarkan Asap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdaf863ddd770c17b8b4568/driver-ojol-lihat-pesawat-lion-air-terbang-miring-dan-keluarkan-asap

Driver Ojol Lihat Pesawat Lion Air Terbang Miring dan Keluarkan Asap

Wanita Driver Ojol Menangis Cerita Lihat Pesawat Lion Air Terbang Miring dan Keluarkan Asap

Kamis, 1 November 2018 18:07 WIB
TribunJakarta




Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUN-VIDEO.COM, TANJUNG PRIOK - Seorang pengemudi ojek onlinebernama Anastasya Lorinda Dorkas Mengko mengaku melihat sebuah pesawat dengan tulisan 'Lion' mengeluarkan asap dari bagian roda belakangnya pada Senin (29/10/2018) pagi.

Anastasya, yang tinggal di Perumahan Bingko Permai, Karawaci, Tangerang, mengaku dirinya melihat pesawat yang mengeluarkan asap itu sekitar pukul 06.25 WIB. Saat itu, dirinya sedang berada di dalam rumah. Tiba-tiba, anaknya memanggil Anastasya dari dalam rumah karena melihat hal itu lebih dulu.

Anastasya pun keluar dari rumahnya dan melihat pesawat bertuliskan 'Lion' terbang dengan posisi miring. "Saya punya anak tiga. Anak keluar duluan teriak, 'mami ada pesawat seram'. Jadi saya keluar, saya lihat sendiri itu posisi pesawat miring ke kiri. Yakin sekali karena di situ ada tulisan 'Lion'. 


Itu terbang ke atas dengan kepala menukik ke atas setelah lewat saya lihat bodi bawah itu ada asap antara roda," kata Anastasya, Kamis (1/11/2018), di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Anastasya panik, tetapi tak terlalu memedulikannya, lalu berangkat bekerja pada hari itu.

Siang harinya, sepulang kerja, Anastasya pun menonton televisi dan terkejut melihat berita soal jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di perairan Tanjung Karawang. Pikiran Anastasya pun dipenuhi kekacauan sebab ia merasa bahwa pesawat yang mengeluarkan asap pada Senin pagi itu adalah pesawat yang sama dengan yang mengalami kecelakaan.

Baca: Bagian Black Box Lion Air JT 610 yang Ditemukan Baru FDR


Kamis siang ini, Anastasya memutuskan untuk mendatangi posko evakuasi Lion Air PK-LQP di Tanjung Priok. Anastasya datang karena merasa bersalah belum sempat memberikan kesaksian. Akhirnya, ia pun menceritakan kesaksiannya itu di hadapan dua investigator KNKT. Simak video kesaksian Anastasya di atas.

http://video.tribunnews.com/view/65351/wanita-driver-ojol-menangis-cerita-lihat-pesawat-lion-air-terbang-miring-dan-keluarkan-asap


Dari hasil penyelidikan  jatuhnya pesawat Turki dan Air Asia akibat ''Stall"

Quote:


------------------------------

Kayaknya si Lion bermasalah dengan mesinnya, bila mendengar sepintas kesaksian tukang ojol itu ... 
apa mungkin mengalami "Stall'' dan kemudian jatuh seperti kejadian yang menimpa pesawat Turki dan Air Asia diatas itu? 
Wallahu a'lam!

emoticon-Takut
Apa itu Stall ???

Setelah kita membahas 4 faktor apa saja yang terdapat di sayap peswat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang, Apa itu Stall. Yuk kita simak sama-sama

Stall



Stall adalah keadaan pesawat yang kehilangan gaya angkat sehingga tidak sanggup lagi melayang di udara sehingga jatuh dari ketinggian dan tidak terkendali. Stall akan terjadi ketika daya angkat hilang. Kehilangan daya angkat ini bisa terjadi bila aliran relatif di atas pesawat hilang karena kecepatan pesawat lebih rendah dari minimun yang mungkin disebabkan oleh mesin mati. Ingat, "tidak ada kecepatan, tidak ada daya angkat." Bila pesawat kehilangan dorongan karena mesin mati, laju terbang jadi berkurang, dengan sendiri nya daya angkat akan semakin kecil. Bila kondisi tersebut terjadi untuk waktu yang cukup lama hingga kecepatan pesawat semakin pelan, maka daya angkat akan hilang sama sekali dan pesawat akan memasuki kondisi stall. Bagaimana dengan pesawat bermesin tunggal? Hanya satu yang dapat dilakukan oleh penerbang yaitu terbang menurun agar kecepatan tidak berkurang dari kecepatan minimun, dengan kata lain, agar lebih besar dari kecepatan stall.

Driver Ojol Lihat Pesawat Lion Air Terbang Miring dan Keluarkan Asap

Stall akan terjadi lebih dini bila pesawat dalam keadaan/dalam kondisi miring atau berbelok. Atau dalam pesawat angkutan yang mengalami tidak seimbangan muatan sehingga titik pusat gravitasi pesawat berpindah dan sikap pesawat tidak dapat diperbaiki hingga daya angkat dipulihkan kembali.

Telah diterangkan sebelumnya: Tidak ada kecepatan, tidak ada daya angkat. Dari sini bisa kita tarik kesimpulan bahwa bila laju pesawat terbang diperlambat, kondisi tidak berubah menjadi aman namun justru mendekati keadaan bahaya. Oleh karena itu setiap pabrik pesawat terbang selalu menentukan kecepatan minimum yaitu kecepatan paling rendah yang diperbolehkan.

