alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 Gunakan Sistem Open Call
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdaa59fc0d770420b8b4568/konser-karawitan-anak-indonesia-2018-gunakan-sistem-open-call

Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 Gunakan Sistem Open Call

Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 Gunakan Sistem Open Call

JPP JAKARTA - Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 diselenggarakan untuk mendukung upaya pembinaan dan pelestarian budaya nasional Indonesia. Kegiatan ini juga berupaya untuk penguatan karakter bangsa berbasis seni musik dan upaya mengevaluasi hasil pembinaan kesenian di daerah. Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 menggunakan sistem baru yang disebut open call untuk seleksi wakil daerah yang dikirim.

Ketua Panitia Pelaksana Konser Karawitan Anak Indonesia 2018, Edi Irawan, mengatakan, selama ini proses perekrutan peserta hanya bersurat ke dinas terkait di daerah untuk mengirimkan wakil di setiap daerah.

“Setelah tahun 2012 kita evaluasi. Kok sanggar yang datang itu-itu saja, dan orangnya juga itu-itu saja. Setelah kita evaluasi kita melihat cara baru untuk merekrut peserta atau wakil daerah dengan tujuan agar meningkatnya kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas tampilan dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Open call yakni sistem yang terbuka untuk semua peserta seleksi dengan mengirimkan video melalui posel (email). Pada tahun ini, setiap dinas provinsi mengirimkan lima hingga sepuluh video ke pihak penyeleksi atau kurator lalu dipilih satu yang terbaik. Sistem open call ini bertujuan untuk perluasan akses agar semua orang dapat mengikuti seleksi.

Edi Irawan menegaskan, Konser Karawitan bukanlah perlombaan, melainkan selebrasi merayakan musik tradisional dari seluruh Indonesia “Tidak ada yang terbaik dan tidak ada juara 1, 2, dan 3. Karena semuanya terbaik, sehingga yang ada adalah yang terpilih.

Ia menambahkan, Konser Karawitan tidak boleh disamakan dengan lomba. “Karena Papua dan Aceh standar estetikanya berbeda, dan alat- alat yang digunakan pun berbeda. Kalau untuk musik tradisional itu beda, Papua dengan Tifa, Aceh dengan Rapai, ya tidak bisa ketemu,” tutur Edi.

Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 menampilkan sanggar kesenian dari 31 provinsi yang sebelumnya telah diseleksi oleh kurator. Kelompok terpilih kemudian diberikan pelatihan peningkatan kompetensi melalui lokakarya, dan kemudian berkesempatan menampilkan karyanya pada acara Konser Karawitan Anak Indonesia 2018.(dik)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/seni-rup...stem-open-call

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 Gunakan Sistem Open Call OOC 2018, Hasilkan 287 Komitnen Senilai US$10 Miliar

- Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 Gunakan Sistem Open Call Bangun Karakter Lewat Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional

- Konser Karawitan Anak Indonesia 2018 Gunakan Sistem Open Call BKPM: Realisasi Investasi Triwulan III-2018 Rp 173,8 Triliun



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di