alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdad15a582b2e7f6e8b4586/jangan-mau-kalah-wanita-juga-perlu-miliki-5-keahlian-perihal-mobil

Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil

Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil

Saat ini kita terbiasa melihat wanita menyetir mobil, bahkan mungkin kita pernah naik bus ataupun taksi yang sopirnya adalah seorang wanita.

Zaman sekarang, tanpa perlu menunggu suami atau pasangan untuk mengantar, wanita tinggal ambil kunci dan meluncur dengan kendaraan roda empat miliknya.

Sayangnya, banyak kaum hawa, yang hanya tahu cara menggunakan mobil tanpa tahu perawatannya, padahal perawatan kecil membantu Anda, para wanita, untuk bisa berkendara dengan lebih aman dan nyaman. 

Apa saja sih, keahlian-keahlian kecil itu?


1. Mengetahui cara mengganti ban
Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil
Ban kempes selalu jadi musuh nomor satu dalam keadaan darurat. Para pengendara laki-laki, biasanya langsung menyisingkan lengan baju dan mengganti ban. 

Nah, Anda jangan mau kalah! Kuncinya bukanlah tenaga, melainkan peralatan yang tepat. Pastikan ban serep yang ada di bagasi Anda dalam kondisi baik.

Sedangkan peralatan pendukung, seperti dongkrak biasanya tersedia di kompartemen kecil yang juga ada di bagasi. Longgarkan mur ban, sebelum Anda mendongkraknya. Putar ke kiri untuk melonggarkan, ke kanan untuk mengencangkan.

Agar mahir melakukannya, tak ada salahnya berlatih mengganti ban di waktu senggang.


2. Mengetahui cara membaca warning light di dashboard
Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil
Bila ada simbol yang menyala di dashboard Anda, berarti ada sesuatu yang salah. Oleh karena itu, pelajari dulu arti simbol-simbol tersebut. Seperti Check Engine Light, Oil Light ABS brake light dan Airbag light.

Anda harus ingat bahwa lampu-lampu ini adalah bentuk komunikasi mobil kepada Anda. Simbol-simbol ini akan memberitahu Anda kalau ada masalah di dalamnya. Sebagai contoh, bila oil light menyala, segera cek bagian tersebut.

Dengan mengetahui cara membaca simbol-simbol ini, Anda akan terbantu dalam mengatasi masalah sebelum akhirnya menjadi serius.


3. Mengetahui cara memeriksa oli dan radiator
Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil
Mobil Anda bisa berjalan mulus bila oli dan air radiatornya cukup. Kedua cairan ini berperan penting dalam 'kehidupan' mobil Anda karena merupakan nyawa agar semua benda di bawah kap tidak aus atau karatan.

Air radiator bahkan berperan sebagai pendingin mesin agar tidak kelewat panas. Gunakan dip stick (semacam batangan tipis yang terbuat dari besi) untuk memeriksa oli. Bila oli yang berbekas di dip stick berada di level bawah maka sudah saatnya Anda mengganti oli. 

Atau mau coba cara mudahnya? Gunakan kemampuan 

Anda membaca simbol di dashboard kalau ada simbol kuning berbentuk tetesan oli, itu artinya oli Anda bermasalah. Sedangkan untuk radiator Anda wajib memeriksanya sebulan sekali. Tapi dalam cuaca yang cukup panas ganti jadwal itu menjadi sebulan 2 kali.


4. Mengetahui cara mengganti wiper
Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil
Wiper merupakan penyelamat Anda saat berkendara dalam derasnya terpaan hujan. Penggunaan wiper yang terlalu lama, bisa merusak kaca mobil. Dan yang paling menakutkan, wiper tak dapat berfungsi saat hujan deras.

Membaca kembali buku manual mobil Anda, tentang ukuran dan jenis wiper yang digunakan. Bukan hanya jenis, buku manual itu biasanya juga menyimpan langkah-langkah penggantian wiper. Dan langkah-langkah tersebut, termasuk mudah untuk Anda ikuti.


5. Mengetahui cara jumping aki
Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil
Sering lihat aksi kaum Adam yang berbagi power aki? Hal ini terjadi bila salah satu mobil tak mau menyala saat di start. Dan jangan salah, sesekali Anda pasti juga akan terjebak dengan situasi ini. Oleh karena itu persiapkan diri Anda dengan ilmu dan peralatan yang tepat.

Siapkan Kabel positif-negatif yang merespon kutub-kutub di aki Anda. Lepas penutup akinya dan Anda akan lihat jenis kutubnya (-) dan (+). Saat mobil Anda (dan rekan yang membantu) dalam keadaan mati, jepit kutub-kutub itu dengan kabel tersebut.

Biarkan rekan Anda dulu yang menyalakan mobilnya. Tunggu beberapa saat dan barulah Anda mulai menstarter. Kalau mobil Anda sudah menyala, lepas kabel tersebut dan biarkan mesin menyala selama kurang lebih 30 menit.

So Girl! Tak hanya membuat perjalananmu aman dan nyaman, kemampuanmu dalam menangani 5 hal tersebut juga membuatmu tampak lebih keren!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/women/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil 9 Ekspektasi Vs Realita yang selalu Dialami di Keseharian Para Cewek

- Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil Khusus Wanita Ajang Balap W Series Bakal Digelar Tahun Depan

- Jangan Mau Kalah, Wanita Juga Perlu Miliki 5 Keahlian Perihal Mobil 7 Hero Wanita Mobile Legends Ini Berwajah Rupawan Tapi Mematikan



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di