Pesawat akan terus jatuh apabila dibiarkan stall. Oleh karena itu penerbang harus melakukan pemulihan agar keluar dari kondisi stall dan tidak kehilangan ketinggian secara drastis. Tindakan pemulihan yang dilakukan setiap penerbang adalah sebagai berikut:
  • Segera matikan auto-pilot dan dorong kemudi kedepan seraya menjaga sayap tetap datar. Pada kondisi menekuk ini segera mungkin tambahkan daya mesin hingga penuh untuk menambah kecepatan.
  • Setelah kecepatan pesawat meningkat melewati Vs dan kecepatan aman minimun tercapai tarik kemudi kontrol secara perlahan agar pesawat segera naik.

Setiap penerbang pasti pernah mengalami Stall. Tentu saja stall ini terjadi ketika penerbang dalam pendidikan penerbang. Mereka dilatih untuk menghadapi stall, dengan sengaja membuat pesawat dalam kondisi stall yang bertujuan agar terlatih untuk menghadapi kondisi stall.Pada saat melakukan latihan seperti itu pesawat bisa kehilangan ketinggian sampai 1000 feet. Latihan ini dilakukan berulang-ulang sampai penerbang dapat keluar dari kondisi stall dengan kehilangan ketinggian seminimum mungkin secara cepat dan cekatan.

Penerbang selalu sadar akan hal itu. Peringatan instruktur selalu teringang di benak nya apabila kecepatan terbang berkurang terus. Yang paling penting adalah penerbang harus selalu waspada. Dan perlu disadari bahwa tidak seorang penerbang pun yang membiarkan pesawat nya stall dan jatuh tak terkendali. Selama pesawat masih terbang, para penerbang harus menyadari ini demi keselamatan penerbang.

Dengan teknologi semakin maju, kini setiap pesawat terbang komersil dilengkapi dengan suatu sistem yang disebut sistem peringatan stall (stall warning). Alat ini akan bekerja ketika posisi pesawat terbang menanjak terlalu tajam dengan kecepatan terbang (airspeed) sangat rendah. beberapa saat sebelum pesawat masuk dalam kondisi stall, stick shaker akan menggetarkan kemudi pengontrol dengan sangat keras sehingga penerbang yang memegangnya dapat merasakan getaran tersebut.

Dengan adanya peringatan di pengemudi pengontrol, penerbang dapat lebih dini mencegah terjadinya stall. Usaha pemulihan pada tahap ini akan lebih sederhana dibandingkan pemulihan setelah pesawat memasuki kondisi stall. Apabila pesawat sudah memasuki kondisi stall, maka stick shaker akan terus bekerja, dan sistem peringatan stall akan mengeluarkan suara sirine yang sangat keras dengan lampu merah terang berkelip-kelip.
https://seputarduniapenerbangan.blog...itu-stall.html

Diubah oleh annisaputrie
ada kebakaran dalam kabin atau kokpit pesawat mungkin.
harus dianggkat bangkai pesawatnya berarti klo memang ada api,untuk cari sumber api yang sampai bisa menyebabkan hilang kontrol,biasanya sih di kelistrikannya.
emoticon-Turut Berduka
nunggu knkt ajalah.
Quote:



berdasarkan asumsi ini, besok2 pabrikan pesawat kayak Boeing dan AirBus tidak akan memasang black box lagi dalam pesawatnya, tapi driver ojek online akan diikutsertakan dalam setiap penerbangan.

karena terbukti informasi dari driver ojek online lebih bermanfaat dibandingkan dengan black box.


Quote:


Quote:


Driver Ojol Lihat Pesawat Lion Air Terbang Miring dan Keluarkan Asap
Quote:
Maksudnya OJOL nya diselipin di ekor pesawat pengganti kotak hitam

emoticon-Leh Uga

Quote:
kemana aja nih org selama 3 hari kebelakang? kenapa mesti dipake sih itu jaket perusahaan?
(pertanyaan ala netizen indonesia)
emoticon-Leh Uga
Balasan post hendarsyahss
Quote:


bukan OJOL nya tapi DRIVER OJOL nya emoticon-Cape d... (S)
Nyari sensasi lagi~
coba dicek driver ojol nya itu dari kaum kampret bkn

kalo iya takutnya hoaxemoticon-Malu
Diubah oleh mansion_999
baca di tirto, nih pesawat di beberapa flight terakhir, emang agak gak beres kinerjanya
ane tetap setia naik pesawat yang pakai BOEING..

emoticon-Cool

JT GA SJ IN

emoticon-Cool
Mesinnya bermasalah ya?
Tajem juga ya matanya. Bisa baca tulisan di badan pesawat di jarak yg lumayan jauh gitu.
emoticon-Matabelo
Balasan post smedev.id
Quote:


Driver ojol mgkn hanya ingin memberikan informasi yg dirasa berhubungan dengan jatuhnya pesawat.klo hasil olah blackbox udah keluar,nnti lbh detailnya ketahuan.

Ane gak faham apa yg d record d blackbox.apakah kinerja mesin juga recorded,atau hanya rekaman dcockpit.

Pusing baca teori stall stallan. Kalo mau gampang kaya gw waktu main gim ace combat. Gw kaga bisa milotin nya tuh pesawat jet sering stall emoticon-Leh Uga
yang pasti pilot nya gak lihay emoticon-Cool
klo lihay yak bisa mendarat dengan selamat,
pesawat musti ada mesin cadangan, khusus darurat mendarat.
Itu posisi jauh bnget loh, driver ojol matanya +20? Klo mata normal mah kemungkinan bisa jatuh deket pemukiman.
ternyata dr awal takeoff udah bermasalah. mengeluarkan asap berarti ada yg terbakar.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di