alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdacd9198e31b164a8b456e/ayo-utamakan-bahasa-indonesia-lestarikan-bahasa-daerah-dan-kuasai-bahasa-asing

Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!


Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Setiap tanggal 28 Oktober, kita sebagai warga negara Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda. Sebuah peringatan akan sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Masih dalam suasana Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung beberapa hari silam, mari kita membahasnya yuk, GanSis!


Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Seperti sama-sama kita ketahui poin ketiga dari Sumpah Pemuda adalah "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Yang bermakna bahwa bahasa Indonesia merupakan penanda entitas Indonesia sekaligus alat pemersatu masyarakatnya.

Namun sayangnya di era serba globalisasi tidak sedikit generasi pemuda yang kurang peduli terhadap bahasa Indonesia. Para muda-mudi cenderung mencampuradukkan bahasa Indonesia dengan bahasa asing (terutama bahasa Inggris). Hal ini bisa kita telusuri dari berbagai media yang ada di internet, televisi, hingga radio.


 
"which is", "exactly", "basically", "prefer" ~

Apakah Agan & Sista pernah menyelipkan kata atau frasa di atas ketika berbicara bahasa Indonesia? Mungkin iya mungkin juga tidak. Jangan khawatir, saya juga pernah kok. emoticon-Blue Guy Peace

Tidak masalah sih sebenarnya. Hanya saja ketika kita mengengok kembali poin ketiga dari Sumpah Pemuda yang telah dijabarkan di atas, kok sepertinya ada yang mengganjal ya? emoticon-Bingung (S)


Mengapa kita sering melakukan kesalahan berbahasa Indonesia?
Ketika kita berbahasa baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, kesalahan tidak jarang terjadi akibat beberapa hal. Tiga hal utama yang menjadi penyebabnya antara lain: tidak tahu, tidak cermat, dan/atau tidak peduli.

Yang acap kita temui dalam keadaan sehari-hari biasanya adalah karena tidak peduli. Dalam penulisan dan percakapan tidak resmi masih bisa dimaklumi lah, tapi apabila sudah masuk ranah resmi apalagi menyangkut profesionalitas di bidang pendidikan dan pekerjaan, tentu kesalahan berbahasa Indonesia tidak boleh dianggap sepele.


Mengapa kita harus berbahasa Indonesia yang baik dan benar?
Karena berbahasa yang baik dan benar menunjukkan dua hal:
1. Baik berarti kita memahami suatu konteks dalam pembicaraan maupun tulisan.
2. Benar berarti menunjukkan akan kecerdasan atau kecendekiaan.

Tulisan atau ucapan yang disusun dengan baik, kosakatanya beragam, serta struktur kalimatnya rapi tentu akan menimbulkan kesan yang lebih baik ketimbang tulisan maupun ucapan yang berantakan.


Satu bahasa dalam satu kalimat
Mungkin penilaian Agan & Sista bisa saja berbeda, tapi menurut pandangan saya kepiawaian seseorang bisa dinilai dari penggunaan bahasa yang ia pakai dalam satu kalimat. Apakah dicampur dengan bahasa lainnya? Atau kah sebaliknya?

Untuk itu, ada baiknya kita menjaga konsistensi dalam berbahasa.


Seberapa penting bahasa Indonesia?
Bahasa Indonesia lahir karena motivasi politik para pendahulu kita demi terbentuknya identitas Indonesia sebagai suatu bangsa.

Meskipun cikal bakal Sumpah Pemuda terbentuk dari kongres yang lebih banyak diisi dengan bahasa Belanda dan bahasa daerah, toh pada akhirnya impian mulia akan adanya bahasa persatuan dapat terwujud hingga saat ini.

Jika kita ingin Indonesia masih ada, utamakanlah bahasa Indonesia sebagai sarana pemersatu.


Bagaimana nasib bahasa daerah dan bahasa asing?
Dapat kita pahami dari poin ketiga Sumpah Pemuda bahwa bahasa Indonesia sudah selayaknya jadi prioritas. Lantas apakah kita meninggalkan bahasa daerah dan bahasa asing? Jawabannya tidak dong.

Kita pasti ingin Indonesia menjadi bangsa yang maju. Maka kita tidak boleh tertinggal dari masyarakat dunia dalam berbagai bidang, termasuk bahasa.

