alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
KLKH Minta Kampus Bersama Masyarakat Hijaukan DAS
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdaa062dc06bda01e8b4573/klkh-minta-kampus-bersama-masyarakat-hijaukan-das

KLKH Minta Kampus Bersama Masyarakat Hijaukan DAS

KLKH Minta Kampus Bersama Masyarakat Hijaukan DAS

JPP MEDAN - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan banyak Daerah Aliran Sungai (DAS) di Indonesia sudah masuk kategori tidak sehat, sebagian besar diakibatkan penggunaan lahan yang tidak sesuai kaidah di daerah hulu sungai.

Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung KLHK Ida Bagus Parthama di Medan, Sumatra Utara, Rabu (31/10/2018) mengatakan, DAS yang tidak sehat itu dapat dilihat ketika musim hujan akan banjir sementara saat musim kemarau sungai kekurangan air.

"Semestinya DAS yang sehat itu adalah ketika kemarau air sungai tetap ada dan ketika musim hujan air tidak banjir. Tidak sehatnya DAS penyebab utamanya di hulu sungai penggunaan lahannya tidak sesuai kaedah. Kondisi ini harus menjadi perhatian kita semua," katanya.

Kondisi itu disampaikannya usai melakukan penanaman pohon sebagai salah satu bentuk kerja sama terkait pembangunan model hutan serba guna kerja sama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung KLHK.

Ia mengatakan persoalan pengelolaan hutan di daerah hulu sungai dapat dikatakan komplek karena sangat berkaitan dengan aspek sosial, di mana masyarakat juga memang memerlukan lahan untuk bertani demi mencukupi kebutuhan hidupnya, meski terkadang pengelolaannya tanpa memperhatikan kelestarian alam.

Untuk mengatasi itu, kata dia, masyarakat sebenarnya dapat diarahkan menanam komoditas yang tidak menyebabkan erosi.

"Kita hanya bisa mengarahkan mereka mengganti komoditas yang ditanam. Kalau selama ini komoditas yang ditanam menyebabkan erosi, diganti dengan jenis lain yang lebih merawat tanah," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan ajakan kepada semua pihak, terutama mahasiswa, agar tetap konsisten bersama-sama pemerintah dalam berbagai upaya pelestarian lingkungan, terutama ekosistem alam karena memang sangat berkaitan dengan kehidupan manusia.

"Di Indonesia ada 14 juta hektare lahan kritis. Itu menjadi tugas kita semua bagaimana agar lahan tersebut bisa dikembalikan seperti semula dan tentunya peran mahasiswa sangat dibutuhkan," katanya.(ant/lhk)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/lingkung...t-hijaukan-das

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- KLKH Minta Kampus Bersama Masyarakat Hijaukan DAS Kementerian PANRB Lakukan Studi Kelayakan Dua Polda Naik Tipe A

- KLKH Minta Kampus Bersama Masyarakat Hijaukan DAS Kementerian PANRB Susun Grand Design Smart ASN 2020-2024

- KLKH Minta Kampus Bersama Masyarakat Hijaukan DAS Kementerian PUPR Lelang Dini 3.610 Paket Mulai November 2018



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di