alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
⚠ Nasehat / Pedoman Tentang Finansial Untuk Kalangan Orang Muda ⚠
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda95b332e2e60a058b456b/nasehat---pedoman-tentang-finansial-untuk-kalangan-orang-muda

⚠ Nasehat / Pedoman Tentang Finansial Untuk Kalangan Orang Muda ⚠

I am getting older. This November  I am turning 31emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Hai


Oh My! Katanya kalau orang tambah tua, harus jadi tambah bijaksana. Tapi nanti kalau saya sok bijak, ada yang bilang, sotoy banget sih nih orang. Terus saya mikir lagi, kalau saya tambah tua, dan tambah pengalaman, bukankah membagi sesuatu yang berarti dan berguna bagi sesama saya itu penting? Jadi dengan segala resikonya, saya ingin sekali berbagi hal yang menurut saya begitu penting untuk dibicarakan terutama untuk pasangan muda yang akan membina rumah tangga, ataupun sudah membina rumah tangga.

⚠ Nasehat / Pedoman Tentang Finansial Untuk Kalangan Orang Muda ⚠



Sebelum saya memulai membahasnya, saya sudah memikirkan reaksi-reaksi orang kira-kira akan seperti apa. Saya yakin bakalan ada yang bilang: “Duit ya duit gue, ngapain lu ikut campur?” atau “Gue mau seneng kok jadi lu yang repot?” atau “Elu sih enak hidupnya, makanya bisa sok-sok ngasih nasehat.”, dan saya yakin bakalan banyak yang menganggap saya nyinyir. Believe it or not, I am also struggling. Saya masih berjuang untuk lebih memilih prioritas dalam hidup, saya masih berjuang untuk bayar tagihan bulanan, mikirin soal sekolah anak, dan berbagai pengeluaran lainnya yang memang wajib dan tidak wajib. Dan ketika saya membaca sebuah artikel tentang Warren Buffet, one of the richest men on earth, I was dumbfounded

Artikelnya itu kita banget dan cukup nohok! Kita sangat butuh nasehat tersebut karena hidup kita itu bukan cuma soal diri kita saat ini, tapi kita masih punya masa depan. Kalau mau baca lengkapnya bisa dilihat di sini.



Apa yang akan saya tulis di bawah ini, merupakan pengalaman saya dan orang-orang sekitar saya yang akan saya kaitkan langsung dengan nasehat dari Warren Buffet. Perlu saya tekankan, that I am not a financial expert. Main saham aja saya gak becus, dan bener-bener nggak jago dalam bidang investasi. Yang saya tulis semata-mata hanya merupakan fenomena yang terjadi di masa kini di kalangan orang muda kita yang seringkali pakai prinsip YOLO (You Only Live Once), tau-tau nyungsep. With all the risk dan kemungkinan komentar atau opini negatif yang akan muncul, I can say that I am ready to write this down. Saya nulis ini terutama buat diri saya, sebagai self-reminder .


Mungkin sudah banyak orang yang membaca soal Warren Buffet dan frugal living ala dia (frugal = hemat, bukan pelit). Bayangkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia, dia masih tinggal di rumah kecil yang sama yang dia beli lebih dari 50 tahun yang lalu. Hobinya masih sama, nonton tivi, dan dia tidak suka hal berbau luxury. Dia bukan tipe yang suka beli mobil mewah, ataupun travel ala sosialit. Is he happy? Yes he is! He found the true meaning of happiness through his modest way of living. Sementara, sebagian besar dari kita, jauh lebih miskin daripada Buffet, tapi hidupnya suka foya-foya, terus ngeluh ngga bisa nabung. Terus apa saja sih nasehat pentingnya Buffet yang applicable buat kita-kita ini terutama pasangan muda? Psstt.. kalau anda duitnya segunung dan nggak berseri, mungkin dilewatin aja, ini berlaku buat orang-orang yang masih struggling, termasuk saya.


1. jauhkan diri dari hutang ( terutama hutang kartu kredit )
2. jangan pedulikan apa yang orang lain miliki .
3. jangan lupa untuk Memberi



NB : Mantan boss saya pernah bilang, “Kalau kamu naik pangkat di kantor, jangan gaya hidupmu juga naik pangkat. Dulu makan siang di warteg, jangan ganti jadi makan di restoran. Tetep makan di warteg, jangan kemakan gengsi. Tabung, dan pastikan masa depan keluargamu lebih baik.”

Jadi, tiap kali saya mau impulse untuk beli sesuatu yang ngga penting-penting banget, tiap kali juga saya selalu ingat, ada kata itu. MASA DEPAN. “Tapi YOLO, Le…. hidup harus dinikmati!” Lah, dikira saya gak lagi menikmati ?


emoticon-2 Jempolemoticon-Wakakaemoticon-Wagelaseh















Sumur : https://bit.ly/2CVTx4t
Kalo utangan onLen yg lg musim boleh ? emoticon-Malu


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di