alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdadc20925233287b8b4567/resep-jajanan-nusantara-kue-klepon

Resep Jajanan Nusantara Kue Klepon

Resep Jajanan Nusantara Kue Klepon

Jajanan Nusantara yang seringkali mengungguah selera tapi tidak mungkin rasanya bagi kita untuk harus mengunjungi tempat tertentu guna mendapatkan jajanan tersebut. Jika Kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mendapatkan jajanan Nusantara, Kamu bisa memesannya secara online melalui Apps Wakuliner atau mengunjungi laman kami di wakuliner.com.

Pada artikel ini, Wakuliner akan memberikan beberapa resep jajanan Nusantara untuk Kamu yang mungkin ingin mencoba membuat sendiri di rumah. Berikut ulasannya.

Pertama adalah kue lumpur. Kue lumpur adalah jajanan pasar yang termasuk makanan ringan. Bahan utamanya yaitu santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewangi digunakan vanila dan seringkali diberi hiasan kismis dan kelapa muda iris di permukaannya. Kue ini tergolong dalam kue basah sehingga tidak tahan disimpan lama.

Bagaimana cara membuatnya dirumah? Caranya adalah lelehkan margarin, ambil tempat untuk mencampurkan bahan seperti telur, gula, vanili dan kentang, lalu campurkan tepung terigu, santan, garam dan margarin yang sudah dilelehkan tadi. Panaskan cetakan dengan api kecil, kemudian masukan adonan ke dalam cetakan yang sudah dilumuri margarin. Tambahkan toping kismis atau kelapa muda dan masak selama dua menit hingga matang.

Kedua ada jajanan klepon. Klepon terkadang juga disebut onde-onde manis. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah dimasak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Bagaimana cara membuatnya? Cara membuat kue klepon adalah dengan mencampur tepung beras, tepung ketan, garam, pasta pandan dan air secukupnya. Haluskan gula merah sebagai isian, kemudian ambil adonan secukupnya dan pipihkan, beri isian gula merah dan gulung hingga berbentuk bulat. Masukan kedalam air mendidih sampai matang dan mengambang, tiriskan dan tambahkan parutan kelapa. Kue klepon siap disantap.

Dan yang ketiga ada onde-onde. Onde-onde terbuat dari tepung terigu, kadang juga dibuat dari tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi atau dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

Wakuliner, Solusi Kuliner!
Silahkan download di Android & iOS dengan klik disini.
Atau kunjungi website kami di wakuliner.com
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di