alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
KLHK Siapkan Pedoman Penambangan Sumur Minyak Tua Rakyat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdaa0551a997538268b4570/klhk-siapkan-pedoman-penambangan-sumur-minyak-tua-rakyat

KLHK Siapkan Pedoman Penambangan Sumur Minyak Tua Rakyat

KLHK Siapkan Pedoman Penambangan Sumur Minyak Tua Rakyat

JPP BOJONEGORO - Praktek penambangan minyak di sumur minyak tua yang dikelola oleh masyarakat dengan cara konvensional diketahui kurang ramah lingkungan. Tumpahan dan ceceran minyak pada saat drilling, penampungan, pengangkutan dan pengolahan yang jamak terjadi rentan sebabkan kontaminasi lahan. Selain itu, masyarakat juga belum memperhatikan Standard Operasinal Prosedur dalam hal Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Oleh karenanya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menyusun Pedoman Pengelolaan Lingkungan dan Limbah B3 di Sumur Minyak Tua yang Dikelola Masyarakat, dengan tujuan agar penambangan di sumur minyak tua yang dikelola masyarakat dapat ramah lingkungan dan aman.

“Pedoman ini, diharapkan dapat mendorong masyarakat yang terlibat dalam eksploitasi sumur minyak tua agar melakukan pengelolaan terhadap Limbah B3 yang dihasilkan serta untuk meminimalisir lahan terkontaminasi minyak yang timbul akibat kegiatan penambangan. Dengan demikian, masyarakat mendapatkan nilai ekonomi, namun juga tetap menjaga lingkungan hidup nya dengan baik," ujar Sinta Saptarina Soemiarno, Direktur Penilaian Kinerja PLB3 dan Limbah Non B3 dalam pembukaan Workshop Pengelolaan Limbah B3 Pasca Operasi dan Produksi Minyak Bumi oleh Masyarakat di Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (30/10/2018).

Workshop ini menghasilkan beberapa simpulan yaitu komitmen masyarakat yang tergabung dalam BUMD dan KUD untuk menghindari dan mengurangi tumpahan dan ceceran minyak serta komitmen pengelolaan limbah B3 yang baik dari aktifitas penambangan sumur minyak tua dengan bantuan teknis dari PT. Pertamina sebagai pemilik WKP dan pihak KLHK.

Selain itu masyarakat juga setuju jika KLHK terus melakukan sosialisasi pengelolaan lingkungan dan limbah B3 dari aktifitas penambangan sumur minyak tua untuk mendorong kesepahaman semua pihak terkait teknik penambangan ramah lingkungan.

Sinta juga menyatakan bahwa, "Penilaian kinerja Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) antara BUMD dan KUD dengan melibatkan PT. Pertamina dan Pemerintah daerah serta penjajakan pilot project pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) mini dari kegiatan penambangan disepakati untuk didorong agar diatur, sehingga akan menjamin keselamatan kerja masyarakat penambang dan kelestarian lingkungan sekitar wilayah penambangan."

Narasumber dalam workshop ini adalah Edy Purwanto-Kasubdit Pertambangan Energi Dan Migas-KLHK, Ahmad Lutfi-Kementerian ESDM, Yapit Saputera-SKK Migas dan Afwan Daroni-Pertamina EP Asset 4 Cepu Field Manager.

Sebagai peserta workshop hadir perwakilan-perwakilan masyarakat penambang, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov. Jawa Timur, DLH Prov. Jawa Tengah, DLH Kab. Blora, DLH Kab. Bojonegoro, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Koperasi Unit Desa dan PT. Pertamina beserta jajarannya.(lhk)


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/lingkung...yak-tua-rakyat

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- KLHK Siapkan Pedoman Penambangan Sumur Minyak Tua Rakyat Kemenag dan BNPT Sinergi Program Moderasi Beragama

- KLHK Siapkan Pedoman Penambangan Sumur Minyak Tua Rakyat Indonesia Perlu Mewaspadai Tren Gangguan Penglihatan

- KLHK Siapkan Pedoman Penambangan Sumur Minyak Tua Rakyat Menteri LHK dan Menteri Lingkungan Republik Kongo Tekankan Pentingnya Media



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di