alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Reksa Dana /
Tau Kah Agan: Apa Itu Reksa Dana Pendapatan Tetap?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdab57760e24bab6c8b4568/tau-kah-agan-apa-itu-reksa-dana-pendapatan-tetap

Tau Kah Agan: Apa Itu Reksa Dana Pendapatan Tetap?

Reksa Dana Pendapatan Tetap





Seperti yang udah di jelasin di thread sebelum-sebelumnya, jenis reksadana terbagi menjadi empat yakni reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Kemarin ane udah coba jelasin lebih dalem soal reksadana saham sama reksadana pasar uang. Naah kali ini ane mau coba jelasin tentang reksadana pendapatan tetap. Yuuk mariii…..


Apa yang dimaksud dengan reksadana pendapatan tetap?

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80 persen dari asetnya dalam bentuk efek utang atau obligasi. Obligasi atau surat utang ini bisa yang diterbitkan oleh perusahaan (korporasi) maupun obligasi pemerintah.

Tujuannya untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Risikonya relatif lebih besar daripada reksadana pasar uang tetapi lebih moderat dibandingkan saham sehingga cocok untuk jangka waktu 1 sampai 3 tahun.

Siapa yang cocok berinvestasi dalam reksadana pendapatan tetap?

Sebelum berinvestasi, kita sebagai investor juga perlu mengerti karakteristik diri kita yang akan menentukan jenis reksadana yang cocok bagi kita. Hal ini bisa diketahui dengan profil risiko kita sebagai investor. Sesuai dengan karakternya, reksadana pendapatan tetap ini memiliki tingkat pengembalian hasil yang stabil karena memiliki aset surat utang atau obligasi yang memberikan keuntungan berupa kupon secara rutin.

Dalam jangka pendek dan menengah, nilai aktiva bersih (NAB) dari reksadana pendapatan tetap cenderung naik stabil dan tidak banyak berfluktuasi (naik-turun). Karena itu, reksadana ini cocok untuk investor bertipe konservatif (risk averse).
Investor bertipe konservatif ini memiliki profil risiko yang rendah dan cenderung menghindari risiko (risk averse). Dalam hal berinvestasi, investor ini lebih menyukai instrumen investasi yang aman dan takut jika pokok investasi (modal awal) akan berkurang. Selain itu, tipe investor ini juga merasa nyaman dengan instrumen investasi yang imbal hasilnya tidak terlalu besar tetapi bergerak stabil.

Investor dengan profil risiko sedang atau moderat juga bisa memilih reksadana ini dengan tujuan investasi jangka menengah.

Nah gitu gan kira-kira tentang reksadana pendapatan tetap.. sampe sejauh ini gimana nih? agan tertariknya sama yang mana? kalo udah paham coba cek aja gan di Bareksa.com, kita punya data lengkap dan update tentang itu semua, jadi agan tinggal liat trus pilih deh mana yang kira-kira cocok sama karakter agan.

oke untuk sekarang cukup segitu dari ane nih, kalo ada pertanyaan tentang apapun langsung aja ya gan tulis di kolom komentar.. 


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di