Utamakan bahasa Indonesia karena itu adalah bahasa nasional kita, pelihara bahasa daerah karena itu adalah ciri budaya kita, dan jangan lupa kuasai bahasa asing. Jangan sampai mereka yang menguasai kita.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
____________________

SUMBER GAMBAR
Langfocus
Diubah oleh ideotlogi
Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

HOT THREAD SEBELUMNYA, MAMPIR GAN & SIS

Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Jangan Melancong ke Luar Negeri Sebelum Baca Tulisan Ini! HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Tips & Trick Drone Photography HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

5 Game 'Tiruan' yang Bikin Kecewa, Apa Saja? HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Temukan 5 Easter Egg Tersembunyi dalam Game Fortnite Battle Royale! HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

10 Video Games yang Berjaya pada Masanya HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Ternyata Ini 4 Alasan Utama Seseorang Menjadi Vegan HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Ternyata Ini 6 Alasan Utama Seseorang Berhenti Menjadi Vegan atau Vegetarian HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

7 Hal Penting Terkait Depresi dan Bunuh Diri yang Perlu Kita Ketahui HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

5 Pelajaran Penting dari Sang Jawara Konservasi Sungai Pesanggrahan HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Jangan Kirim Lamaran Kerja Lewat E-mail Sebelum Baca 7 Poin Penting Ini! HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Siapa Pembelian Pemain Terbaik Arsenal di Era Kepelatihan Arsène Wenger? HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Siapa Jurnalis Sepakbola Favorit Kaskuser? HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

[REVIEW] Hape Keren Gak Pake Mahal HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Alex Mullen Juara World Memory Championship 2017 HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Indonesia Raih 22 Medali di Korea Open Memory Championship 2017 Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

KASKUS Memory Sport HOT

Cara Ampuh Mengingat Berbagai Hal dari Sang Juara Dunia HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

8 Hal yang Lebih Berharga Daripada IQ untuk Raih Kesuksesan HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Salah Kaprah Membedakan HIV dengan AIDS HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Kemajuan Industri Kreatif di Indonesia HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Awas Bahaya Umbar Privasi di Jejaring Sosial! HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

15 Fakta Menakjubkan Sistem Metro di Dunia HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Salah Kaprah Membedakan HIV dengan AIDS HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

13 Nama Tempat Ini Mirip dengan Istilah Internet HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Fakta Unik Seputar Studio Animasi Pixar HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Selebriti Ini Tampak Lebih Tua dari Sebayanya HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

22 Cara Menghilangkan Bosan Tanpa Gadget & Komputer HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

Bosan dengan Youtube? Coba dengan yang Satu Ini HOT THREAD Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

10 Fakta Menakjubkan Seputar Korea Selatan Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!

30 Kreasi Kop Surat Paling Unik dan Kreatif

10 Film Bollywood Terlaris Sepanjang Masa Ayo Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing!
Diubah oleh ideotlogi
jgn2, manusia slama ini bermasalah karna "tidak tahu, tidak cermat, dan/atau tidak peduli" emoticon-Embarrassment
Quote:


Itu himbauan yg borongan ...emoticon-Matabelo
Kadang bahasa indonesia, kadang bahasa daerah (kebanyakan sunda), kadang pakai bahasa indonesia serapan dari bahasa luar emoticon-Smilie
Negara kita beragam ya gaan bahasanyaa.
ane campur2 bahasa daerah ma indonesia jadi jowonesiaemoticon-Ngakak
Diubah oleh kucingkuncung
waduh campur2 ane gan, kadang indo, kadang jawa, kadang sunda
Quote:


Bisa jadi, gan. emoticon-Malu

Quote:


Sudah diedit, gan.

Quote:


Iya itulah indahnya Indonesia, bahasanya beragam tapi tetap satu bahasa nasional.

Quote:


Jongris opo Jonglish? emoticon-Bingung (S)

Quote:


Sesuaikan lawan bicara dan konteks, gan.

Quote:


Terima kaish, gan.
Quote:


Jawa indonesiaemoticon-Big Grin
Quote:


Masih agak nyambung kalau dua bahasa itu, gan.
"Aku iki wong jowo cok"

ini bahasa daerah ku, daerah mu mana? emoticon-Malu (S)
kadang campur2 ya kalo pas dikantor

contohnya:

Q: dah beres belum?

A : Wis oke (ok) dari tadi

jawa inggris indonesia emoticon-Leh Uga

Diubah oleh WYO
Quote:


Masih mending
di kampus gua malah jawa madura indonesia emoticon-Ngakak
ex:
kamu itu cek ayu nya
(kamu itu cantik banget sih)
Sangat penting nih menguasai banyak bahasa, buat berkomunikasi dgn orng bnyak entah dari suku manapun dan negara manapun


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di