alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Turki paparkan kronologi pembunuhan Khashoggi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdae525925233dc068b4569/turki-paparkan-kronologi-pembunuhan-khashoggi

Turki paparkan kronologi pembunuhan Khashoggi

Turki paparkan kronologi pembunuhan Khashoggi
Demonstran memegang foto Jamal Khashoggi dan lilin saat berunjuk rasa di depan Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki (25/10/2018).
Hampir sebulan berlalu setelah peristiwa pembunuhan jurnalis asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi di Istanbul, Turki, dalam gedung konsulat negeranya sendiri, oleh orang sebangsanya juga.

Pada Rabu (31/10/2018), pemerintah Turki, melalui Kepala Kejaksaan Istanbul, Irfan Fidan, memaparkan kronologi versi mereka kepada media mengenai pembunuhan yang terjadi pada 2 Oktober 2018. Ini menjadi keterangan resmi pertama yang dikeluarkan pemerintah Recep Tayyip Erdogan terkait kasus pembunuhan tersebut.

Fidan, dalam pernyataan tertulis seperti dikutip The Guardian, memaparkan jurnalis berusia 59 tahun yang mengasingkan diri ke Amerika Serikat tersebut dicekik hingga tewas sesaat setelah ia melangkah masuk ke dalam konsulat.

Khashoggi, kolumnis The Washington Post yang kerap mengkritik keluarga penguasa Saudi, terutama putra mahkota Pangeran Muhammad bin Salman, mendatangi konsulat untuk mengurus surat-surat agar bisa menikahi kekasihnya, Hatice Cengiz, seorang warga negara Turki.

Setelah tewas, lanjut pernyataan itu, tubuh Khashoggi dimutilasi dan dihancurkan. Tim penyelidik Turki yakin sisa jasad Khashoggi dibuang di dekat rumah konsul jenderal, dihancurkan menggunakan asam, atau dibuang ke sebuah sumur di rumah itu.

Tubuh Khashoggi belum ditemukan hingga saat ini.

Para pejabat pemerintah Turki telah menuntut Arab Saudi agar memberi tahu di mana jenazah Khashoggi dan membuka identitas "kaki tangan lokal" yang disebutkan oleh Menteri Luar Negeri Saudi, Adel al-Jubeir.

Pernyataan Kejaksaan Istanbul ini dirilis setelah Jaksa Agung Saudi, Syekh Saud al-Mojeb, meninggalkan Istanbul. Mojeb datang ke Istanbul pada awal pekan dan tinggal selama dua hari untuk melakukan investigasi dan berdiskusi dengan pemerintah Turki.
Turki paparkan kronologi pembunuhan Khashoggi
Jaksa Agung Arab Saudi, Saud al-Mujeb, tampak di mobil saat meninggalkan gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki (30/10/2018).
Jaksa Agung Saudi sama sekali tidak memberikan pernyataan kepada media selama kunjungannya tersebut.

"Meski kami berniat baik berusaha untuk mengungkap kebenaran, tidak ada hasil konkret dari pertemuan-pertemuan (dengan Jaksa Agung Saudi) itu," kata Fidan dalam pernyataan tertulis.

Sebelumnya, pemerintah Saudi telah memberikan keterangan yang berbeda-beda mengenai tewasnya jurnalis yang mengasingkan diri karena khawatir ditangkap pemerintah Saudi akibat kerap mengkritik kebijakan Pangeran Muhammad bin Salman--populer disebut MbS.

Awalnya mereka menyatakan Khashoggi telah meninggalkan gedung konsulat dan tidak mengetahui keberadaannya.

Cerita itu kemudian berubah, terutama setelah beredar bukti berupa foto kehadiran 15 warga Saudi ke Istanbul berbarengan dengan hilangnya Khashoggi. Mereka diduga adalah agen pemerintah yang dititahkan untuk membawa jurnalis itu ke Riyadh.

Awalnya Saudi menyatakan bahwa 15 orang itu hanya warga mereka yang pesiar ke Turki.

Pemerintah Saudi, dua pekan setelah peristiwa tersebut, akhirnya menyatakan Khashoggi telah terbunuh dan 15 orang itu bertindak tanpa sepengetahuan kerajaan, meski beberapa orang di antaranya kemudian teridentifikasi sebagai pengawal MbS. Saudi menyebut mereka sebagai "pembunuh liar" (rogue killer).

Akan tetapi, Saudi menyatakan pembunuhan itu tidak direncanakan oleh rogue killer tersebut dan terjadi karena Khashoggi memberikan perlawanan saat akan diinterogasi.

Saudi kemudian memeriksa 15 orang tersebut, ditambah tiga orang lainnya. Beberapa pejabat senior, termasuk Saud al-Qahtani (penasihat MbS) dan Mayor Jenderal Ahmed al-Asiri, seorang pejabat senior di kantor intelijen, dicopot dari jabatan mereka karena diduga mengetahui aksi itu tapi tak melaporkannya.

Pekan lalu, ceritanya kembali berubah. Kejaksaan Saudi, dikutip BBC, menyatakan pembunuhan itu "direncanakan" dan MbS, yang diperintahkan ayahnya, Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud, untuk mengupas tuntas misteri pembunuhan tersebut berjanji akan menghukum berat semua yang terlibat.

Fidan menyatakan telah meminta agar 18 orang tersangka yang ditahan Saudi diekstradisi ke Turki. Permintaan itu ditolak, tetapi Mojeb mengundang pejabat kejaksaan Istanbul untuk datang ke Riyadh guna menginterogasi para tersangka di bawah pengawasan Saudi.

Turki bersikeras agar 18 orang itu diperiksa dan diadili di Istanbul karena pembunuhan terjadi di kota itu. Sementara Arab Saudi bersikeras mereka harus diadili di Riyadh karena pembunuhan terjadi atas warganya, oleh warganya, dan di dalam konsulatnya.
Turki paparkan kronologi pembunuhan Khashoggi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...uhan-khashoggi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Turki paparkan kronologi pembunuhan Khashoggi Jauh dari keluarga, dekat bau anyir

- Turki paparkan kronologi pembunuhan Khashoggi Tarif listrik tak naik, subsidi makin tinggi

- Turki paparkan kronologi pembunuhan Khashoggi IHSG ditutup menguat hingga level 4.27



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di