alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Damai sebagai Bangsa Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdaa378a09a392c468b4568/damai-sebagai-bangsa-indonesia

Damai sebagai Bangsa Indonesia

Damai sebagai Bangsa Indonesia

Memperingati hari Sumpah Pemuda ane mau buat thread tentang bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan budaya dan juga alamnya. Berbagai macam kekayaan budaya tercermin lewat beragamnya rumah adat, bahasa daerah, tarian daerah, pakaian/kain khas daerah, seni musik, berbagai macam masakan khas setiap daerah, dan lain-lain. Sudah beratus-ratus tahun negara kita terkenal sebagai bangsa yang ramah.

Damai sebagai Bangsa Indonesia
Sumber gambar: Bangsa Indonesia

Berkat kemajuan teknologi, komunikasi semakin dipermudah. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, di mana saja dengan cepat dan mudah. Masalahnya kemudahan teknologi itu banyak disalahgunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memecah-belah persatuan bangsa kita dengan menyebarkan berita-berita yang tidak benar (bohong). Berita bohong ini disebut dengan hoax. Bukan hanya menyebarkan kebohongan, tapi juga di dalamnya menyebarkan kebencian terhadap pihak lain. Akhirnya kedamaian di bangsa kita jadi rusak.


Mengingat semangat Sumpah Pemuda, yaitu “Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.”, juga semboyan negara kita, “Bhinneka Tunggal Ika” yang menyatakan dengan jelas walaupun kita berbeda-beda tapi sebagai satu kesatuan, sudah sepatutnya kita semua selalu menjaga kesatuan bangsa kita. Perbedaan yang ada hendaknya tidak menjadi dasar atau alasan untuk membuat pertikaian atau bahkan perpecahan.

Damai sebagai Bangsa Indonesia
Sumber gambar: Bhinekka Tunggal Ika

Jika bangsa kita hanya terdiri dari satu suku bangsa sekalipun, tidak menjamin adanya persatuan kalau memang tidak dijaga oleh semua pihak. Selama masih ada sikap mementingkan diri sendiri/golongan, mau menang sendiri, dan tidak memikirkan kepentingan bangsa secara keseluruhan, maka perpecahan akan mudah terjadi. Sebaliknya dalam kondisi keanekaragaman suku, budaya, dan latar belakang, selama kita semua menyadari sebagai satu bangsa, bangsa Indonesia, dengan tetap memikirkan kesatuan dan kemajuan bangsa kita, maka semestinya tidak ada masalah yang terlalu besar yang tidak dapat dihadapi dan tidak ada hal yang dapat memecah-belah bangsa kita.


Semoga dengan perkembangan zaman, kita tetap dapat menggunakannya untuk kemajuan dan kesatuan bangsa kita, bukan untuk memecah-belah atau untuk merusak kedamaian di negeri kita.
semoga makin maju


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di