alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bda89e5d44f9f34458b4567/bahasa-indonesia-vs-bahasa-asing

Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing

Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing


Di tengah derasnya arus globalisasi, dengan tuntutan penggunaan bahasa asing yang beragam, penggunaan Bahasa Indonesia jadi seolah terpinggirkan. Salah satu contohnya: sering ane baca karya penulis-penulis novel Indonesia yang cenderung memakai Bahasa Inggris di sela-sela tulisannya. Kalau hanya satu atau dua kalimat untuk memperjelas maksud, atau kalau lokasi novelnya memang di luar negeri, mungkin hal itu bisa dimaklumi. Masalahnya yang sering ane temukan, novelnya berlokasi di Indonesia tapi penggunaan bahasa Inggris yang sangat banyak di tengah-tengah bahasa Indonesia jadi terasa sangat mengganggu.
                                                      
 
Apa tujuan penggunaan bahasa asing sebenarnya? Apa tujuan bahasa sebenarnya? Tentu tujuan utamanya adalah berkomunikasi dan menyampaikan maksud. Lalu kalau dengan bahasa Indonesia saja sudah dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat menyampaikan maksud tanpa kesulitan, mengapa harus menggunakan bahasa asing? 

Spoiler for fungsi bahasa:



Ane tidak anti dengan penggunaan bahasa asing, tapi berbicara, berkomunikasi (baik lisan maupun tulisan), menyampaikan maksud kepada orang-orang di Indonesia yang merupakan bangsa Indonesia dengan bahasa asing yang dicampur bahasa Indonesia, menurut ane ada sesuatu yang salah di situ. Tentu akan sangat berbeda kalau penggunaan bahasa asing ini ditujukan untuk berkomunikasi dengan orang asing pula, karena mereka tidak paham dengan bahasa Indonesia.
 
 
Dengan menggunakan bahasa asing apakah akan membuat lebih keren dan terkesan penuturnya lebih pintar? Menurut ane sih tidak sama sekali. Bahasa hanyalah alat komunikasi, bahasa Indonesia ataupun bahasa asing tidak menunjukkan intelektualitas penggunanya. Malah penggunaan bahasa asing dengan keliru dan dipaksakan supaya terkesan modern, sesuai zaman, atau bahkan supaya terkesan hebat/pintar menunjukkan kebodohan dan kesempitan pola pikir yang bersangkutan.
                                                                   
 
Memang bagi bangsa kita yang sudah lama tinggal di luar negeri dan lebih fasih menggunakan bahasa asing, jelas akan beda alasan mereka lebih suka dengan penggunaan bahasa asing tersebut dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Alasan kebiasaan dengan bahasa asing dan faktor sudah lama tidak menggunakan bahasa Indonesia sehari-harinya dapat dimengerti sebagai faktor yang mendorong mereka lebih suka menggunakan bahasa asing. Menjadi masalah ketika orang Indonesia yang tinggal di Indonesia, tidak pernah tinggal di luar negeri dalam jangka waktu lama, sok-sok menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia hanya untuk dianggap keren.
                                                     
 
Pada saat para bapak bangsa kita merumuskan Sumpah Pemuda, dengan pernyataan ketiganya adalah: "Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.", di dalamnya tentu terkandung tujuan untuk menanamkan rasa cinta dan bangga pada bahasa persatuan negara dan bangsa kita, yaitu bahasa Indonesia.

Spoiler for bahasa persatuan:


Apakah dengan pengaruh perkembangan teknologi, akan menggerus kecintaan terhadap bahasa Indonesia? Semoga tidak.

Sumber tulisan & sumber gambar: karya & pemikiran pribadi.
Diubah oleh archaengela
Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing

Guten Morgen. Achtung vor der Tür


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di